Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENGOBATAN BINTITAN PADA MATA


Bintitan dalam bahasa medisnya adalah hordeolum. Penyebab bintitan adalah disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah sehingga menimbulkan benjolan. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh kelenjar tepi kelopak mata kita diserang oleh bakteri Stafilokokus.

Gejala awal dari mata bintitan biasanya adalah terasa adanya benjolan pada kelopak mata berwarna kemerahan. Selanjutnya akan disertai pembengkakan kelopak mata. Mata akan terasa nyeri terutama saat sedang menunduk. Selain itu juga akan muncul rasa gatal pada kelopak mata.

Yang lebih parah lagi adalah munculnya mitos yang beredar di masyarakat bahwa bintitan adalah akibat kita mengintip seseorang. Tidak tahu dari mana asalnya mitos tersebut tapi cukup membuat kita terhakimi sebagai seorang pengintip akibatnya akan berdampak pada menurunnya rasa percaya diri sehingga enggan bepergian keluar.

Dengan dampaknya yang seperti ini tentu membuat bintitan dapat mengganggu aktifitas dan kerja kita. Nah untuk itu bagi sobat yang menderita mata bintitan, sobat tidak perlu khawatir sebab bisa di obati. Untuk mengobati mata bintitan, sobat bisa mencoba cara mengobati mata bintitan berikut ini. 


Cara Mengobati Mata Bintitan


Kompres Mata Anda
Untuk mengobati mata bintitan, bisa anda lakukan dengan mengompres mata anda yang sakit. Hal ini bertujuan untuk mengempeskan dan menghilangkan bengkak pada mata anda akibat bintitan.

Caranya:
1. Siapkanlah handuk bersih dan air hangat.
2. Rendamlah handuk pada air hangat kemudian peras.
3. Kompreslah mata anda yang bintitan menggunakan handuk yang telah anda peras tadi.
4. Lakukan pengompresan selama kurang lebih selama 15 menit.
5. Lakukan cara ini secara rutin, insya Allah 1-2 hari bintitan anda akan mengempes. 

Bawang Putih
Selain dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi dan mengobati bisul, bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mengobati mata bintitan.

Caranya:
1. Siapkan satu siung bawang putih.
2. Kemudian irislah bawang putih tersebut atau bisa juga dengan di tumbuk hingga halus.
3. Oleskanlah ke bagian mata anda yang mengalami bintitan.

Obat Tetes Mata
Kenapa cara ini dimasukkan, padahal termasuk obat? melihat bentuknya yang seperti air jernih membuat terlihat alami dan saya memutuskan untuk memasukkan cara ini. Untuk mengobati bintitan anda juga bisa menggunakan obat tetes mata.

Caranya:
1. Teteskanlah obat tetes mata hanya saat mata merasa gatal dan disertai nyeri pada pinggir kelopak mata.
2. Jangan terlalu banyak meneteskannya dan jangan terlalu sering karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata.
3. Lakukan treatment ini 2-3 kali sehari.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails