Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Imajinasi Enyahkan Sakit Perut Anak

MANFAATKAN-lah daya imajinasi anak yang sedang berkembang untuk menyembuhkan dan mengatasi serangan rasa sakit di perut. Hal ini disarankan oleh sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics. Studi ini terinspirasi dari temuan studi-studi yang menunjukkan kalau hipnotis efektif untuk mengobati berbagai kondisi seperti rasa sakit di perut. Berdasarkan hasil perkiraan, terang peneliti, rasa sakit di perut tanpa sebab yang jelas, dialami oleh 1 dari 5 anak.

Penggunaan CD berisi panduan relaksasi yang membimbing anak-anak untuk membayangkan mereka sedang terapung di awan, terang peneliti dari University of North Carolina and Duke University Medical Center ini, terbukti bisa mengurangi rasa sakit perut mereka secara dramatis.

Detail studi

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 30 anak berusia antara 6 dan 15. Lima belas anak diminta mengikuti 20 menit sesi 'guided imagery' dari CD. CD ini berisi teknik yang mendorong subjek untuk membayangkan hal-hal yang akan mengurangi rasa tidak nyaman yang mereka rasakan. Sebagai contoh, anak-anak diminta membayangkan memegang benda kecil bersinar yang meleleh di tangan mereka. Kemudian mereka menempatkan tangan di perut, menyebarkan kehangatan dan cahaya dari tangan sebagai perlindungan untuk mencegah iritasi perut. Sedang 15 lainnya menjalani pengobatan standar.

Studi menemukan, mereka yang menggunakan CD melaporkan pengurangan rasa sakit di perut yang lebih besar (73.3%) dibandingkan mereka yang menjalani pengobatan standar (26.7%). Dua pertiga dari anak yang mengalami perbaikan tersebut tetap merasakan manfaatnya hingga 6 bulan ke depannya.

Redakan kecemasan

Bagaimana proses dibaliknya? Menurut peneliti, teknik ini bekerja mengurangi kecemasan. Selain itu, teknik imajinasi ini juga dinyatakan mempunyai efek langsung dalam merespon rasa sakit. Beberapa peneliti menyatakan kalau teknik ini menyerupai cara kerja hipnotis dalam mengurangi hipersensitifitas pada kondisi seperti gangguan usus (irritable bowel syndrome).

Teknik ini, terang pemimpin studi Dr Miranda van Tilburg sangat menarik karena anak-anak bisa menggunakanya sendiri tanpa terapis."Sistem pengobatan sendiri seperti ini tentunya sangat murah dan bisa dipadukan dengan pengobatan lain, sehingga memperbesar potensi penyembuhan pada banyak anak-anak yang sering mengalami sakit perut," terang dia, seperti dikutip situs bbc.

Studi ini dikuatkan juga oleh profesor David Candy, seorang konsultan paediatric gastroenterologist dari Western Sussex Hospitals. Candy menyatakan kalau timnya telah mencoba hipnotis pada sekelompok kecil anak penderita ganguan rasa sakit perut kronis dan terbukti sukses 100%
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails