Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MANFAAT KAPULAGA BAGI KESEHATAN

Kapulaga merupakan jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masak dan juga sebagai campuran jamu dimana memiliki khasiat dan manfaat yang sangat banyak. Kapulaga ada dua macam yaitu kapulaga jawa dan juga kapulaga india. Lalu apa manfaat dari Amomum cardamomum atau kapulaga untuk kesehatan? Berikut ada beberapa 6 manfaat kapulaga untuk kesehatan yang telah penulis rangkum dari berbagai sumber.


1. Untuk Mengobati Batuk
Kapulaga mengandung minyak atsiri, terpineol, sineol, protein dan kandungan lainnya dimana dari kandungan yang ada dalam kapulaga tersebut memiliki khasiat untuk mengobati batuk.

2. Meringankan Sakit Rematik
Untuk meringankan sakit rematik, bisa menggunakan air rebusan dari semua bagian tanaman. Ambil beberapa bagian batang, daun danjuga buah dari kapulaga dan rebus kedalam air mendidih. lalu saring dan diminum setelah dingin, hangat juga boleh/ Air rebusan kapulaga tadi bisa memberikan energi ketika badan lemas dan juga untuk meringankan sakit rematik.

3. Bagus untuk Perut
Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada biji kapulaga banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional salah satunya bagus untuk sakit perut, sakit batuk, dan juga sebagai peningkat stamina setelah melahirkan.

4. Bahan untuk Parfum atau Pewangi
Seperti yang kita ketahui, dari bijinya yang mengandung minyak atsiri, kapulaga banyak dimanfaatkan dalam industri parfum dan bahan pewangi.

5. Mencegah Keropos Tulang
Kandungan yang terdapat pada Kapulaga yaitu sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik sangat bagus untuk mencegah keropos tulang khususnya bagi ibu-ibu yang menginjak masa tua.

6. Mengobati Radang Tenggorokan
Biji Kapulaga bisa kita buat ramuan dimana bagus untuk mengobatai radang tenggorokan. Untuk membuatnya silahkan ambil 10 buah kapulaga dan sedikit rimpang kunyit. Tumbuh kedua bahan tersebut dan jangan terlalu lembut. Seduh kapulagfa dan rimpang kunyit yang telah ditumbuk tadi dengan air panas. Saring dan minum 2 kali sehari yaotu pagi dan sore hari.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails