Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tips Mengobati Kuku Cantengan



Penyebab dan Cara Mengobati Kuku Cantengan, Cantengan atauparonychia adalah sebuah infeksi yang mempengaruhi bagian kulit sekitar kuku, baik itu bagian jari kuku pada tangan atau bagian jari kuku pada kaki. Kuku yang terkena cantengan biasanya masuk kedalam dan menusuk kedalam daging dan sering terjadi pada jempol kaki atau ibu jari kaki dan jari tangan. Gangguan kuku cantengan ini sering kali dialami oleh banyak orang baik anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Penyakit yang cukup umum ini mungkin terlihat sederhana, namun jika dibiarkan saja dapat menjadi sebuah biters, sehingga muncul penyakit kuku kronis yang tentunya cukup mengganggu aktivitas Anda. Gejala yang timbul dari cantengan cukup banyak, namun yang pasti Anda yang mengalaminya akan merasakan rasa nyeri, linu dan perih yang cukup parah. Selain itu, terkadang muncul pula pendarahan dan peradangan.

Apa penyebab cantengan kuku terjadi? Ada banyak penyebab mengapa Anda bisa mengalami kuku cantengan. Diantara yang paling umum adalah karena terjadinya cedera pada bagian sekitar kuku dan ini biasanya hasil dari pemaksaan, tertimpa sesuatu, memakai sepatu yang terlalu sempit, menendang sesuatu dengan keras, tumbuhnya jamur pada kuku, gigitan ataupun kliping. Ketika terjadi cidera, maka kulit pada sisi-sisi kuku tersebut mengalami infeksi. Nantinya infeksi tersebut dapat diperparah oleh jamur ataupun bakteri, bahkan terkadang jamur dan bakteri bekerjasama untuk menginfeksi kulit kuku Anda tersebut. Pada keadaan yang cukup parah, cantengan mengeluarkan nanah dan bagian kuku mengeluarkan aroma atau bau yang cukup menyengat.

Bagaimana Cara Mengobati Terjadinya Kuku Cantengan?

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus melakukan beberapa penanggulangan dini. Namun jika cantengan sudah mengalami peningkatan yang cukup parah, misalnya saja kemerahan, pembengkakan dan penyebaran luka luar, maka hal tersebut adalah indikasi bahwa infeksi meningkat menjadi lebih serius dan parah. Oleh sebab itu, penanggulangannya harus didasari oleh konsultasi dokter agar segera mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga cantengan bisa cepat berangsur sembuh, namun biasanya dokter akan menganjurkan untuk cabut kuku. Meskipun begitu, Ada beberapa cara yang mungkin ampuh dan bisa Anda lakukan untuk mengobati cantengan pada bagian kuku Anda tanpa dilakukan pencabutan atau operasi. Dibawah ini dijelaskan beberapa cara mengobati kuku cantengan ini !

1.) Perlindungan
Cara mengobati cantengan atau paronychia yang pertama adalah melakukan perlindungan terhadap luka tersebut. Ketika ingin menyentuh daerah yang sakit, Anda harus menggunakan sarung tangan yang dapat bekerja dengan air maupun bahan-bahan kimia. Selanjutnya Anda dapat menerapkan krim penghalang atau barrier creams untuk menjaga kelembapan daerah yang luka selagi melakukan penyembuhan kutikula.

2.) Garam dan air hangat
Anda dapat merendam jari ataupun kuku yang terkena cantengan menggunakan air panas yang dicampurkan dengan beberapa sendok garam. Lakukan cara ini selama 15 menit dan diulang selama dua hingga tiga kali setiap hari. Dengan cara ini, nantinya air garam hangat tersebut akan membuat rasa sakit mereda, sekaligus mengecilkan pembengkakan yang mungkin terjadi. Selain itu, air garam juga dipercaya dapat menghilangkan lecet serta nanah akibat cantengan.

3.) Minyak zaitun dan minyak pohon teh
Minyak zaitun sudah diteliti sejak lama mengandung banyak sekali manfaat bagi manusia. Salah satunya adalah sifat anti-bakteri, dimana minyak esensial ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada cantengan, sekaligus mencegah penyebarannya. Sedangkan minyak pohon teh berfungsi sebagai anti jamur, anti-septik sekaligus anti-bakteri yang secara efektif mampu mencegah serta menanggulangi infeksi akibat organisme mikro.

Penerapan minyak-minyak ini mudah saja, Anda hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan minyak pohon teh pada jumlah yang sama. Setelah itu aduk hingga benar-benar tercampur. Lanjutkan dengan merendamkan kuku jari yang terkena cantengan pada wadah berisi ramuan tersebut. Lakukan cara ini sembari dipijat semampunya selama 15 menit.

4.) Cuka sari apel
Cara mengatasi cantengan selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan cuka sari apel sebagai penghambat infeksi. Anda hanya perlu mencampurkan air panas dengan cuka sari apel pada takaran yang sama. Setelah itu gunakan air tersebut untuk merendam kuku yang terkena infeksi selama 30 menit, hingga larutan cuka apel benar-benar terserap.

5.) Lemon
Kuku cantengan juga bisa diobat dengan lemon. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengikat lemon yang telah diiris tipis pada bagiaan kuku yang cantengan dengan menggunakan perban dan diamkan. Lemon memikiki sifat asam yang mampu membantu dalam menyembuhkan infeksi yang terjadi.

6.) Hidrogen peroksida
Selain menggunakan beberapa bahan dapur, Anda juga dapat menggunakan zat hidrogen peroksida untuk menyembuhkan cantengan. Biasanya zat ini digunakan di rumah sakit sebagai anti-septik untuk membunuh bakteri penyebab luka dingin, gigitan serangga dan jerawat. Anda hanya perlu menerapkan hidrogen peroksida kepada daerah yang terinfeksi, sehingga nantinya luka menjadi lebih steril dari berbagai kotoran, termasuk nanah.

7.) Pergi ke dokter
Tidak semua cara menyembuhkan cantengan di atas dapat mengobati penyakit Anda tersebut dengan baik. Oleh sebab itu, dalam beberapa keadaan, Anda membutuhkan perawatan medis atau sekedar konsultasi dari seorang dokter. Terlebih jika cantengan yang Anda derita dibarengi dengan beberapa keadaan, seperti Anda memiliki diabetes, terjadi akumulasi nanah di dekat kuku, munculdemam, kemerahan di dekat kuku dan mulai menyebar ke jari, nyeri ataupun terjadi pembengkakan yang berlangsung selama tujuh hari atau lebih.

Terkadang Kita tidak terlalu memikirkan mengenai penyakit yang satu ini. Biasanya yang kita lakukan hanyalah mendiamkannya saja dan berharap sakit tersebut hilang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, artikel mengenai penyebab dan cara mengobati kuku cantengan di atas semoga dapat membuka mata Anda bahwa penyakit kecil tidak boleh diremehkan dan harus segera dilakukan langkah pengobatan agar cantengan bisa cepat sembuh.

Selain pengobatan, ketika Anda sembuh dari masalah cantengan ini sebaiknya Anda selalu rutin menjaga dan membiasakan diri menjaga kebersihan kaki yaitu dengan merawat kuku dan rajin untuk membersihkan bagian kaki. Cantengan tidak hanya disebabkan oleh jamur namun juga bakteri. Biasanya bakteri yang memicu munculnya cantengan ini yaitu Staphylolebcoccus aureus, yang pada khususnya muncul pada cantengan yang akut. Jika sudah terkena cantengan apalagi cantengan yang sudah lama dan belum sembuh juga sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter untuk dilakukan cara terbaik penyembuhan cantengan tersebut. Biasanya dokter memberikan antibiotik apabila cantengan terlanjut terkena infeksi.
http://hariansehat.com/
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails