Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Enam Tips agar Cairan Tubuh Tidak Hilang

KULIT wajah memerlukan air untuk tetap sehat dan manfaat air akan lebih terasa jika dikonsumsi langsung dibandingkan dengan cara mengoleskan ke kulit. Akan tetapi, gaya hidup modern justru menyebabkan hilangnya banyak cairan dari dalam tubuh. Merokok, penggunaan AC, mandi cahaya matahari, bepergian dengan pesawat udara, minum alkohol dan diet buruk dengan cepat memicu hilangnya cairan dan mengundang kerutan di kulit. Untuk mencegah kekurangan cairan, berikut beberapa cara yang bisa menjadi panduan Anda.

Merokok

Masalah. Setelah matahari, merokok merupakan penyebab kerutan nomor dua. Merokok menipiskan lapisan kulit hingga 40 persen, sehingga air lebih mudah menguap. Selain itu, zat kimia dalama rokok juga merusak dan mempercepat penuaan kulit. Asap rokok merusak vitamin C, yang diperlukan untuk memproduksi kolagen. Selain itu, merokok juga mempersempit pembuluh kapiler kecil yang berfungsi memberi makan kulit, sehingga mengganggu asupan nutrisi dan oksigen. Merokok membuat kulit terlihat 15 tahun lebih tua.

Solusi. Cobalah mengurangi dan berhenti merokok.

Matahari

Masalah. Sinar matahari secara dramatis meningkatkan penguapan air dari permukaan kulit sehingga mengakibatkan kekeringan. Selain itu, cahaya matahari memercikkan produksi radikal bebas, molekul oksigen perusak yang mempercepat proses penuaan. Matahari merupakan penyebab dari 80 persen perubahan terkait penuaan.

Solusi. Jika Anda mempunyai tipe kulit kering hingga normal, ada baiknya menggunakan pelindung. Jika harus berada di bawah paparan sinar matahari, oleskan krim yang mengandung antioksidan vitamin A, C dan E yang telah terbukti menyerang radikal bebas. Jika hanya terpapar matahari dalam jumlah sedang dan kulit Anda juga tidak terlalu kering, cobalah mengoleskan minyak sayur alami dengan kandungan screening. Yang paling efektif adalah jojoba, yang mengandung faktor pelindung sinar matahari 5-10, lilin lebah (beeswax) yang kental sehingga bisa menempel di kulit dan shear butter yang terdiri dari 50% lemak, termasuk asam lemak esensial dan perlindungan antioksidan.

Air conditioner

Masalah. Penggunaan AC akan menyerap cairan dari udara

Solusi. Cobalah menggunakan humidifier (alat pelembab udara).

Konsumsi alkohol

Masalah. Alkohol mengeringkan kulit wajah dan bersifat diuretik, sehingga mempercepat hilangnya air dari dalam tubuh. Kurangnya cairan akan membuat sel-sel darah merah akan menempel terhadap satu sama lain begitu juga dengan pembuluh kapiler sehingga bisa pecah. Selain itu, alkohol juga mempercepat penuaan kulit dengan cara merampok oksigen dan vitamin C dari tubuh.

Solusi. Cobalah membatasi asupan alkohol, dengan jumlah konsumsi maksimum tidak lebih dari 21 unit per minggu.

Diet

Masalah. Kesalahan yang paling umum dilakukan saat berusaha menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan semua jenis lemak, padahal kulit bergantung pada persediaan asam lemak esensial dalam menjaga kelembaban dan kelenturan. Diet ketat yang diikuti dengan naik turunnya berat badan, dalam jangka panjang akan mengeringkan dan mempercepat penuaan kulit.

Solusi. Jika sedang diet, lakukan secara bijak, dengan melibatkan kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak ikan.

Bepergian dengan pesawat

Masalah. Udara daur ulang dalam kabin tertutup sangat kering, dengan hanya 2 persen kelembaban. Penerbangan jarak pendek saja bisa mengeringkan.

Solusi. Minumlah air putih sebelum, selama dan setelah penerbangan, dan hindari alkohol. Dalam penerbangan jarak jauh, semprotlah wajah Anda sekali dalam sejam (lakukan di kedua sisi wajah
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Enam Tips agar Cairan Tubuh Tidak Hilang"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner