Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Pengobatan Alergi Tradisional Alami


Alergi sejatinya bukan merupakan sebuah penyakit, melainkan reaksi tidak menyenangkan terhadap benda asing atau rangsangan. Gejala alergi sifatnya khas untuk bahan tertentu berbeda dari reaksi normal dan khas untuk individu yang bersangkutan.

Reaksi alergi tidak sebatas pada benda-benda tertentu, namun juga pada beberapa jenis makanan. Benda-benda yang sering menjadi penyebab alergi diantaranya bulu, perhiasan imitasi, selimut dan peralatan tidur yang jarang dibersihkan, dll.

Beberapa jenis makanan untuk bisa memicu alergi, diantaranya udang, telur, susu dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang alergi terhadap jenis makanan tertentu harus berhati-hati saat menyantap makanan terutama yang dibeli dari luar karena bisa saja mengandung bahan makanan tersebut.

Obat Alergi Tradisional


Nah, sekarang kita akan membahas tentang cara bagaimana mengobati alergi secara tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Daun Kelor

Selain memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, daun kelor juga bisa digunakan untuk mengobati alergi. Caranya, sediakan 30 gram daun kelor, 1 siung bawang merah, 5gram ada, 5gram pulosari, dan 3 gelas air. Semua bahan direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum airnya dua kali sehari tiap pagi dan sore masing-masing satu gelas.

Daun Komfrey

Bahan: Daun komfrey segar sebanyak 4 lembar, garam secukupnya dan 4 gelas air bersih.
Cara pengobatan:

Cara pertama: Lemaskan daun komfrey dengan garam lalu dicuci. Makan dua kali sehari sebagai lalapan.
Cara kedua: Daun komfrey diblender dan dibuat jus, lalu diminum untuk 2 kali sehari.
Cara ketiga: Rebus daun komfrey dalam 4 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Kemudian airnya diminum tiga kali sehari masing-masing satu gelas tiap kali minum.

Cara Mengobati Kulit Gatal Karena Alergi

Salah satu reaksi alergi yang paling umum adalah munculnya Urtikaria, bentol yang berwarna merah pada kulit dan terasa gatal. Pada beberapa kasus keadaan ini menyebar dari mulai tangan leher hingga ke pipi.

Dan berikut ini ramuan tradisional untuk mengobati gatal di kulit akibat alergi.

Bahan: satu genggam daun kayu putih segar dan air sebanyak 3 gelas.
Cara pengobatan: Daun kayu putih dicuci bersih, kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Sewaktu masih hangat, airnya digunakan untuk mencuci bagian kulit yang gatal.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails