Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tips Membersihkan Gigi Bayi

mypotik-Tips Membersihkan Gigi Bayi

Gigi merupakan tempat tinggal sisa-sisa makanan, yang dapat menimbulkan kuman jika tidak segera dibersihkan. Oleh karenanya, jika bayi Anda sudah mulai tumbuh gigi, Anda harus rajin membersihkan daerah dalam mulutnya. Berikut tip membersihkan gigi Si Bayi.

  • Selain menggunakan sikat khusus bayi, Anda juga bisa menggunakan kain atau kasa lembut untuk membersihkan giginya. Basuh kain atau kasa dengan air bersih, kamudian bersihkan gigi dari bagian depan, lalu ke belakang atau sebelah dalam. Bersihkan secara perlahan dan jangan menggosoknya terlalu keras.
  • Jika menggunakan sikat khusus, pilihlah sikat yang bentuk dan fungsinya paling tepat untuk Si Bayi. Caranya sama dengan saat Anda menggunakan kain atau kasa lembut. Ingat! Jangan menyikat atau menekan gigi terlalu keras.
  • Penggunaan pasta gigi tidak diharuskan. Menurut Dr. Caroline Mulawi, Sp.A, usia anak yang pantas untuk menyikat gigi dengan pasta gigi adalah 2 tahun. Kalau digunakan sebelum itu, bayi Anda pasti akan merasa asing dengan rasanya.
  • Beri air putih setiap bayi Anda selesai minum susu untuk membilas sisa-sisa atau makanan lain yang mungkin masih tertinggal di dalam mulutnya.
  • Bersihkan gigi Si Bayi setiap sebelum tidur. Sisa susu atau makanan yang masih menempel pada gigi dan tersimpan saat tidur akan menumpuk dan merusak, serta dapat menyebabkan karang atau gigi berlubang.
  • Jangan biasakan bayi Anda tidur dengan botol susu masih di dalam mulut. Sisa susu yang keluar dan tertinggal dalam mulut dapat merusak gigi. Pada bayi yang belum tumbuh gigi, kebiasaan ini akan menyebabkan kerusakan yang akan muncul saat gigi pertamanya tumbuh.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails