Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

DIABETES dan PENCEGAHANNYA PADA ANAK-ANAK


Diabetes bisa di cegah dengan memberikan gaya hidup sehat pada anak-anak sejak dini, diabetes ini juga dapat dihindari sampai si anak ini dewasa. 

Diabetes muncul salah satunya dari gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, terbiasa makan menu tinggi kalori, minuman soda, kurang gerak, dll. Oleh karena itu berikan cara gaya hidup sehat pada anak sejak dini, karena anak-anak dapat memiliki diabetes dini jika gaya hidup mereka tidak teratur.

Penyebab Dan Gejala Diabetes Pada Anak :
Penyakit diabetes yang bisa dialami anak terdiri dari dua macam, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 merupakan kondisi dimana pankreas hanya memproduksi sedikit insulin, atau malah tidak memproduksinya sama sekali. Insulin adalah hormon yang diperlukan untuk mengubah gula (glukosa) menjadi energi.

Sedangkan Diabetes tipe 2 anak mempunyai bakat untuk menderita diabetes tipe ini bila pola hidupnya tidak sehat (makan dan aktivitas tidak seimbang) sehingga terjadi kegemukan., namun baru muncul bila ada pemicunya dari lingkungan.

Penyebab diabetes tipe 1 karena sel yang memproduksi insulin dirusak sendiri oleh sistem kekebalan tubuh. Kelainan gen ini dibawa oleh orang tua. Pada diabetes tipe 2 disebabkan gaya hidup pada masyarakat sekarang juga dijumpai pada anak-anak, sehingga kasus diabetes tipe 2 pada anak pun terus meningkat. 

Padahal, penyakit ini bisa tidak timbul bila anak menjalani gaya hidup sehat, yakni menjaga keseimbangan antara konsumsi makanan dengan aktivitas.

Perlu kita ketahui gejala diabetes tipe 1 antara lain cepat sekali haus, sering buang air kecil, mengeluh kelaparan setiap saat, berat badan turun drastis, mengeluh lelah atau rewel, penglihatan buram, serta adanya infeksi jamur (anak perempuan dengan diabetes tipe 1 bisa mengalami infeksi jamur pada kelaminnya). Diabetes tipe 1 terjadi di puncak usia anak 5 – 7 tahun, source : (www.parenting.co.id).

Pada dasarnya anak-anak hanya akan terbiasa dari apa yang kita biasakan sama mereka, jadi arahkan mereka untuk terbiasa bergaya hidup sehat sejak dini. Dan simak juga beberapa Tips dan Cara mencegah Diabetes pada anak-anak berikut seperti yang di kutip dari kumpulan-resepsehat.blogspot.com berikut di bawah ini :

  • Berilah makanan yang sehat pada anak-anak, serta berikan suasan yang menyenangkan agar mereka bisa makan dengan senang.
  • Selalu Perhatikan keseimbangan antara karbohidrat, protein, dan lemak. hal ini peran seorang ibu sebagai pengatur makanan dalam keluarga sangat penting, pilihlah / buatlah menu yang berimbang.
  • Buatlah daftar makanan yang sehat, yang harus anda sediakan setiap harinya. dalam hal ini anda harus konsisten, agar gizi keluarga bisa terpenui.
  • Selain menyediakan makanan yang mengandung karbohidrat, sediakan juga makanan yang mengandung banyak serat dari biji-bijian.
  • Berikan buah secara teratur. Minimal satu jeruk atau buah lainnya porsi setiap hari.
  • Jika Anda ingin memberikan menu yang terbuat dari daging, hilangkan lapisan lemak yang terlihat sebelum dimasak.
  • Dalam memberikan susu atau produk susu, pilihlah yang rendah lemak.
  • Biasakan anak-anak untuk minum air ketika haus dan minimal 8 gelas sehari.
  • Menyediakan makanan anak-anak yang mengandung lemak sehat seperti menu yang menggunakan minyak nabati, kacang-kacangan, dan makanan yang bebas lemak trans. Mengurangi atau menghilangkan kebiasaan memberikan makanan tinggi lemak jenuh dan lemak Tran. Misalnya, mentega, krim keju, gorengan, dan daging.
  • Tidak perlu untuk melarang anak makan permen. Masukkan permen sebagai menu yang memberikan kontribusi untuk menyediakan kalori dan karbohidrat.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails