Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Jambu Biji


Tahukah Anda bahwa jambu biji memiliki peran penting dalam perawatan kulit karena banyak mengandung vitamin C, antioksidan dan karoten, yang semuanya bermanfaat bagi kulit. Oleh karenanya, jambu merah sering digunakan dalam pembuatan produk kosmetik untuk wajah dan tubuh. Berikut adalah tujuh manfaat kecantikan dari jambu biji untuk kesehatan kulit Anda :

1. Meningkatkan warna kulit
Jambu biji dapat membantu dalam mempercantik kulit, sehingga Anda bisa memiliki kulit yang lembut dan bercahaya. Untuk memperbaiki kulit, Anda dapat membuat scrub jambu biji di rumah. Campurkan jus jambu biji dengan kuning telur dan oleskan secara merata di wajah.

Bilas setelah 20 menit dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini sekali atau dua kali dalam seminggu. Scrub ini dapat menghapus sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Scrub ini juga dapat menghilangkan kotoran di kulit, sehingga memberikan kulit tampak lebih segar dan kenyal.

2. Melindungi kulit dari sinar UV
Jambu biji mengandung dua kali jumlah likopen yang terkandung dalam tomat. Likopen adalah antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi lingkungan. Satu jambu menyediakan sekitar 2,9 gram likopen.

3. Anti-penuaan
Jambu biji merupakan sumber makanan yang sangat kaya akan vitamin A, B, C dan potasium yang merupakan antioksidan yang baik dan juga berperan sebagai pendetoks tubuh. Mereka dapat melawan radikal bebas, sehingga menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus.

Selain itu, likopen juga dapat melindungi sel-sel kulit yang masih sehat dari racun yang menumpuk dalam tubuh, karena masalah metabolisme dan pencemaran lingkungan. Racun tersebut juga dapat menyebabkan penuaan dini dengan merusak DNA yang bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan.

4. Toner
Karena jambu biji mengandung banyak vitamin, mineral dan nutrisi, buah ini dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, segar dan bebas dari kerutan. Jambu biji juga efektif dalam meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit, dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang. Kualitas astringent dari jambu biji dapat menjaga kulit bebas dari noda hitam, jerawat, keriput dan bekas jerawat. Mencuci wajah dengan rebusan jambu mentah dan daun jambu dapat mempercantik kulit Anda.

5. Mengobati jerawat dan bintik-bintik hitam
Jika Anda menderita jerawat dan bintik-bintik hitam di wajah, Anda dapat mengambil beberapa daun jambu biji dan menumbuknya untuk membuat pasta halus. Bersihkan wajah dan oleskan tumbukan daun itu pada jerawat dan bintik-bintik hitam di wajah. Diamkan sampai agak kering dan bilas dengan air dingin. Jika Anda rajin melakukan perawatan ini, Anda dapat menyembuhkan jerawat di wajah.

6. Melembapkan kulit
Tingkat kelembapan yang tepat sangat penting untuk kulit sehat. Air memainkan peran penting dalam menjaga kulit tetap lembap. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk minum 8-10 gelas air dalam sehari. Jambu biji adalah sumber air dengan 81 persen dari buahnya terdiri dari air.

7. Mengatasi komedo dan gatal di kulit
Anda dapat mencampur tumbukan daun jambu biji dengan sedikit air dan mengoleskannya sebagai scrub pada hidung untuk menghilangkan komedo. Daun jambu biji juga dapat menyingkirkan gatal-gatal di kulit karena mengandung senyawa yang dapat melawan alergi.
loading...

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

    BalasHapus
  2. These tips are very useful for me and for that really thanks for sharing with us.

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails