Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

DIET ALA MEDITERANIA MENGURANGI DEFRES

DIET ALA MEDITERANIA MENGURANGI DEFRESI

Memang mustahil hidup tanpa rasa stres. Namun, gaya hidup sehat, termasuk pola makan diketahui efektif untuk mencegah dampak buruk dari stres atau depresi.Diet ala orang Mediterania yaitu pola makan yang sarat dengan sayuran, buah, kacang-kacangan, serealia (whole grain), dan ikan, direkomendasikan oleh para ahli untuk mencegah depresi. Hal tersebut dibuktikan oleh studi yang dilakukan para peneliti dari Spanyol terhadap 11.000 orang.

Responden yang mengikuti diet Mediterania tersebut risiko terkena depresinya berkurang hingga 30 persen dibandingkan dengan mereka yang pola makannya kaya akan sayuran dan pangan lain seperti yang terdapat dalam diet Mediterania.

Metode penelitian yang dilakukan adalah mendata asupan harian para responden lewat kuesioner. Kebiasaan makan para responden dilihat berdasarkan beberapa komponen, seperti rasio asam lemak jenuh yang dikonsumsi, asupan daging, susu dan produk turunannya, asupan buah dan kacang, sereal, sayuran, ikan, serta konsumsi alkohol.

Mereka yang memiliki pola makan ala Mediterania risiko mengalami depresi berkurang hingga 30 persen. “Kami belum mengetahui mekanisme yang spesifik mengapa orang yang patuh dengan diet Mediterania ini lebih jarang mengalami depresi,” kata Almudena Sanchez Villegas, peneliti dari Universitas Las Palmas de Gran Canaria yang studinya dilaporkan dalam the Archives of General Psychiatry.

Meski demikian, para peneliti menduga elemen dalam diet tersebut mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah, melawan inflamasi, dan memperbaiki kerusakan sel. Segala manfaat tersebut akan mengurangi risiko terjadinya depresi.

Selain itu, diet Mediterania juga memiliki banyak manfaat kesehatan, misalnya mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, asma, dan kanker.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DIET ALA MEDITERANIA MENGURANGI DEFRES"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner