Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PERBEDAAN KISTA DENGAN BISUL


Kista dan bisul adalah dua kondisi kulit umum yang terjadi di antara orang-orang. Kista adalah kapsul tertutup atau struktur seperti kantung. Hal ini biasanya diisi dengan bahan cair, semipadat atau gas. Bisul, di sisi lain, adalah infeksi folikel rambut. Bisul adalah follikulitis dalam dan juga disebut furuncle.

Ada ratusan jenis kista. Mereka mungkin muncul tepat di bawah kulit atau di dalam tubuh yang terhubung ke jaringan atau organ tubuh. Ukurannya bervariasi dari mikroskopis hingga seukuran beberapa bola olah raga tim. Kista besar bahkan bisa menggantikan organ dalam. Kista kulit biasanya muncul sebagai benjolan abnormal tepat di bawah kulit dan mungkin atau mungkin tidak terasa sakit. Kista di payudara mungkin terlihat saat payudara diperiksa dengan menyentuh mereka dan seringkali terasa sakit. Beberapa kista mungkin tidak terlihat atau terlihat kecuali di bawah sistem pencitraan. Kista di otak bisa menyebabkan sakit kepala, serta gejala lainnya.

Bisul adalah follikulitis dalam, infeksi folikel rambut. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bisul menghasilkan area bengkak yang menyakitkan pada kulit yang disebabkan oleh akumulasi nanah dan jaringan yang mati. Bisul bisa berkumpul bersama, bergabung membentuk satu kepala. Bisul ini disebut carbuncles. Jika bisul membentuk di kelopak mata, itu disebut bintil. Bisul tidak boleh pecah, karena bisa menyebabkan penyebaran infeksi, termasuk infeksi darah. Bisul biasanya pecah sendiri.

Beberapa Perbandingan KISTA DENGAN BISUL

Kista adalah kantung tertutup, memiliki membran dan pembagian yang berbeda dibandingkan dengan jaringan di dekatnya. Ini mungkin berisi cairan udara, cairan, atau bahan semi padat. sedangkan Bisul adalah infeksi kulit yang dimulai pada folikel rambut atau kelenjar minyak.

Berdasarkan Kemunculannya 

Kista bisa terjadi dimana saja di tubuh orang usia berapa pun sedangkan Bisul biasanya muncul di wajah, leher, ketiak, bahu, dan bokong.

Berdasarkan Jenisnya 

Kista Ada lebih dari seratus jenis sedangkan bisul jika bisul terbentuk di kelopak mata, itu disebut bintil. Jika beberapa bisul muncul dalam kelompok, ini adalah jenis infeksi yang lebih serius yang disebut carbuncle.

Berdasarkan Penyebabnya 

Kista bisa disebapkan oleh Tumor, kondisi genetik, infeksi, kesalahan pada organ embrio yang sedang berkembang, cacat pada sel, kondisi peradangan kronis, penyumbatan saluran di tubuh yang menyebabkan penumpukan cairan, parasit, dampak luka yang merusak pembuluh darah sedangkan Bisul sebagian besar bisul disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Bakteri memasuki tubuh melalui torehan kecil atau luka di kulit atau bisa menyusur melewati rambut ke folikel. Penderita diabetes, masalah dengan sistem kekebalan tubuh, gizi buruk, kebersihan yang buruk, atau paparan bahan kimia keras yang mengiritasi kulit lebih rentan terhadap bisul.

Apakah bisul Jinak atau ganas ?

Kista Sebagian besar kista jinak dan disebabkan oleh saluran tersumbat atau saluran pengeluaran tubuh alami lainnya untuk sekresi. Namun, beberapa kista mungkin tumor dan / atau terbentuk di dalam tumor - ini bisa berpotensi ganas. Kebanyakan bisul jinak; namun bisa menyebabkan infeksi yang parah.

Gejala Benjolan yang disebabkannya
Abnormal tepat di bawah kulit dan mungkin atau mungkin tidak menyakitkan. Beberapa mungkin ditemukan oleh studi visualisasi, seperti x-ray, ultrasound, CT scan, dll sedangkan bisul pada awalnya, kulit berubah merah di daerah infeksi, dan benjolan lunak berkembang. Setelah empat sampai tujuh hari, benjolan mulai berubah putih seperti nanah yang terkumpul di bawah kulit., gejala infeksi berat pada bisul : • Kulit di sekitar bisul menjadi terinfeksi. Menjadi merah, sakit, hangat, dan bengkak, • Lebi banyak bisul mungkin muncul di sekitar yang asli. • Demam bisa terjadi. • Kelenjar getah bening bisa menjadi bengkak.

Penanganan 
Kista bisa hilang sendiri, atau harus diangkat melalui operasi. Terkadang cairan di dalam kista bisa dikeringkan dengan memasukkan kateter atau jarum ke dalamnya dan menghancurkannya sedangkan untuk oleskan kompres hangat dan rendam dalam air mendidih. Jangan pecahkan bisul; itu akan kempes sendiri. Saat bisul mulai mengering, cuci secara teratur dengan sabun antibakteri sampai semua nanah hilang. Cuci daerah yang terinfeksi - dua sampai tiga kali sehari - dan gunakan kompres hangat sampai luka sembuh. Jika mendidih parah tapi tidak ada nanah yang dikeluarkan, dokter mungkin memiringkan bisul untuk memungkinkan pengeringan nanah dan meresepkan antibiotik.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERBEDAAN KISTA DENGAN BISUL"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner