Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tips dan Cara Agar Asma Tak Kumat

Tips dan Cara Agar Asma Tak Kumat
mypotik

Asma memang penyakit yang gampang kambuh. Sedikit saja kontak dengan pemicu, gejala asma seperti sesak napas langsung terjadi. Bila tak ingin sering kambuh, sebaiknya jauh-jauh dari pemicunya.

Penyakit asma memiliki banyak faktor penyebab, yang paling sering karena faktor atopi atau alergi. Asma terjadi atau kambuh pada seseorang karena adanya pemicu, atau berupa alergen.

"Alergen ini ada bermacam-macam, tidak bisa dibuat secara generalisasi pada semua penderita asma. Antara penderita asma yang satu dengan yang lain belum tentu sama apa pemicunya," jelas DR Dr Aru Sudoyo, SppD, K-HOM, FINASIM, FACP, praktisi kesehatan, saat dihubungi detikHealth, 

Menurut Dr Aru, ada banyak hal yang bisa memicu asma, misalnya debu dan asap rokok. Selain itu, bisa juga berupa jenis makanan tertentu. Namun tidak bisa disamakan bahwa satu pemicu tertentu bisa menimbulkan asma pada semua penderitanya.

Jika ada 2 penderita asma, yang satu pemicunya debu, belum tentu penderita asma yang lain bisa kambuh asmanya dengan debu.

"Yang penting untuk diingat, asma sudah didapat sejak kecil. Ini karena asma merupakan penyakit keturunan, bukan penyakit yang bisa menular," tambah Dr Aru.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dr Feni Fitrania, Sp.P, spesialis paru dari RSUP Persahabatan. Menurutnya, pemicu alergi tidak sama antara penderita asma yang satu dengan yang lain. Namun umumnya asma bisa dipicu oleh udara dingin, debu, dan kelelahan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Cara Agar Asma Tak Kumat"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner