Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENGOBATAN TRADISIONAL DARI BUNGA TERATAI

PENGOBATAN TRADISIONAL DARI BUNGA TERATAI
Teratai (Nelumbium Nelumbo Druce) adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Nymhaeaceae, yaitu tanaman air menahun yang sangat indah, berasal dari daratan Asia. Teratai dibudidayakan diperairan dan dikolam, namun tak jarang juga kita akan menemukan teratai yang tumbuh liar dirawa-rawa atau kali. 

Teratai termasuk tumbuhan menjalar, daun dan bunga langsung keluar dari rimpangnya yang terikat pada lumpur yang ada didasar kolam, permukaan daunnya berlilin, berwarna hijau keputihan, bagian tepinya rata, bagian tengah agak melengkung dan tulang daun tersebar dari pusat daun kearah tepi. Sedangkan bunganya harum, menjulang kepermukaan air dengan tulang tangkai bulat dan kokoh, panjangnya tangkai bunga 75-200 cm, dan bunga teratai mekar setiap hari penuh, pagi sampai sore hari, setelah bunga layu mahkota bunga akan berguguran, sampai akhirnya tersisa dasar bunga yang akan menjadi bakal buah.


Teratai bukan saja cantik untuk dijadikan tanaman hias, namun bunga teratai juga berkhasiat untuk kesehatan, banyak khasiat bunga teratai yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit yang sedang kita derita, bagian-bagian teratai bukan hanya bunga atau daunnya saja melainkan rimpang dan akarnya juga dapat kita manfaatkan untuk kesehatan.
Berikut ini adalah beberapa khasiat bunga teratai untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan cara mengolahnya.


Batuk berdarah
Ambil rimpang teratai secukupnya, cuci sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya kemudian kita buat jus, hingga terkumpul 1 gelas 200 cc, minum sekaligus.

Darah tinggi
Ambil 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas biji teratai (lien sim), lalu kedua bahan tersebut rebus dengan 350 cc air hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi 200 cc. Minum setiap hari seperti minum teh

Obat disentri
Ambil 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe, cuci sampai bersih, buat jus dengan cara diblender kemudian tambahkan air 100 cc, selanjutnya direbus sampai mendidih, setelah dingin tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata lalu minum.

Obat mimisan
Ruas akar teratai dicuci sampai bersih selanjutnya kita blender, ambil airnya. teteskan air ramuan tersebut kehidung.

Obat diare
Ambil 50 gram rimpang teratai dan 15 gram jahe, buat jus kedua bahan tersebut, kemudian minum tiga kali sehari
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails