Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYAKIT LEUKIMIA ATAU KANKER DARAH

http://mypotik.blogspot.com/2017/09/penyakit-leukimia-tidak-memiliki-gejala.html

Penyakit Leukimia tidak memiliki gejala yang jelas, tidak ada satu gejala yang khas merupakan gejala leukimia. Namun demikian leukimia memiliki banyak gejala yang dapat membantu mendeteksi penyakit ini, tetapi karena gejalanya mirip penyakit biasa, maka sebaiknya harus selalu waspada supaya tidak kecolongan.

Ciri-ciri penyakit leukimia pada stadium awal yang mudah dikenali adalah saat penderita terluka dan lukanya berdarah. Jika yang terluka adalah orang normal, darah yang keluar dari tubuh akan segera menggumpal dan aliran darah yang keluar pun akan segera berhenti. Akan tetapi jika yang terluka dan berdarah adalah penderita leukimia atau kanker darah, aliran darah akan sangat sulit dihentikan. Gejala tersebut membuat penderita akan mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia. Dan jika dilihat, darah yang dikeluarkan pun tidak berwarna merah pekat, melainkan berwarna merah muda.

Penderita leukimia saat masih dalam stadium awal biasanya akan sering mengalami mimisan atau pendarahan dari hidung. Penyebab mimisannya pun berbeda dengan yang dialami oleh orang normal yang tidak sakit leukimia. Pada umumnya mimisan bisa diakibatkan karena suhu badan yang sangat tinggi. Waktu terjadinya pun biasanya hanya singkat dan darahnya akan segera berhenti keluar. Akan tetapi pada penderita leukimia, mimisan akan sering terjadi dan tidak cepat berhenti, selain itu peristiwa mimisan ini akan disertai dengan rasa pusing yang sangat luar biasa. Nah, jika ternyata selama ini Anda sering mimisan yang dibarengi dengan rasa pusing yang luar biasa, waspadai ciri-ciri penyakit leukimia tersebut dan segera periksakan kesehatan Anda ke dokter.

Baca juga artikel lain tentang kesehatan Panduan Menghilangkan Bopeng Di Kulit Wajah Dengan Cara Laser

Gejala penyakit leukimia selanjutnya adalah penderita sering mengalami perdarahan hebat dari gigi dan gusinya. Mungkin pada umumnya ketika seseorang mengalami perdarahan pada bagian tersebut diakibatkan karena kekurangan vitamin C atau karena terkena benda asing dari luar. Darah yang keluar pun mudah dihentikan dan lukanya cepat sembuh. Akan tetapi jika seseorang menderita leukimia, perdarahan yang terjadi cukup sering terulang dan perdarahannya sulit untuk dihentikan karena darah juga sulit membeku.

Selanjutnya, penderita leukimia biasanya sering merasakan nyeri pada persendiannya atau di bagian tulang belakang. Bahkan rasa nyeri yang luar biasa ini bisa membuat penderita mengalami demam tinggi karena tulang belakangnya ternyata sedang diserang oleh sel-sel kanker. Selain nyeri di bagian sendi dan tulang belakang, penderita leukimia juga sering merasakan nyeri di bagian perut. Ciri-ciri penyakit leukimia ini diakibatkan karena sel darah putih yang berlebihan berkumpul di area ginjal, hati dan empedu. Dan yang terjadi adalah organ-organ tubuh tersebut membengkak dan disertai rasa nyeri serta nafsu makan yang makin hari makin berkurang.


Selain itu penderita leukimia atau kanker darah ini juga sangat rentan tertular penyakit atau virus karena sel darah putih di dalam tubuh yang berlebihan yang seharusnya berfungsi menjaga tubuh dari penyakit, tidak berfungsi secara normal. Oleh karena itu tubuh penderita leukimia rentan sekali terkena infeksi virus. Berbahaya sekali, bukan? Di stadium awal saja sudah bisa membuat seseorang menjadi terganggu aktivitasnya, apalagi jika seseorang menderita penyakit leukimia stadium 4.

Penyakit ini juga bisa membuat kelenjar lympa seseorang membengkak karena sel darah putih terkonsentrasi di area kelenjar lympa. Dan yang mungkin juga paling sering terjadi adalah penderita akan kesulitan bernapas atau dyspnea. Jika Anda merasa diri Anda, keluarga, saudara, atau teman Anda ternyata mengalami gejala seperti itu, segera konsultasikan ke dokter spesialis untuk memastikannya dan mendapatkan perawatan secepatnya bila ternyata benar menderita leukimia.


Nah, beberapa gejala penyakit leukimia atau ciri-ciri tadi biasanya diderita oleh orang dewasa. Namun tahukah Anda bahwa ternyata anak-anak juga bisa mengalami kanker darah? Maka dari itu sangat disarankan agar Anda lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan anak Anda agar kanker darah atau leukimia tidak menjangkit anak Anda. Mengapa orang tua harus sangat waspada dengan ciri-ciri penyakit leukimia pada anak? Hal ini dikarenakan biasanya sebagian besar anak-anak tidak terlalu merasakan rasa sakit yang disebabkan oleh gejala kanker. Gejala yang umumnya terjadi pada anak yang menderita kanker darah adalah berat badannya akan menyusut.

Penyusutan berat badan yang terjadi pada anak ini diakibatkan karena si anak berkurang napsu makannya. Gejala lain yang biasanya dialami oleh si anak adalah mudah kehilangan keseimbangan. Anak penderita kanker darah akan mudah terjatuh saat berjalan atau berlari. Ciri-ciri penyakit leukimia pada anak yang lain adalah darah yang sulit membeku saat si anak terluka. Gejala ini sama dengan gejala yang dialami oleh orang dewasa.
Tipe Penyakit Leukimia atau Kanker Darah

Setelah mengetahui ciri-ciri penyakit leukimia, Anda juga harus mengetahui beberapa tipe penyakit leukimia agar Anda bisa lebih mewaspadai penyakit ini yaitu :
  1. Leukimia limfostik akut biasanya diderita oleh anak. Bahkan penyebabnya pun masih belum ditemukan. Akan tetapi sampai saat ini leukimia limfostik dimungkinkan terjadi karena faktor genetik. 
  2. Leukimia limfostik kronis biasanya terjadi pada orang dewasa usia 45-60 tahun. Tipe penyakit leukimia ini adalah yang paling jinak dan perkembangan sel kankernya lamban. 
  3. Leukimia mielositik akut dan kronis adalah jenis leukimia yang cukup ganas dan sangat berbahaya.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails