Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MANFAAT TERTAWA BAGI TUBUH KITA

Tertawa Obat Terbaik untuk Tubuh
MANFAAT TERTAWA BAGI TUBUH KITA
Tertawa bagus untuk kesehatan. Saat tertawa bisa mengubah mekanisme biologis di tubuh Anda untuk sementara waktu dan bisa menjadi 'obat' terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan Anda. Hormon Anda bisa terpengaruh, bahkan otot-otot di wajah Anda.

Seperti dikutip Womenshealthsa, ada sejumlah organ yang terpengaruh dengan tertawa:

1. Otak

Saat Anda mendengar lelucon, otak akan menyala ke pusatnya untuk berpikir lebih tinggi, otot berfungsi, dan mempengaruhi emosi. Otot di sekitar mata dan pipi secara spontan tertular.

2. Paru-paru

Diafragma Anda dan pengencangan otot dada memaksa udara keluar dari paru-paru Anda. Udara yang bergegas melalui tenggorokan Anda, meniup ke atas laring. Pita suara bergetar dan keluarlah suara yang tak terkekang seperti ha-ha atau ho-ho.

3. Mata

Jika Anda menganggap lelucon benar-benar lucu, mata Anda mulai berair.

4. Jantung

Pintu keluar tiba-tiba udara dari paru-paru membuat panggilan mendesak untuk oksigen. Denyut jantung dan tekanan darah meningkat untuk membantu mengangkut lebih banyak 02 ke organ Anda.

5. Otot

Otot wajah dan mata tegang, sisa otot lainnya menjadi lemah dan kurang terkoordinasi. Karena itu mustahil berjalan lurus sambil tertawa keras. Tertawa, secara langsung membantu mengusir udara. Anda bisa membakar lebih banyak kalori.

6. Hormon

Tertawa bisa melepaskan endorfin, yang merupakan apium alami yang sering dipicu latihan. Banyak tertawa juga bisa menurunkan produksi hormon stres kortisol dan menuju rasa bahagia. Terlalu banyak kortisol dikaitkan dengan kelelahan dan depresi.

7. Emosi

Tertawa memang benar bisa menular. Beberapa ilmuwan berspekulasi kalau itu berevolusi membentuk ikatan. Jika benar, berbagi tawa dengan seseorang bisa membantu Anda berdua terhubung secara emosional.(Mel/Igw)
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails