Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Berat Badan Turun Drastis (Loss Body Weight)


Penurunan berat badan adalah salah satu tanda yang harus diwaspadai, untuk dicari tahu penyebabnya. Penurunan berat badan yang konsisten lebih dari 1kg/minggu dengan disertai penurunan massa otot adalah sesuatu hal yang patologis (penyakit). Banyak sekali hal yang mendasari hal ini diantaranya penyakit metabolik seperti hipertiroid, diabetes melitus (kencing manis), keganasan (lymphoma maligna), infeksi kronik (TBC), gangguan saluran cerna bawah (diare kronik), HIV/AIDS, malnutrisi (kurang gizi).

Pendekatan yang dilakukan pada kasus ini adalah analisa asupan gizi paling tidak selama 10 hari terakhir, pemeriksaan fungsi organ paru, jantung, ginjal, hati, darah rutin (hemoglobin, lekosit dan trombosit), kadar albumin dan elektrolit, fungsi tiroid. 

Pengobatan yang diambil berdasarkan proses yang mendasarinya dan lintas sektor. Sebagai contoh pada kasus malnutrisi pada seorang yang keterbelakangan mental harus kerja sama dengan lingkungannya (pengasuh).

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails