Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

GEJALA DAN PENGOBATAN SAKIT TIPES

Penyakit tipes ini cukup berbahaya karena akan mengakibatkan kematian. Jika tidak diobati, sekitar 10% sampai 16 % orang yang menderita penyakit tipes ini akan mati. Hal tersebut bisa turun menjadi kurang dari 1 % jika orang yang terkena penyakit tipes tersebut melakukan pengobatan sejak dini. Mengetahuigejala penyakit tipes sejak awal dan segera melakukan penanganan merupakan cara untuk mencegah akibat buruk yang bisa ditimbulkan dari penyakit tersebut. Penyakit tipes sangat menular, penyebabnya adalah baksil yang bersarang serta melukai usus halus.


Gejala penyakit tipes ini biasanya bisa dirasakan pada minggu pertama dengan gejala umum seperti demam biasa, pusing, lesu serta hilangnya nafsu makan. Selanjutnya jika tidak segera diobati akan meningkat lebih perah, karena usus yang terserang mengakibatkan luka, semakin hari akan semakin meluas, hingga besar kemungkinan luka akan menembus dinding usus, jika penyakit tipes sudah masuk dlaam tahap ini maka besar kemungkinan akan mengakibatkan kematian.

Gejala umum penyakit tipes ini diantaranya seperti

  • Sembelit
  • Batuk
  • Sakit kepala
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit perut
  • Sakit tenggorokan

Gejala penyakit tipes yang lebih jarang meliputi 

  1. Pendarahan dari dubur
  2. Igauan
  3. Diare
  4. Bintik-bintik merah muda pada dada dan perut

Cara perawatan penyakit tipes

Penderita penyakit tipes harus benar-benar istirahat total dan tidak boleh turun dari tempat tidur apalagi melakukan aktifitas berat. Karena penyakit tipes ini cepat menular maka usahakan alat makannya disendirikan. Penderita penyakit tipes harus benar-benar dijaga karena jika panasnya mulai naik kadang-kadang sering mengigau bahkan seperti hendak berlari.


Cara pengobatan penyakit tipes

Jika gejala penyakit tipes ini bisa diketahui sejak dini maka bisa dilakukan dengan pengobatan tradisional dengan cara: siapkan Sebuah labu air kemudian parut serta peras airnya lalu saring kemudian minum dengan madu asli dengan takaran sehari tiga kali ½ gelas.

Pengobatan penyakit tipes juga bisa dilakukan dengan 30 lembra daun kaki kuda + bidara upas sebesar 1 jari ditambah 3 helai daun sirih segar. Semua bahan tersebut ditimbuk menjadi satu, kemudian kemudain rebus hingga airnya tersisa satu gelas. Saring dan biarkan hingga dingin setelah itu bisa dibubuhi sedikit gula batu setelah itu bisa diminum dengan aturan sbb: Sehari dua kali ½ gelas, selanjutnya bisa diminum dengan dibubuhi 1 sendok makan madu asli sehari dua kali 1 gelas.

Cara tersebut di atas hanya bisa dilakukan jika gejala penyakit tipes bisa diketahui sejak dini, akan tetapi jika penyakit tipes sudah mulai terlambat maka tetntunya harus mendapatkan perawatan dari dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails