Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MANFAAT BUAH DUWET UNTUK PENDERITA DIABETES


Mungkin saja ada sebagian orang yang tidak kenal dengan nama buah yang satu ini.

Buah langka ini mempunyai nama lain di banyak daerah seperti jamblang, jambu keling, dhuwak, coppeng dan banyak lagi.

Duwet memiliki bentuk buah yang terlihat seperti anggur, dengan ciri-ciri warna ungu kehitaman.

Buah di bagian batang akan berkelompok dan sangat mengasyikkan untuk dipetik.

Karena kelangkaannya, buah duwet mungkin saja hanya ditemukan dalam jumlah yang lebih sedikit karena banyak pohon yang mulai di tebang dan tak digunakan.

Di beberapa pasar tradisional buah duwet bisa ditemukan pada bulan September hingga Oktober

Rasanya sendiri memliliki kekhasan dengan kombinasi rasa yang sangat manis dan rasa lengket yang sedikit sepat dan asam.

Buah ini memiliki kulit yang sangat mengkilap dengan warna daging buah putih agak keunguan.

Dikutip dari trendkita.com, zat pektin yang ada dalam daging buah duwet biasanya akan meninggalkan warna ungu pada lidah. Jadi, buah duwet sangat enak untuk dikonsumsi dengan bermacam kandungan nutrisi yang bisa diketahui pada daging buah.

Inilah sebagian penjelasan tentang manfaat buah langka yang satu ini:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Apabila Anda memiliki masalah pencernaan seperti sakit perut dengan gejala kembung dan sulit untuk buang angin dan sembelit jadi Anda bisa memakai buah duwet.

Jus dari buah duwet yang sudah dipisahkan dengan bijinya mempunyai kandungan serat yang cukup, kandungan senyawa gula dalam buah duwet bisa mengatasi permasalahan sakit perut.

Apabila Anda tak pernah buat jus buah duwet jadi konsumsi buah duwet segar juga ampuh untuk menyingkirkan kembung.

2. Sumber Energi Tubuh

Buah duwet sangat menyegarkan dengan rasa manis dan asam. Bahkan buah duwet selalu meninggalkan rasa asam dan sepat untuk lidah.

Karbohidrat, protein dan lemak di dalam buah duwet bisa jadi sumber energi yang baik. Selain itu, buah duwet bisa membantu pemecahan zat pati menjadi zat gula

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium, Magnesium, Fosfor dan Zat besi yang ada di dalam buah duwet dapat melindungi sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang.

Buah duwet pas untuk lanjut usia dan wanita hamil yang mempunyai kemungkinan diserang radang sendi atau osteoporosis dan kerapuhan tulang.

4. Menurunkan Kadar Gula pada Diabetes

Kandungan glukosida phytomelin, alfa phytosterol, dan astringent di dalam buah dapat mengontrol kandungan gula dalam darah serta mencegah kolesterol berlebihan dalam tubuh.

Astringent dalam buah duwet juga berfungsi untuk mempercepat penutupan luka untuk penderita diabetes.

5. Melindungi Kesehatan Jantung dan Mata

Dalam melindungi kesehatan jantung, buah duwet memiliki kandungan kalium dan sodium yang bertindak untuk mengatur otot jantung, membantu mengatur detak jantung dan menghindari bermacam jenis kemungkinan penyakit karena serangan jantung.

Selain hal itu, kandungan Vitamin A yang ada di dalam buah duwet diakui untuk melindungi kesehatan mata, memudahkan risiko rabun pada mata dan kebutaan karena katarak.

Itulah beberapa manfaat dari buah duwet yang semakin jarang kita temui saat ini. Walaupun buah duwet ini berlimpah akan manfaatnya, biasanya orang malas untuk mengonsumsi buah ini karena rasanya yang sedikit sepat dan asam
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails