Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Gizi Dalam Buah Nanas


Buah Nanas, yang juga dikenal sebagai Piña dan Ananas merupakan salah satu jenis buah tropis yang paling terkenal dan dicintai di seluruh dunia. Buah nanas dipercaya berasal dari Brazil dan Paraguay dan diyakini telah diperkenalkan ke Eropa oleh Christopher Columbus. Biasanya musim panen raya nanas berlangsung antara bulan Maret dan Juni, namun di beberapa daerah buah nanas dapat dijumpai sepanjang tahun meskipun kualitasnya tidak seperti ketika panen raya.

Tanpa kita sadari ketika kita mengkonsumsi buah nanas, kita juga telah berperan aktiv dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Hal ini tidak terlepas dari kayanya kandungan gizi yang ada dalam buah nanas. Jika Anda belum pernah mengetahui apa saja kandungan gizi buah nanas, berikut ini penjelasannya secara lengkap!

Fakta Tentang Kandungan Nanas
  • Komposisi alami nanas terdiri dari kalori, mineral (kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, magnesium, tembaga, mangan dan selenium), gula (glukosa, dekstrosa, fruktosa), dan vitamin (A, B1, B2, B6 , B12, C, E, K), dll
  • Rata-rata dalam 1 ounce atau 28 gram nanas kering terdapat 85 kalori, atau jika masih dalam keadaan basah butuh 165 gram nanas basah untuk mendapatkan kalori sejumlah tersebut.
  • Buah nanas mengandung lemak dan sodium dalam jumlah yang kecil serta tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Jadi, buah ini sangat baik bagi Anda yang sedang merencanakan diet untuk mengurangi berat badan.
  • Nanas merupakan sumber yang sangat baik dari Vitamin C atau asam askorbat. Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa rata-rata terdapat 15 mg Vitamin C dalam per 100 gram nanas segar.
  • Hampir semua jenis vitamin B juga ditemukan dalam buah nanas. Hal ini membuat buah nanas menjadi salah satu buah paling sehat yang pernah dikenal.
  • Meskipun tidak mengandung lemak dan kolesterol, buah nanas mengandung jumlah gula yang cukup tinggi, yaitu 1,7 g (glukosa) dan 1,9 g (fruktosa) per 100 gram buah nanas segar.
  • Karena mengandung gula dalam jumlah cukup banyak, buah nanas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pasien penderita diabates.
Semua kandungan buah nanas di atas ditemukan di seluruh varietas nanas. Tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi buah nanas setiap hari karena ada beragam manfaat kesehatan yang ada di dalamnya. Apabila Anda tidak terlalu suka mengkonsumsi buah nanas segar, produk olahan nanas seperti jus nanas atau manisan nanas merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda pilih. Selamat menikmati!
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails