Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

JENIS-JENIS PENYAKIT ASMA

JENIS-JENIS PENYAKIT ASMA
Asma adalah penyakit peradangan saluran napas karena sensitif terhadap berbagai rangsangan yang menimbulkan penyempitan saluran napas. Gangguan ini bisa membaik secara spontan ataupun dengan pengobatan. Penyakit ini sebenarnya terdiri dari berbagai macam jenis.

Penyakit pernapasan ini terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan berat ringannya. Menurut Prof dr Faisal Yunus, SpP(K), MD, PhD, seorang spesialis paru RS MH Thamrin terdapat 4 jenis klasifikasi asma.

Hal ini ia ungkapkan pada perbincangan bersama detikHealth yang ditulis pada Rabu (1/4/2013). Nah, berikut ini adalah pembagian penyakit asma serta gejala-gejala yang ditimbulkan sesuaidengan berat ringannya:

1. Intermitten: Gejalanya biasanya 1 bulan sekali, termasuk jarang-jarang, serangan singkat di malam hari, dan paru-paru masih dalam keadaan normal.

2. Persisten ringan: Gejalanya 1 kali seminggu, bisa sampai terbangun tiba-tiba 2 kali sebulan tetapi paru-paru masih normal.

3. Persisten sedang: Gejalanya setiap hari, serangan mulai mengganggu tidur dan aktivitas, kondisi paru-paru mulai tidak normal, arus puncak ekspirasi (APE) dan volume ekspirasi paksa (VEP) terbaik hanya 60-80 persen.

4. Persisten berat: Gejala terus menerus sekitar 3 atau 4 kali, sering kambuh setiap malam, aktivitas terganggu bahkan bisa sampai tidak bisa keluar rumah, APE dan VEP kurang dari 80 persen.

Prof Faisal menambahkan bahwa untuk asma pada tingkat intermitten dan persisten ringan masih dapat disembuhkan. "Penanganannya tentu dengan obat-obatan. Untuk yang intermetten dan persisten ringan masih bisa sembuh dan normal kembali paru-parunya," ujarnya.

Namun, untuk asma yang sudah memasuki persisten sedang atau pun berat kondisi paru-paru tidak dapat sembuh atau kembali normal. Keadaannya hanya bisa menurun menjadi ringan menurutnya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS-JENIS PENYAKIT ASMA"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner