Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tips Ampuh Agar Migran Tak Kambuh

Nyeri kepala sebelah atau migrain akan sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Ketika Anda merasakan sedikit gejala migrain, segera lalukan tindakan-tindakan pencegahan untuk mengurangi tingkat keparahannya.

mypotik-Tips Ampuh Agar Migran Tak Kambuh

Dengan mengidentifikasi dan menghindari pemicu migrain, Anda dapat meminimalkan kemungkinan untuk menderita migrain.

Berikut 9 hal yang perlu Anda perhatikan untuk meminimalkan kemungkinan menderita migrain, seperti dilansir Healthline, 

1. Hindari suara bising dan sinar lampu yang terlalu terang

Suara keras, lampu berkedip dan cahaya yang terlalu terang adalah pemicu umum migrain. Mungkin sulit untuk menghindari hal tersebut jika Anda mengemudi di malam hari, nonton film di bioskop, berada di klub dan tempat-tempat ramai dan terkena silau matahari.

Cegah migrin dengan mematikan layar TV atau komputer lebih awal untuk mengistirahatkan mata Anda. Atur tingkat kecerahan layar agar tidak terlalu mencolok mata dan menyebabkan migrain. Hindari gangguan visual dan audio sebanyak mungkin untuk mencegah datangnya migrain.

2. Pilih-pilih makanan

Beberapa makanan seperti cokelat, alkohol, daging olahan, pemanis dan keju dapat menyababkan sakit kepala. Cermatlah dalam memilih makanan, cari tahu dan hindari makanan yang mengandung zat aditif dan dapat memicu migrain.

Makanan dan minuman yang mengandung kafein atau alkohol adalah pemicu migrain, sehingga kurangi jumlah konsumsinya setiap hari.

3. Menulis diary untuk melacak penyebab migrain

Dengan menuliskan semua hal termasuk makanan, minuman, jadwal olahraga, cuaca, emosi, dosis obat dan efeknya, waktu dan tingkat keparahan sakit kepala, Anda dapat melacak penyebab sakit kepala dengan mudah.

Sehingga hal ini dapat membantu Anda untuk melihat pola penyebab migrain dan mempermudah untuk menghindari penyebabnya.

4. Pada wanita, waspadalah terhadap perubahan hormonal

Hormon memainkan peranan besar terhadap migrain. Banyak wanita cenderung mengalami migrain selama siklus menstruasi. Selama ini, wanita harus berhati-hati dengan pola makan dan kebiasaan olahraganya untuk mengurangi gejala migrain ketika menstruasi.

Kontrasepsi oral seperti pil KB juga dapat meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Beberapa wanita beralih dari pil KB karena efek sakit kepala yang dirasakannya.

5. Ambil suplemen

Meskipun migrain bisa sembuh dengan atau tanpa pengobatan, tetapi sangat penting untuk memperoleh nutrisi yang tepat. Ambillah suplemen herbal dan mineral tertentu yang dapat membantu mencegah migrain.

Kekurangan magnesium telah terbukti berkontribusi menyebabkan migrain, sehingga ambillah suplemen harian yang dapat membantu mencegah datangnya migrain. Konsultasikan penggunaan suplemen herbal dan obat non-resep lainnya untuk mencegah datangnya gejala migrain.

6. Perhatikan perubahan cuaca

Perubahan cuaca dapat mempengaruhi pola migrain. Kelembaban, hujan dan suhu panas dapat merangsang sakit kepala, sehingga sangat penting untuk mengetahui perkiraan cuaca yang dapat berubah sepanjang hari.

Hindari beraktivitas di luar rumah jika cuaca sedang tidak nyaman agar tidak mendatangkan nyeri migrain.

7. Tidur dan makan secara teratur

Melewatkan jam makan dapat memicu migrain, sehingga pastikan untuk makan secara teratur dan tepat waktu setiap harinya. Kelaparan dan dehidrasi adalah penyebab migrain yang umum, jadi pastikan untuk minum cukup air dan tidak pernah melewatkan waktu makan.

Selain itu, kurang tidur juga bisa memperburuk gejala migrain, jadi pastikan untuk tidur selama 8 jam setiap malam. Tetapi tidur yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan sakit kepala, jadi jangan mengganti jam tidur yang hilang dengan tertidur terlalu lama.

8. Hindari stres

Mungkin akan sulit jika harus mengontrol diri dari situasi stres, tetapi dengan segera mengatasi stres akan membuat Anda terhindar dari migrain.

Stres yang terlalu parah dapat memicu migrain. Teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres, menenangkan tubuh dan pikiran serta secara tidak langsung dapat mencegah kemungkinan seseorang untuk menderita migrain.

9. Rutin berolahraga

Olahraga secara teratur merupakan bagian yang sangat penting dalam gaya hidup sehat. Akan tetapi latihan intens yang berat seperti angkat besi dapat memicu sakit kepala, sehingga sesorang perlu memperhatikan respons tubuh terhadap jenis olahraga tertentu.

Mengambil obat anti-inflamasi sebelum olahraga dapat mencegah kemungkinan migrain jika Anda memang harus berolahraga sedikit berat. Pilihlah jenis olahraga yang dapat mengurangi stres tanpa terlalu banyak memberikan tekanan pada tubuh, seperti yoga dan aerobik ringan.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails