Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BEBERAPA KHASIAT DAN MANFAAT VITAMIN K YANG PERLU DIKETAHUI


Beberapa khasiat vitamin K 

1. Mengendalikan Pembekuan Darah
Vitamin K terkenal sebagai vitamin yang berperan penting dalam mengatur pembekuan darah. Jika kulit luka atau pembuluh darah robek maka vitamin K secara otomatis mengatur pembekuan darah dengan membawa kalsium dari tubuh ke lokasi luka.


2. Mengurangi Resiko Nyeri Haid
Suplemen vitamin K disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang biasa mengalami pendarahan menstruasi yang berlebihan, menstruasi tidak teratur, atau wanita yang sering mengalami nyeri had.


3. Menjaga Memperbaiki Jaringan Kulit
Vitamin K bermanfaat menjaga kesehatan jaringan kulit. Krim vitamin K digunakan untuk mempercepat pemulihan bekas luka pada jaringan kulit. Krim vitamin K biasa digunakan pada kulit pasien yang akan dioperasi maupun pada pasien yang telah menjalani operasi.


4. Menjaga Kesehatan Otak
Vitamin K juga diketahui bermanfaat dalam menjaga fungsi otak. Lapisan myelin yang membungkus syaraf memerlukan jenis lemak sphingolipid. Vitamin K diketahui berperan penting dalam sintesa sphingolipid.


5. Menjaga Kesehatan Tulang
Vitamin K mengendalikan pembentukan sel-sel tulang yang disebut osteoclast agar tidak berlebihan. Vitamin K juga berperan dalam pengaktifan osteocalcin yang berfungsi mengikat mineral kalsium dalam tulang.


6. Mencegah Pendarahan pada Bayi
Vitamin K dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk mencegah pendarahan pada bayi. Untuk mencegah pendarahan pada bayi, vitamin K dapat disuntikkan pada bayi atau dengan pemberian tetes vitamin K secara oral (melalui mulut).


7. Mencegah Kalsifikasi
Kalsifikasi adalah penimbunan kalsium pada jaringan tubuh tertentu. Kalsifikasi berbahaya jika terjadi pada jaringan tertentu misalnya pada pembuluh darah karena dapat nyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin K membantu mencegah kalsifikasi dengan berperan pada proses karboksilasi. Proses karboksilasi menghasilkan matrix Gla protein (MGP) yang secara langsung mencegah calsium terbentuk pada jaringan.


8. Mengurangi Resiko Peradangan (Inflamasi)
Vitamin K berkhasiat mencegah radang/inflamasi. Hal ini terbukti dengan pemberian vitamin K pada pasien dapat mengurangi pelepasan glycoprotein interleukin-6 yang dikenal merupakan penanda inflamasi dalam tubuh.


9. Mengurangi Gejala Mual dan Muntah bagi Wanita Hamil
Wanita hamil yang mengalami muntah dan mual seringkali mengalami kekurangan (defisiensi) vitamin K. Mengkonsumsi vitamin K bagi wanita hamil dapat mengurangi gejala muntah dan mual.


10. Mengendalikan Kadar Glukosa Darah
Vitamin K berperan penting dalam pengendalian kadar glukosa darah. Pankreas yang memproduksi insulin, mengandung viamin K terbanyak nomor dua dalam tubuh kita. Gangguan fungsi pankreas adalah salah satu faktor resiko penyakit diabetes.

Beberapa bahan makanan yang diketahui banyak mengandung vitain K antara lain kacang buncis, asparagus, brokoli, timun, bunga kol, bawang perai, buah kiwi, tomat, dan lain sebagainya.

baca juga
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BEBERAPA KHASIAT DAN MANFAAT VITAMIN K YANG PERLU DIKETAHUI"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner