Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KHASIAT DAUN SENDOK UNTUK OBAT ALTERNATIF

KHASIAT DAUN SENDOK UNTUK OBAT ALTERNATIF

Daun sendok (Plantago Mayor L) adalah termasuk jenis tumbuhan dari keluarga Planfaginaccae dan merupakan gulma diperkebunan teh ataupun keret, biasanya tumbuh dengan liar dihutan, ladang, halaman rumah yang agak lembab. Tanaman daun sendok ini menurut sumber berasal dari dataran Asia dan Eropa dan dapat ditemukan didataran rendah sampai ketinggian 3.300 m dari permukaan laut.

Daun sendok merupakan tanaman herbal yang tersebar luas diseluruh dunia, dan terkenal sebagai tanaman obat dan khasiatnya sudah terkenal sejak zaman dahulu dan tak tanggung-tanggung daun sendok adalah termasuk salah satu dari 9 tumbuhan obat yang dianggap sakral di Anglo Saxon.

Tumbuhan daun sendok memiliki daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar, memiliki daun bundar telur sampai lanset melebar, bagian tepi daun rata dan bergerigi kasar tidak teratur, permukaan daun licin dan sedikit berbulu dan warnanya hijau.

Khasiat daun sendok dibidak kesehatan bukan hanya bagian daunnya saja melainkan biji, akar dan herbanya dapat kita manfaatkan untuk kesehatan, ini tentu berasalah karena kandungan gizi dan zat kimia yang terdapat didalam daun sendok sangat banyak sekali.

Berikut ini adalah beberapa khasiat daun sendok untuk kesehatan dan cara mengolahnya menjadi obat tradisional, yaitu :

  • Mimisan-Ambil daun sendok segar 15 gram, cuci sampai bersih lalu dipipis, seduh dengan secangkir air panas, setelah dingin peras saring ambil airnya. minum airnya sekaligus
  • Kencing berdarah-Ambil daun sendok segar secukupnya, cuci sampai bersih kemudian tumbuk sampai lumat. Kemudian peras saring ambil airnya sampai terkumpul satu gelas. Minum sekaligus air perasan tersebut sekaligus sebelum makan.
  • Disentri basiler dan diare-Ambil daun sendok 30 gram cuci sampai bersih, kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi satu gelas. Biarkan sampai dingin, setelah dingin saring ambil airnya, minum airnya sehari dua kali masing masing sekali minum ½ gelas.
  • Batuk sesak dan batuk berdarah-Siapkan herbal daun sendok 60 gram, cuci sampai bersih. Tambahkan air bersih sampai terendam dan 30 gram gula batu. Rebus sampai mendidih selama kurang lebih 15 menit. Minum selagi hangat.

Demikianlah pembahasan khasiat daun sirih kali ini tentang beberapa khasiat daun sendok untuk kesehatan, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan tanaman yang bermanfaat untuk obat tradisional, selamat mencoba dan semoga sakit yang sedang anda derita akan cepat sembuh.

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails