Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

OBAT PENCAHAR YANG BAIK, AMAN DAN ALAMI

http://mypotik.blogspot.com/2017/04/obat-pencahar-yang-baik-aman-dan-alami.html


Ketika mengalami sembelit atau konstipasi, tentu ini bisa jadi dikarenakan sistem pencernaan yang kurang lancar. Gangguan pencernaan kalau dibiarkan dapat cukup mengganggu dan tak baik untuk kesehatan, maka dari itu Anda perlu untuk mencoba mencari obat pencahar alami agar bisa mengatasi konstipasi. Apa sajakah kira-kira obat pencahar yang baik, aman dan terjamin alami?


Seperti kita ketahui bersama, pepaya sudah sejak dulu menjadi buah yang diandalkan dalam mengatasi sembelit. Ini karena pepaya merupakan buah atau jenis makanan yang mengandung serat tinggi sehingga memang mampu melancarkan sistem pencernaan secara sempurna. Kandungan enzim papain di dalamnyalah yang mampu membuat usus besar mencerna protein dengan sangat baik.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menikmati ½ buah pepaya setiap pagi karena kandungan vitamin E, A dan C juga cukup tinggi sehingga pastinya bernutrisi bagi tubuh. Selain itu, Anda juga bisa memvariasikan cara konsumsi dengan meminum jus pepaya secara rutin sehingga pencernaan makin lancar.

baca artikel lainnya:

Minyak Kastor

Laksatif atau obat pencahar lainnya yang alami adalah minyak kastor di mana setelah menggunakannya, ini akan melumasi usus Anda sehingga proses pembuangan pun menjadi lebih lancar. Dengan demikian, konstipasi atau sembelit pun mudah dicegah. Asalkan tidak dipakai secara berlebihan dan pada takaran normal, maka minyak kastor tidak akan membahayakan tubuh.

Untuk menggunakannya, Anda cukup perlu mencampurkan minyak kastor sebanyak 1 sendok teh ke dalam secangkir jus buah segar (lebih dianjurkan jus jeruk dan cranberry). Untuk anak-anak, Anda bisa menggunakan ½ sendok makan saja. Konsumsi disarankan setiap hari dan pada saat perut masih kosong, alias setiap pagi sebelum makan.


Selain khasiat lidah buaya untuk kulit, ada pula khasiat lain lidah buaya yang menyelamatkan Anda dari konstipasi. Sebagai obat pencahar, Anda bisa mencoba untuk menambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke secangkir air putih atau bisa juga pada jus buah. Kemudian, Anda dapat memblendernya dan minumlah setiap pagi ketika perut masih dalam keadaan kosong.

Buah Plum Kering

Supaya BAB lancar dan sistem pencernaan menjadi sangat lancar, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah plum kering sebanyak 6-7 dalam sehari karena memang kandungan seratnya begitu tinggi. Pilihan lain yang bisa coba Anda lakukan adalah meminum ½-1 cangkir jus plum kering tanpa disaring setiap pagi sebelum sarapan.
Biji Rami

Untuk obat pencahar yang baik dan aman karena alami, biji rami merupakan salah satu yang bisa Anda coba konsumsi. Selain mengandung serat tinggi, di dalamnya juga ada asam lemak omega-3 yang akan meningkatkan sistem pencernaan sehingga lebih lancar serta sehat.

Dalam penggunaannya, Anda cukup mencampurkan biji rami 1-2 sendok makan ke dalam segelas air dan kemudian meminumnya. Anda juga dapat menambahkannya ke sereal sewaktu sarapan. Cocok juga sebagai tambahan bagi yogurt tawar yang biasa Anda konsumsi dan Anda bisa mengonsumsinya setiap hari 2 kali, setiap siang maupun sebelum tidur malam hari.


Dalam melancarkan sistem pencernaan yang artinya juga melancarkan BAB, Anda bisa mengonsumsi buah apel sebagai obat pencahar alami. Anda bisa mengonsumsi 1-2 buah apel setiap harinya agar sistem pencernaan tetap terjaga fungsi serta kesehatannya. Namun makanlah tanpa mengupasnya karena kandungan-kandungan baik ada pada kulitnya.

Jika bosan mengonsumsi buah apel seperti biasa, buatlah jus apel setiap hari di mana efektivitasnya sama seperti ketika Anda memakan buah apel tersebut. Jika ingin masalah konstipasi cepat teratasi, silakan mengonsumsi apel yang organik karena jauh lebih aman dan alami. Makanlah berikut kulitnya supaya lebih efektif dalam menjadikan pencernaan lebih baik.

Buah Ara

Sebagai pencahar alami, buah ara adalah yang salah satu jenis buah yang paling baik. Baik itu buah ara yang sudah dikeringkan maupun yang masih segar, keduanya diyakini mampu menjadikan masalah konstipasi menjadi lebih lancar. Makan saja 2-3 buah ara berikut kulitnya karena di dalam kulitnya terkandung kalsium dan serat tinggi.

Okra

Mungkin Anda sudah pernah melihat seperti apa okra itu dan sebetulnya okra ini diketahui mengandung laksatif tinggi yang alami sehingga akan membuat BAB sulit dan tidak lancar menjadi lebih baik. Konsumsilah 1-2 cangkir okra yang dilakukan setiap hari, entah itu dikukus, direbus atau dipanggang.

Buah Pir

Sebagai sumber sorbitol alami, buah pir adalah buah yang bisa Anda andalkan. Itulah mengapa buah pir juga dapat dijadikan obat pencahar alami. Makanlah setiap harinya 1-2 buah pir organik dan jangan dikupas alias dimakan beserta kulitnya supaya lebih berkhasiat. Anda juga bisa membuat segelas jus pir yang diminum setiap hari.

Ketepeng Cina

Ada kandungan zat samak dengan sifat laksatif alami pada ketepeng Cina sehingga memang tanaman ini bisa digunakan sebagai pencahar. Air rebusan daun ketepeng Cina akan membantu Anda dalam menangani masalah sembelit, tapi pastikan sebelum direbus Anda telah mencuci bersih daun tersebut lebih dulu.

Daun Wungu

Biasanya tanaman daun wungu bisa dijumpai di tempat penjualan tanaman hias dan di dalamnya ada terkandung zat saponin yang sangat berperan penting untuk melancarkan sistem pencernaan. Daun wungu yang sudah dibersihkan dapat Anda rebus hingga matang, lalu airnya Anda minum secara rutin. Karena efek samping tak berbahaya, Anda bisa memakai daun wungu ini secara aman.

Keji Beling

Sama seperti tanaman lain yang telah disebutkan, daun tanaman keji beling pun memiliki efek ampuh yang sama. Rebus daun keji beling secukupnya yang sudah dicuci lebih dulu dan didihkan hingga matang. Air rebusannyalah yang bisa dikonsumsi secara teratur agar sembelit teratasi dengan sempurna.

Temulawak

Kita seringkali menemukan bahwa temulawak adalah sebuah bahan alami yang banyak digunakan sebagai obat asam lambung. Bahan tradisional ini merupakan salah satu yang bisa Anda andalkan di mana cara mengolahnya bisa dengan merebus dan kemudian meminum airnya secara rutin. Karena tak memiliki efek samping berbahaya, Anda bisa menggunakannya secara jangka panjang.

Mengkudu

Buah berwarna hijau satu ini memang dikenal akan rasanya yang pahit dan biasanya bisa dengan mudah Anda beli di pasar. Untuk menggunakannya sebagai pencahar alami, cukup dijus saja atau buahnya bisa Anda rebus. Konsumsilah rutin apapun cara pengolahan yang Anda pilih dan tak perlu khawatir akan efek sampingnya.

Rumput Laut

Obat pencahar alami lainnya yang layak untuk Anda pertimbangkan dan gunakan adalah rumput laut. Karena banyak nutrisi di dalamnya, terutama serat, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin supaya sistem pencernaan lancar sehingga otomatis BAB pun berjalan dengan baik. Sup rumput laut adalah yang paling nikmat dan bermanfaat.

Daun Jambu Biji

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa buah jambu biji bisa menyebabkan konstipasi, tapi untungnya justru daunnya tidak demikian. Justru daunnya dapat dijadikan obat pencahar yang alami dengan merebus lalu diminum airnya secara rutin. Bila mengonsumsi setiap hari, Anda bisa merasakan sendiri efektivitasnya.

Buah Nanas

Buah nanas tak hanya nikmat dirujak, buah berwarna kuning dengan kesegaran maksimal ini bisa dipakai juga untuk menjadi obat pencahar. Cukup dimakan langsung seperti biasa atau dibuat jus saja, tergantung dari selera Anda masing-masing. Supaya konstipasi cepat sembuh, Anda bisa makan buah nanas setiap hari, tapi juga jangan sampai berlebihan.

Akar Bunga Matahari

Untuk sembelit, pencahar alami yang juga pas serta aman untuk dipakai adalah akar bunga matahari. Rebuslah ketika telah dibersihkan dan air rebusan itulah yang bisa diminum setiap hari dan rutin agar sembelit bisa cepat membaik. Supaya tidak berkelanjutan dan kondisi pencernaan makin serius, Anda dapat mengandalkan akar bunga matahari.


Madu Murni

Dalam menjadikan BAB lancar dan pencernaan sehat serta berfungsi lebih baik, Anda dapat mengonsumsi madu murni setiap hari. Lebih disarankan untuk mengonsumsi 3 sendok makan madu murni baik itu secara langsung atau dicampur ke air putih. Jika tak tahu bagaimana mendapatkan madu asli, cari cara membedakan madu asli dan palsu.

Kulit Pulosari

Merebus kulit pulosari adalah salah satu cara untuk mengonsumsi atau menggunakan kulit pulosari sebagai obat pencahar. Karena alami, maka tak akan ada efek samping berbahaya apabila Anda meminumnya setiap hari serutin mungkin. Sembelit pun dijamin hilang dan pencernaan lancar di mana otomatis BAB juga ikut lancar.

Air Putih

Kenapa air putih? Karena memang air putih merupakan bahan sederhana yang alami, murah dan efektif dalam menjadikan sistem pencernaan berfungsi secara maksimal. Salah satu bahaya akibat kurang minum air putih adalah sembelit atau terhambatnya proses pencernaan sehingga buang air besar akhirnya tak dapat setiap hari. Itulah mengapa konsumsi air putih 2 liter per hari teramat dianjurkan.

Chia Seeds

Untuk memperlancar BAB, obat pencahar alami yang bisa Anda konsumsi adalah chia seeds. Menjadi sumber makanan yang mengandung protein, vitamin, serat, mineral dan lemak sehat, chia seeds bisa Anda konsumsi setiap hari. Chia seeds ini juga baik dikonsumsi bagi yang mengalami kadar gula darah tinggi alias punya penyakit diabetes.

Kombucha

Mungkin Anda sudah pernah atau justru sering mendengar tentang kombucha? Ini adalah sejenis minuman yang pembuatannya dilakukan dari fermentasi teh. Kandungan probiotik di dalamnya sangat tinggi sehingga flora usus dapat menjadi seimbang kembali. Karena gangguan pada pencernaan dapat teratasi, tentu saja BAB pun dapat kembali lancar.]

Kopi

Supaya gerakan usus dapat terangsang, Anda bisa meminum kopi karena keasaman pada kopilah yang membantu usus bergerak supaya bisa mengeluarkan zat-zat sisa dengan lebih lancar. Proses pemecahan protein juga menjadi lebih gampang dengan kopi, plus peningkatan kadar hormon pencerna makanan juga ikut terjadi.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails