Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYEBAB TUBUH SERING KEDINGINAN TANPA DEMAM



Mekanisme Menggigil

Kenapa tubuh kita bisa menggigil terutama ketika kondisi tubuh sedang tidak sehat? Bagaimana proses mekanisme hingga tubuh kita bisa menggigil? Tubuh kita biasanya akan menggigil ketika kita sedang sakit atau tubuh berada dalam kondisi demam. Menggigil dalam istilah medis diartikan sebagai upaya yang dilakukan oleh tubuh untuk meningkatkan suhu tubuh. Jika tubuh menggigil maka kemungkinan besar suhu tubuh berada di bawah kisaran normal. 

Saat suhu tubuh rendah, hipotalamus akan mengirimkan sinyal untuk meningkatkan suhu tubuh. Sinyal yang dikirimkan oleh hipotalamus tersebut akan direspon oleh tubuh dengan menggigil dan juga meningkatkan metabolisme basal. Saat tubuh menggigil berarti tubuh kita sedang berusaha untuk meningkatkan suhu tubuh. Saat menggigil, otot-otot rangka kita akan berkontraksi untuk menghasilkan panas tubuh. Jadi secara umum menggigil merupakan suatu proses yang wajar dilakukan oleh tubuh untuk meningkatkan suhu tubuh.

Baca artikel lainnya :

Lain lagi ketika kita sedang sakit. Saat sedang sakit, mekanisme tubuh hingga bisa menggigil adalah sebagai berikut.
  • Biasanya kita sakit karena ada toksin berupa mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh kita. Saat ada toksin masuk ke dalam tubuh, secara otomatis tubuh akan melakukan perlawanan. Leukosit, makrofag, dan limfosit adalah “tentara” dalam tubuh kita yang berusaha untuk memakan toksin-toksin tersebut (disebut proses fagositosit). (baca juga: penyebab badan meriang)
  • Saat terjadi proses fagositosit, mekanisme tubuh dalam bekerja akan mengalami gangguan. Secara otomatis hipotalamus akan meningkatkan titik patokan suhu tubuh (di atas suhu normal). Akibatnya, tubuh akan memperoleh respon dingin dan mengharuskan terjadinya proses menggigil. (baca juga: cara mengatasi alergi dingin)
  • Saat tubuh menggigil dan peningkatan suhu tubuh lebih tinggi dibandingkan biasanya maka hal tersebut bisa disebut dengan demam. Dengan kata lain, penyebab umum tubuh menggigil adalah ketika kita demam dan tubuh berada dalam kondisi yang tidak sehat.

Penyebab Tubuh Menggigil Tetapi Tidak Demam

Anda mungkin tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari obat ketika tubuh menggigil dan disertai dengan demam. Namun, bagaimana jika tubuh menggigil tetapi tidak disertai dengan demam? Anda mungkin akan kesulitan mencari obat yang sesuai untuk kondisi semacam itu, sebab umumnya menggigil adalah suatu gejala yang selalu mengikuti demam. Lalu apakah setiap kondisi tubuh yang menggigil sudah pasti diikuti dengan demam. Ternyata tidak selamanya menggigil akan selalu bersamaan dengan demam. Lalu apa saja faktor yang menyebabkan tubuh menggigil tetapi tidak diikuti dengan demam? Berikut penjelasan selengkapnya.


1. Pola Makan Tidak Teratur

Pola makan adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap mekanisme tubuh kita dalam bekerja. Kurang memperhatikan pola makan bisa jadi akan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Bahkan tidak memperhatikan pola makan bisa jadi merupakan faktor utama yang memicu munculnya berbagai jenis penyakit. Tubuh menggigil tanpa disertai demam bisa jadi disebabkan oleh faktor tersebut. Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur akan menyebabkan tubuh kekurangan berbagai jenis nutrisi yang seharusnya penting untuk membantu kinerja tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas.

Kekurangan berbagai jenis nutrisi biasanya juga akan diikuti dengan penurunan berat badan secara drastis. Tidak hanya itu saja, kekurangan nutrisi dan juga vitamin akan membuat tubuh kita menjadi mudah lelah ketika beraktivitas, bahkan meski aktivitas yang kita lakukan tidak terlalu berat sekalipun. Jika tubuh mudah lelah, pertahanan tubuh akan menurun sehingga berbagai jenis penyakit lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Suhu tubuh juga akan mengalami penurunan seiring dengan penurunan jumlah asupan nutrisi ke dalam tubuh. Sebagai upaya untuk meningkatkan suhu tubuh, otomatis tubuh akan menggigil. 

2. Memasuki Masa Menopause atau Sedang Hamil

Wanita yang sedang hamil atau sedang memasuki masa menopause sangat juga bisa mengalami tubuh menggigil. Saat hamil atau memasuki masa menopause, tubuh akan mengalami kondisi di mana produksi hormon tidak seimbang. Saat kadar estrogen di dalam tubuh wanita terlalu tinggi atau mengalami peningkatan, secara otomatis tubuh akan mengalami berbagai jenis gejala yang dapat menurunkan suhu tubuh. Akibatnya, wanita yang mengalami kondisi tersebut akan lebih sering mengalami kedinginan dan otomatis tubuh akan menggigil agar suhu tubuh mengalami peningkatan. Jadi, ketidakseimbangan hormon estrogen merupakan penyebab penurunan suhu tubuh terhadap wanita yang memasuki masa gejala menopause atau sedang hamil. 


3. Tekanan Darah Terlalu Rendah atau Terlalu Tinggi

Tubuh menggigil tanpa demam juga bisa disebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Saat tekanan darah terlalu tinggi, penyebaran darah ke seluruh bagian tubuh terutama ke daerah ekstrimitas seperti tangan dan kaki akan mengalami kesulitan. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya mengalami penyumbatan pada pembuluh darahnya sehingga penyebaran darah tidak bisa dilakukan dengan optimal. Alhasil, ada beberapa wilayah tubuh yang tidak mendapatkan suplai darah secara optimal sehingga terjadi penurunan suhu tubuh. Begitu juga pada seseorang yang memiliki tekanan darah rendah. Jantung yang memompa darah terlalu lemah akan membuat penyebaran darah ke seluruh tubuh tidak optimal. Baik tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, keduanya akan membuat suplai darah ke seluruh tubuh tidak optimal. Akibatnya tubuh akan mengalami penurunan suhu dan terjadilah proses menggigil.

4. Konsumsi Obat-obatan

Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan, maka ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Bisa jadi obat yang Anda konsumsi memberikan beberapa efek samping, salah satunya tubuh menggigil. Jika Anda sering menggigil tapi tidak disertai dengan demam, maka Anda perlu memperhatikan kebiasaan harian Anda. Apakah Anda adalah orang yang sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu? Jika ya, bisa jadi obat-obatan itulah yang membuat tubuh Anda menggigil. Jika kondisi tersebut terjadi pada Anda, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai obat-obatan yang sering Anda konsumsi.


5. Gangguan Kelenjar Tiroid

Jika Anda sering menggigil lalu disertai dengan kenaikan berat badan maka bisa jadi ada masalah pada hormon tiroid Anda. Apalagi jika Anda sudah olah raga dan juga melakukan diet secara tepat tetapi kondisi tubuh juga tidak membaik. Sangat mungkin kondisi hormon tiroid Anda mengalami gangguan atau berada dalam kondisi tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormon tiroid akan menyebabkan metabolisme tubuh menurun sehingga suhu tubuh juga otomatis akan menurun. Kondisi itulah yang menyebabkan tubuh menggigil.

6. Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Penyebab lain yang memicu tubuh menggigil adalah sistem kekebalan tubuh yang lemah. Saat tubuh merasa kedinginan bisa jadi ada toksin yang masuk ke dalam tubuh dan sistem kekebalan tubuh tidak mampu menangani dengan optimal. Akibatnya tubuh merasa lebih dingin dan mengalami kondisi menggigil.

7. Penyakit Kista

Bagi Anda para wanita yang sering merasa kedinginan dan menggigil maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan medis. Seorang wanita yang memiliki penyakit kista akan mengalami peradangan akut yang terjadi pada kandung kemih mereka. Kondisi itulah yang menyebabkan tubuh menggigil.

8. Kurang Tidur

Kurang tidur juga bisa menyebabkan tubuh menggigil. Kurang tidur akan menyebabkan gangguan pada sistem saraf yang pada akhirnya mengganggu sistem regulasi otak, salah satunya pada pengaturan temperatur tubuh. Kondisi itu akan menyebabkan tubuh menggigil. Karena itu, penuhilah kebutuhan tubuh untuk istirahat karena istirahat (tidur) merupakan proses untuk mengembalikan kebugaran tubuh setelah melakukan berbagai aktivitas.

9. Dehidrasi

Kekurangan cairan juga akan menyebabkan penurunan suhu tubuh dan diikuti dengan menggigil. Karena itulah, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas per harinya.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan tubuh menggigil tanpa demam. Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut?

Cara Mengatasi Tubuh Menggigil Tapi Tidak Demam

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan tubuh yang menggigil tanpa demam:
  • Mengkonsumsi banyak air putih. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab tubuh menggigil tanpa demam adalah dehidrasi. Karena itu, untuk mengatasi tubuh yang menggigil tanpa demam maka Anda bisa mengkonsumsi banyak air putih. Setidaknya Anda harus minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. 
  • Mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin B dan B12. Vitamin B dan B12 merupakan nutrisi yang berguna untuk mengatur suhu tubuh. Kekurangan kedua nutrisi tersebut akan menyebabkan penurunan suhu tubuh. Karena itulah, jika tubuh sering menggigil tingkatkanlah asupan makanan atau suplemen yang mengandung banyak vitamin B dan B12. Kedua jenis vitamin tersebut adalah penghangat alami tubuh.
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan. Jika Anda hendak mengkonsumsi beberapa jenis obat, maka ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sehingga Anda tahu dampak apa saja yang timbul akibat konsumsi obat-obatan tersebut.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails