Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Karbohidrat Sederhana dan Karbohidrat Kompleks

Apa Itu Karbohidrat Sederhana?
Pengertian karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang terdiri dari satu atau dua molekul gula. Karbohidrat sederhana adalah sumber energi yang cepat diolah tubuh. Struktur kimia molekulnya lebih sederhana membuat karbohidrat sederhana lebih cepat dicerna tubuh. Karena lebih cepat dicerna tubuh, karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar glukosa darah seseorang dengan cepat beberapa saat setelah dikonsumsi.

Dua Kategori Karbohidrat Sederhana
Ada dua kategori karbohidrat sederhana yaitu monosakarida dan disakarida. Monosakarida adalah karbohidrat yang hanya terdiri dari satu molekul gula seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Disakarida adalah karbohidrat yang terdiri dari dua monosakarida yang berikatan secara kimia seperti sukrosa, maltosa, dan laktosa.

Makanan Sumber Karbohidrat Sederhana
Contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana antara lain gula pasir, gula merah, sirup jagung, madu, sirup maple, molasses, selai, jelly, soft drink, permen, produk gandum putih, cake, yogurt, susu, cokelat, buah, jus buah, biskuit, dsb.

Apa Itu Karbohidrat Kompleks?
Pengertian karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang struktur kimianya terdiri dari tiga molekul gula atau lebih yang biasanya saling terikat dalam suatu rantai molekul. Gula ini lebih kaya serat, vitamin, dan mineral. Karena molekulnya lebih kompleks, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh maka karbohidrat kompleks menyebabkan kenaikan glukosa darah seseorang dengan lebih lambat beberapa saat setelah dikonsumsi jika dibandingkan dengan efek mengkonsumsi karbohidrat sederhana.

Dua Kategori Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks dibagi menjadi dua kategori yaitu oligosakarida dan polisakarida. Oligosakarida terdiri dari monosakarida-monosakarida dalam jumlah kecil yang tidak lebih dari 10. Oligosakarida berperan penting dalam penyerapan mineral-mineral tertentu dan pembentukan asam-asam lemak. Polisakarida seringkali terdiri dari monosakarida dan disakarida dalam jumlah besar. Contoh poliskarida adalah selulosa, dekstrin, glikogen dan starch.

Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks
Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain pisang, beras cokelat, lentil, oats, kentang, jagung, ubi jalar, kacang polong, labu, apel, asparagus, brokoli, kol, wortel, terong, timun, strawberry, tomat, dsb
loading...

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. Thanks Infonya :)
    Informasi yang sangat bermanfaat :)

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails