Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENCEGAH KANKER DENGAN WORTEL


Jika selama ini brokoli dikenal sebagai sayuran untuk mencegah perkembangan sel kanker, sepertinya mulai sekarang kita perlu menambahkan wortel pada makanan kita. mengapa demikian?

Setelah melalui berbagai penelitian, ilmuwan Inggris menemukan suatu hal baru, bahwa zat yang disebut sebagai falcarinol (zat yang terkandung dalam wartel) juga dapat mencegah terbentuknya sel kanker.

menurut artikel yang saya baca percobaan ini telah diujikan pada tikus yang disuguhi wortel mentah, dan dibandingkan dengan perkembangannya dengan penyuntikan zat falcarinol pada tikus lainnya. Dan hasilnya menurut menunjukkan bahwa kedua tikus sama-sama terbebas dari sel kanker.

Sayangnya penelitian tersebut belum dapat menunjukkan sejauh mana kualitas falcarinol di dalam wortel mentah dan wortel yang sudah dimasak. Namun yang jelas segelas jus wortel segar sangat baik untuk kesehatan Anda.

Seperti yang yang kita ketahui selama ini bahwa wortel kaya akan beta karoten, zat pembentuk vitamin A. Dan sejak kecil kita sudah dianjurkan untuk mengkomsumsi wortel untuk menjaga kekebalan sistem tubuh dan baik untuk kesehatan mata.

Sejak penelitian ini dilakukan, banyak orang sudah memasukkan serutan wortel mentah kedalam saladnya. Kita juga dapat melakukan hal yang sama. Campurkan saja serutan wortel dengan selada dan beberapa sayuran lainnya untuk mendapatkan sakad sehat yang untuk kesehatan kita. Atau jika Anda ingin menyajikan dengan cara lain, jus wortel dapat menemani sarapan pagi Anda.
READ MORE - Selengkapnya

TIPS SEDERHANA BUANG RACUN DALAM TUBUH

Setiap hari ada ribuan racun masuk kedalam tubuh kita, baik melalui organ pernafasan maupun dari organ tubuh lainnya. Racun yang masuk secara tidak sengaja tersebut tentunya akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan kita. Dan, sangat tidak mungkin untuk menghindari racun yang masuk kedalam tubuh, apalagi tingkat polusi di sekitar kita sudah semakin tinggi. Walaupun begitu, ada cara sederhana untuk mengurangi masuknya racun kedalam tubuh kita.
  • Cuci Buah dan Sayuran, segera cuci setiap buah dan sayuran setelah Anda membelinya. Hal ini karena, zat pestisida yang menempel pada buah dan sayuran dapat mengkontaminasi udara, air dan makanan yang ada disekitarnya. Menurut beberapa penelitian, pestisida diketahui sebagai salahs satu penyebab penyakit Parkinson. selain itu, zat pestisida yang tersebar didalam rumah Anda ternyata bisa merusak sel-sel otak dan memicu penyakit artritis, Untuk itu, selalu cuci setiap buah dan sayuran dibawah air mengalir sebelum Anda mengkomsumsinya.
  • Pilih Tirai Plastik yang Aman, Hati-hati dalam memilih tirai plastik untuk kamar mandi Anda. Kandungan polyvinly chloride (PVC) pada tirai plastik dapat membuat kepala terasa sangat pusing jika menghirupnya. Untuk itu pilihlah tirai yang berbahan lebih aman seperti katun, polyester, atau serat manila. Selain lebih aman dan juga mudah untuk dibersihkan.
  • Bersihkan Debu-debu, Jangan anggap sepele debu-debu yang ada dikamar atau disekitar meja kerja Anda. Debu tersebut lebih berbahaya daripada debu yang ada diluar ruangan. Jika Anda tidak membersihkannya secara rutin, jangan heran kalau Anda sering sakit-sakitan. Untuk itu bersihkan debu-debu tersebut minimal satu minggu sekali.
  • Jaga Kebersihan Organ Intim, Jangan pernah sepelekan kebersihan organ intim Anda, jaga kelembapannya dengan mengganti celana dalam Anda secara teratur setiap hari, karena jika tidak ingin terserang jamur dan penyakit lainnya.
  • Kurangi Alkohol, Jika Anda seorang wanita berhati-hatilah apabila Anda pengkomsumsi alkohol setiap hari, karena alkohol dalah salah satu pemicu penyakit kanker payudara, menurut peneliti dari Inggris sana bahwa dengan meminum segelas minuman beralkohol setiap hari dapat menimbulkan resiko 12 kali lebih besar terkena penyakit kanker payudara dibanding dengan seseorang yang tidak meminumnya.
READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN UNTUK JAMUR KULIT

Pada umumnya, pengobatan untuk jamur kulit ini bekerja dengan cara menghambat jamur dengan mengganggu aktivitas sel jamur sehingga menjadi rusak. Obat jamur kulit diberikan berupa krim atau salep yang dapat dioleskan langsung pada daerah yang terinfeksi jamur. Namun, suatu obat jamur secara sistemik diperlukan sebagai tambahan bila infeksi sudah meluas.


A. PENGOLONGAN OBAT JAMUR KULIT
Adapun obat jamur kulit yang ada di Indonesia , antara lain:
  1. Griseofulvin
    Obat ini efektif untuk infeksi jamur di kulit, rambut, dan kuku yang disebabkan berbagai jamur dermatofit seperti Trichophyton, Epidermophyton, dan Microsporum. Griseofulvin bekerja dengan menghambat mitoisi jamur dengan mengikat protein mikrotubuler dalam sel.
  2. Imidazol dan Triazol
    Obat jamur golongan imidazol mempunyai spektrum yang luas. Kelompok ini adalah mikonazol, klotrimazol, ekonazol, isokonazol, tiokonazol, dan bifonazol. Angka penyembuhan tinea pedis dengan mikonazol sebesar 95%.
  3. Tolnaftat
    Tolnaftat merupakan suatu tiokarbamat yang efektif untuk sebagian besar dermatofitosis yang disebabkan T. Rubrum, T. metagrophites, T. tonsurans, E. Floccosum, M.canis, M. Auduoini dan P.orbiculare tapi tidak efektif terhadap candida. Angka penyembuhan tolnaftat pada tinea pedis sebesar 80%.
  4. Nistatin
    Obat ini merupakan suatu antibiotik polien yang dihasilkan oleh Streptomyces noursei. Nistatin terutama digunakan infeksi kandida di kulit, selaput lendir dan saluran cerna.
  5. Lainnya
    kandisidin, asam benzoat dan asam salisilat, asam uindesilat, haloprogin, natamisin, siklopiroks olamin.

B. INFEKSI JAMUR KULIT

Infeksi jamur kulit kerap diderita oleh masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis. Indonesia memiliki iklim tropis yang berakibat suhu udara yang panas dan lembab sehingga menguntungkan bagi pertumbuhan organisme seperti jamur dan parasit.

Jamur dapat tumbuh pada daerah kulit manusia yang lembab misalnya ketiak, selangkangan, sela jemari kaki, lipatan kulit yang lembab, di bawah lipatan payudara, atau di lipatan bokong. Bagian-bagian kulit tersebut selain lembab, sering tidak kering setiap kali habis mandi.

C. INFEKSI JAMUR DIBEDAKAN MENURUT LOKASINYA yaitu sebagai berikut:
  1. Tinea capitis bila menyerang kulit kepala, rambut, alis, dan bulu mata.
  2. Tinea barbae yang singgah di dagu dan pipi yang biasa ditumbuhi cambang.
  3. Tinea manuum yang mendarat di tangan dan telapak tangan.
  4. Tinea unguinum bisa menyerang kuku hingga rusak, rapuh, dan bentuknya tak lagi normal. Di bagian bawah kuku bakal menumpuk sisa jaringan kuku rapuh.
  5. Tinea pedis yang menyelip di sela-sela jari dan telapak kaki, dikenal juga dengan athlete's foot, ringworm of the foot, kutu air atau rangen kata orang Jawa, paling sering bercokol di antara jari ke-4 dan ke-5, yang kerap meluas ke bawah jari dan sela jari-jari lain.
  6. Pityriasis versicolor alias panu, yang kerap muncul dibadan, ketiak, lipatan paha, lengan, tungkai atas, leher, wajah, dan kulit kepala. Bentuknya berupa bercak bersisik halus putih hingga kecokelatan. Panu merupakan penyakit jamur permukaan menahun dan tak memberikan keluhan berarti.
  7. Tinea corporis atau kadas (kurap) timbul di leher atau badan, ditandai dengan munculnya bercak bulat atau lonjong, berbatas tegas antara yang kemerahan, bersisik, dan berbintil. Daerah tengahnya biasanya lebih "tenang", tak berbintil. Bila dibiarkan, bisa menjadi penyakit menahun, keluhannya pun jadi samar-samar hingga menimbulkan infeksi bakteri.
  8. Tinea cruris atau infeksi jamur di lipatan paha, daerah bawah perut, kelamin luar, selangkangan, dan sekitar anus. Penyakit yang satu ini kerap dianggap enteng, karena lebih enak digaruk ketimbang diobati. Tak jarang jamur selangkangan ini wujudnya menjadi tak karuan. Kulit selangkangan pun lebih legam, meradang dan basah bergetah, terutama jika jamur sudah ditunggangi infeksi oleh kuman lain.
  9. Candidosis. Infeksi jamur Candida sp. ini banyak menyerang kulit dan vagina kaum hawa. Umumnya tak berbahaya, meski dapat meradang. Kehadirannya ditandai dengan penebalan kulit, dadih putih bak kotoran, peradangan, dan sakit saat buang air kecil atau senggama.Penyakit jamur dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Setelah diobati dengan obat jamur, biasanya penyakit akan mereda, tapi kemudian kambuh lagi. Hal ini yang menimbulkan persepsi bahwa penyakit jamur sukar disembuhkan.
Sebenarnya penyakit jamur bisa disembuhkan. Hanya saja jamur kulit sering tidak diobati sampai tuntas dan salah memilih obat antijamur. Untuk pemilihan obat jamur dan anti parasit topikal yang tepat ada baiknya anda periksakan diri dan konsultasi ke dokter spesialis kulit.

Di apotik online seperti medicastore Anda dapat mencari obat jamur dan anti parasit topikal yang berbeda dengan isi yang sama secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat kulit sesuai dengan kemampuan anda.




sumber : medicastore
READ MORE - Selengkapnya

MINUM ES BISA BAKAR KALORI

"Jangan sering-sering minum air es, nanti perutnya buncit loo."
Selama ini pasti kita sering mendengar komentar semacam itu dan masih banyak orang beranggapan bahwa minum air es bisa menyebabkan kegemukan. Ternyata, hal itu cuma mitos belaka.

Menurut studi ilmiah, minum air es justru bisa membantu mempercepat pembakaran kalori saat proses metabolisme.

Benarkah demikian? Hal ini tentu meruntuhkan anggapan yang selama ini tertanam di benak banyak orang. Selama ini orang menghindari minum air dingin atau air dengan es batu untuk menghindari mitos kegemukan.

Penjelasannya ternyata sangat sederhana. Saat minum air es yang suhunya jauh di bawah suhu normal manusia yaitu 37 derajat celsius, tubuh kita harus melakukan penyesuaian. Yaitu dengan menyetarakan temperatur air es yang masuk ke tubuh menjadi sama dengan tubuh kita. Kita estimasikan saja suhu air es yang kita minum adalah nol derajat celsius. Maka diperlukan satu kalori untuk setiap peningkatan suhu air es satu derajat celsius

Jika kita minum 0.5 liter (16 ons) air, ada 473.18 gram air yang harus disetarakan suhunya. Jadi, dengan meminum setengah liter (16 ons) air es sehari, tubuh kita harus meningkatkan suhu 473.18 gram air dari nol derajat hingga 37 derajat celsius. Saat melakukannya, tubuh harus membakar 17.5 kalori.

Jika Anda mengikuti anjuran minum air putih delapan gelas sehari atau sekitar dua liter, akan lebih banyak kalori yang akan terbakar. Dua liter (64 ons) air sama dengan 1.882.72 gram. Menaikkan suhu air sebanyak 70 kalori.

Tapi jumlah kalori yang terbakar sebanyak itu belum signifikan jika Anda harus diet membakar 2000 kalori. Tentu saja Anda tetap harus mengimbanginya dengan olah raga teratur.



vvn
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT PARKINSON

Penyakit Parkinson adalah penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada otak, yaitu pada sistem saraf pusat otak manusia mengalami kemunduran. Pertama kali ditemukan oleh seorang dokter inggris yang bernama James Parkinson pada tahun 1887.
Penyakit ini merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami ganguan pergerakan. Penyakit Parkinson terjadi di seluruh dunia, jumlah penderita antara pria dan wanita seimbang. 5 – 10 % orang yang terjangkit penyakit parkinson, gejala awalnya muncul sebelum usia 40 tahun, tapi rata-rata menyerang penderita pada usia 65 tahun. Secara keseluruhan, pengaruh usia pada umumnya mencapai 1 % di seluruh dunia dan 1,6 % di Eropa, meningkat dari 0,6 % pada usia 60 – 64 tahun sampai 3,5 % pada usia 85 – 89 tahun.
Gejala Penyakit ParkinsonGejala pada penyakit ini antara lain:
  1. Gemetaran.Seseorang penderita penyakit parkinson pada saat beristirahat atau tidak melakukan aktivitas akan mengalami gemetaran. Gemetaran yang timbul dapat terjadi pada tangan, kaki, rahang, atau kapala.
  2. Kekakuan.Penderita akan mengalami rasa kaku pada otot, rasa sakit pada bahu, leher, dan sendi-sendi sehingga sulit untuk bergerak.
  3. Hilangnya reflek postural.Penderita akan mengalami ganguan keseimbangan tubuh.
  4. Kebekuan.Gejala ini mengacu terhadap ketidakmampuan untuk melakukan pergerakan yang aktif. Ketika akan berjalan, memutar, berjalan melalui jalan yang sempit penderita akan sulit utuk melakukannya.
  5. Gejala nonmotor (tidak berhubungan dengan pergerakan). Gejala ini juga timbul pada penderita penyakit parkinson antar lain penderita merasakan sakit seperti terbakar, perasaan geli, hilangnya motivasi, susah tidur, ataupun merasakan tekanan. Kebanyakan gejala ini akan memperparah penderita penyakit parkinson.

Penemuan Kilinis
Dari penemuan klinis, penderita penyakit parkinson mempunyai raut muka yang relatif tidak bergerak dengan celah pada kelopak mata melebar, jarang berkedip, dan terdapat guratan expresi tertentu pada wajah, keluar minyak (seborrhea) di kulit kepala dan muka, gemetaran di bibir dan mulut. Penemuan klinis lain dari penyakit ini adalah keluarnya air liur dari mulut, kekakuan pada otot tenggorokan sehingga sulit untuk menelan, sulit untuk bangun dari tempat duduk ketika akan berjalan, dan ketika berjalan akan berjalan dengan terseok-seok.

Penyebab Penyakit Parkinson
Penyakit parkinson terjadi ketika sel saraf atau neuron di dalam otak yang disebut substantia nigra mati atau menjadi lemah. Secara normal sel ini menghasilkan bahan kimia yang penting di dalam otak yang disebut dopamine. Dopamine adalah suatu bahan kimia yang dapat menghantarkan sinyal-sinyal listrik diantara substantia nigra dan di sepanjang jalur sel saraf yang akan membantu menghasilkan gerakan tubuh yang halus. Ketika kira-kira 80% sel yang memproduksi dopamine rusak, gejala penyakit parkinson akan nampak.

Diagnosa Penyakit Parkinson
Diagnosa penyakit parkinson didasarkan dengan pengambilan data-data riwayat pasien secara hati-hati dan dengan pemeriksaan fisik pasien yang dikaitkan dengan gejala-gejalanya. Hingga saat ini belum ditemukan test laboratorium atau alat pencitraan yang dapat mengkonfirmasi penyakit parkinson. Pencitraan resonansi magnetik atau yang dikenal dengan MRI mungkin menunjukan kondisi lain yang mempunyai gejala serupa dengan penyakit parkinson.5 Oleh karena itu pasien yang mempunyai gejala-gelaja serupa disarankan utuk mencari seorang ahli saraf pada penyakit parkinson.

Perawatan Penyakit Parkinson
Perawatan pada penderita penyakit parkinson bertujuan untuk memperlambat dan menghambat perkembangan dari penyakit itu. Perawatan ini dapat dilakukan dengan pemberian obat dan terapi fisik seperti terapi berjalan, terapi suara/berbicara dan pasien diharapkan tetap melakukan kegiatan sehari-hari.
Beberapa obat yang diberikan pada penderita penyakit parkinson:
  1. AnticholinergicsBenztropine ( Cogentin), trihexyphenidyl ( Artane).Berguna untuk mengendalikan gejala dari penyakit parkinson. Untuk mengaluskan pergerakan.
  2. Carbidopa/levodopaLevodopa merupakan pengobatan utama untuk penyakit parkinson. Di dalam otak levodopa dirubah menjadi dopamine. Obat ini mengurangi tremor, kekakuan otot dan memperbaiki gerakan. Penderita penyakit parkinson ringan bisa kembali menjalani aktivitasnya secara normal. Levodopa diberikan bersama carbidopa untuk meningkatkan efektivitasnya & mengurangi efek sampingnya.
  3. COMT inhibitorsEntacapone (Comtan), Tolcapone (Tasmar).Untuk mengontrol fluktuasi motor pada pasien yang menggunakan obat levodopa.
  4. Dopamine agonistsBromocriptine (Parlodel), Pergolide (Permax), Pramipexole (Mirapex),Obat ini di berikan pada awal pengobatan, dan sering kali ditambahkan pada pemberian levodopa untuk meningkatkan kerja levodopa atau diberikan kemudian ketika efek samping levodopa menimbulkan masalah baru.
  5. MAO-B inhibitorsSelegiline (Eldepryl), Rasagaline (Azilect). Berguna untuk mengendalikan gejala dari penyakit parkinson. Untuk mengaluskan pergerakan.
  6. Amantadine (Symmetrel) Berguna untuk perawatan akinesia, dyskinesia, kekakuan, gemetaran.Selain terapi obat yang diberikan, pemberian makanan harus benar-benar diperhatikan, karena kekakuan otot bisa menyebabkan penderita mengalami kesulitan untuk menelan sehingga bisa terjadi kekurangan gizi (malnutrisi) pada penderita. Makanan berserat akan membantu mengurangi ganguan pencernakan yang disebabkan kurangnya aktivitas, cairan dan beberapa obat.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT BUTA WARNA

Buta warna adalah suatu kondisi ketika sel-sel retina tidak mampu merespon warna dengan semestinya.
Sel-sel kerucut di dalam retina mata mengalami pelemahan atau kerusakan permanen.

A. Klasifikasi buta warna :

1. Trikromasi

Yaitu mata mengalami perubahan tingkat sensitivitas warna dari satu atau lebih sel kerucut pada retina. Jenis buta warna inilah yang sering dialami oleh orang-orang. Ada tiga klasifikasi turunan pada trikomasi:
  • Protanomali, seorang buta warna lemah mengenal merah
  • Deuteromali, warna hijau akan sulit dikenali oleh penderita
  • Trinomali (low blue), kondisi di mana warna biru sulit dikenali penderita.

2. Dikromasi

Yaitu keadaan ketika satu dari tiga sel kerucut tidak ada. Ada tiga klasifikasi turunan:Protanopia, sel kerucut warna merah tidak ada sehingga tingkat kecerahan warna merah atau perpaduannya kurang

  • Deuteranopia, retina tidak memiliki sel kerucut yang peka terhadap warna hijau
  • Tritanopia, sel kerucut warna biru tidak ditemukan.

3. Monokromasi

Monokromasi sebenarnya sering dianggap sebagai buta warna oleh orang umum. Kondisi ini ditandai dengan retina mata mengalami kerusakan total dalam merespon warna. Hanya warna hitam dan putih yang mampu diterima retina.

B. Penyebab Buta Warna

Buta warna adalah kondisi yang diturunkan secara genetik. Dibawa oleh kromosom X pada perempuan, buta warna diturunkan kepada anak-anaknya. Ketika seseorang mengalami buta warna, mata mereka tidak mampu menghasilkan keseluruhan pigmen yang dibutuhkan untuk mata berfungsi dengan normal.

C. Fakta-fakta tentang Buta Warna

  1. Buta warna lebih sering terjadi pada seseorang berjenis kelamin lelaki dibandingkan perempuan. Sebanyak 99% seorang buta warna tidak mampu membedakan antara warna hijau dan merah. Juga ditemukan kasus penderita yang tak bisa mengenali perbedaan antara warna merah dan hijau.
  2. Cacat mata ini merupakan kelainan genetik yang diturunkan oleh ayah atau ibu.
  3. Belum dapat dipastikan berkaitan jumlah penderita, akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan sebesar 8 -12% lelaki Eropa adalah pengidap buta warna. Sementara persentase perempuan Eropa yang buta warna adalah 0,5 -1%. Tingkat buta warna di benua lain tentu bervariasi.
  4. Tidak ada cara untuk mengobati buta warna, karena ia bukan penyakit melainkan cacat mata. Bisa jadi seorang buta warna akan merasa tersiksa dengan keadaan ini. Sebagian perusahaan menetapkan syarat bahwa pekerjanya harus tidak buta warna.
  5. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita buta warna, dilakukan tes dengan menggunakan plat bernama Ishihara.
  6. Sering kali orang awam menganggap penyandang buta warna hanya mampu melihat warna hitam dan putih, seperti menonton film bisu hitam putih. Anggapan ini sebenarnya salah besar.
  7. Banteng ternyata buta warna. Kesan yang ditimbulkan warna merah mengakibatkan binatang tersebut melonjak emosinya, bukan akibat warna merah itu sendiri.
  8. Pada Perang Dunia II, serdadu yang buta warna dikirim untuk melakukan misi tertentu. Ketidakmampuan mereka untuk melihat warna hijau dialihfungsikan untuk mendeteksi adanya kamuflase yang dilakukan pihak lawan.
  9. Artis terkenal yang buta warna diantaranya adalah Mark Twain, Paul Newman, Meat Loaf, Bing Cosby, Bob Dole.
  10. Setiap orang terlahir buta warna saat pertama kali lahir.
  11. Emerson Moser, pembuat krayon senior, mengaku bahwa dirinya buta warna hijau-biru dan tidak mampu melihat warna secara keseluruhan.
    Penyandang buta warna selalu dihantui oleh pertanyaan "Warna apakah ini?"
READ MORE - Selengkapnya

Mengurangi rasa sakit pada mulut dan lidah akibat panas dalam / sariawan pada anak-anak

Panas dalam atau sariawan merupakan masalah yang sering menimpa anak-anak dan tidak sedikit Orang tua mudah panik apalagi jika anak mereka yang terserang panas dalam tersebut tidak mau makan dan minum lagi.

Untuk itu jika gejala panas dalam tersebut sudah menunjukkan ciri-ciri seperti :
1. bibir pecah-pecah
2. Rongga mulut terjadi bercak-bercak merah
3. Lidah dan saluran tenggorokan terlihat titik-titk merah

Maka apabila gejala panas dalam atau sariwan tersebut sudah menunjukkan gejala seperti yang saya sebutkan diatas memang biasanya anak yang terserang panas dalam tersebut tenggorokannya menjadi sangat kesakitan bila diberikan makanan dan minuman sehingga mereka menjadi tidak mau makan dan minum.

Untuk itu salah satu pengobatan alternative panas dalam yang mempunyai ciri-ciri yang saya sebutkan diatas tadi adalah Anda hanya cukup memberikan satu sendok teh susu kambing murni yang diperas dari kambing yang lagi menyusui..

Biasanya setelah air susu kambing tersebut diberikan sebanyak dua kali saja maka rasa sakit akibat panas dalam tersebut akan berangsur-angsur berkurang dan anak Anda tersebut tidak akan mengalami rasa sakit lagi jika diberikan minuman dan makanan untuk mengobati panas dalamnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda….

READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT INFEKSI

Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit. Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain.
Orang yang sehar harus dihindarkan dari orang-orang yang menderita penyakit dari golongan ini
Penyebab utama infeksi diantaranya adalah bakteri dan jasad hidup (organisme). Kuman-kuman ini menyebar dengan berbagai cara dan vektor

A. Contoh-contoh penyakit infeksi :

1. Penyebab penyakit adalah bakteri (jasad renik atau kuman)
  • TBC : ditularkan melalui udara
  • Tetanus : melalui luka yang kotor
  • Mencret : lalat, air dan jari yang kotor
  • Pneumonia: lewat batuk (udara)
  • Gonorrhea dan sifilis : hubungan kelamin
  • Sakit telinga : dengan selesma (masuk angin dan pilek)

2. Penyebab penyakit adalah virus (kuman yang lebih kecil daripada bakteri)

  • Selesma, influensa, campak, gondok : ditularkan melalau udara, batuk, ataupun lalat
  • Rabies : melalui gigitan binatang
  • Penyakit kulit : melalui sentuhan

3. Jamur

  • kurap, kutu air, dan gatal pada lipatan paha: ditularkan melalu sentuhan atau dari pakaian yang dipakai secara bergantian

4. Parasit internal (hewan yang berbahaya yang hidup di dalam tubuh)

  • Disentri: ditularkan dari kotoran ke mulut
  • Malaria: melalui gigitan nyamuk

5. Parasit eksternal (hewan yang berbahaya yang hidup pada permukaan tubuh)

  • Kutu rambut, kutu hewan, kutu busuk berupa kudis: penularannya dari orang-orang yang telah terinfeksi atau melalui pakaian.

B. Pengobatan Infeksi dengan Antibiotika

Terkadang antibiotika merupakan obat yang mujarab dan penting untuk mengatasi infeksi. Antibiotika yang sering digunakan dan ditemui di pasaran adalah penicillin, tetracycllin streptomycin, dan chloramphenicol. Masing-masing antibiotika bekerja dengan cara berlainan terhadap suatu infeksi khusus.

Akan tetapi, antibiotika juga memiliki efek samping dan perlu digunakan secara hati-hati. Dan perlu digunakan secara terbatas dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Reaksi dan efek peracunan

Antibiotik tidak hanya membunuh bakteri, tetapi juga berbahaya bagi tubuh. Efek peracunannya maupun karena kemungkinan terjadi alergi sangat besar. Banyak orang meninggal dunia setiap tahunnya karena mereka menggunakan antibiotik yang sebetulnya tidak diperlukan bagi dirinya.

2. Mengganggu keseimbangan alami

Tidak semua bakteri di dalam tubuh bersifat membahayakan. Sebgaian di antaranya diperlukan oleh tubuh agar dapat berfungsi secar wajar. Antibiotik sering kali mematikan bakteri yang bergunan bagi tubuh bersama-sama dengan bakteri yang berbahaya. Bayi yang mendapat antibiotika kerapkali mengalami infeksi jamur pada mulutnya atau kulitnya. Keadaan ini dikarenakan bakteri yang sedianya membantu mengendalikan pertubuhan ikut terbunuh oleh antibiotika.

3. Kekebalan terhadap pengobatan

Dalam jangka panjang, alasan yang paling penting mengapa penggunaan antibiotika harus dibatasi ialah khasiatnya berkurang jika antibiotika digunakan terlalu sering. Apabila bakteri diserang berkali-kali dengan antibiotik yang sama, bakteri tersebut menjadi lebih kuat dan menjadi imun.

Peringatan :

Jangan menggunakan antibiotika untuk infeksi yang dapat diatasi oleh tubuh sendiri. Simpanlah antibiotika tersebut untuk saat-saat yang sangat diperlukan.

READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT ASAM URAT

Asam urat terjadi jika kadar uric acid di dalam ginjal tubuh terlalu berlebihan. Ginjal yang semestinya memfilter uric acid dan melepaskannya ke luar dari tubuh, gagal untuk bekerja secara normal.
Kadar uric acid yang tinggi di dalam darah akan menyebabkan kristal padat mengumpul di berbagai persendian. Ini menyebabkan rasa sakit pada si penderita.
Jika hal ini dibiarkan begitu saja, kristal-kristal uric acid akan menyebabkan pula kerusakan pada batu ginjal. Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar purin adalah:

  1. Alkohol
  2. Ikan hearing, sarden dan sebangsanya
  3. Telur
  4. Jeroan; semua bagian yang terdapat dalam perut hewan: usus, hati, jantung, babat, dan limpa.

Catatan : Mengonsumsi jeroan secara berlebihan akan menyebabkan memperburuk kerja enzim hipoksantin dalam mengolah purin

A. Fakta-fakta seputar asam urat

  1. Tidak semua keluhan sakit sendi dan bengkak yang mengikutinya berarti seseorang mengalami sakit asam urat. Untuk memastikan apakah benar orang tersebut sakit asam urat, hendaknya diperiksakan ke dokter.
  2. Lebih sering diderita oleh pria, sementara kaum perempuan jarang sekali ditemukan kasusnya kecuali pada masa setelah menopause. Kaum perempuan jarang menderita penyakit asam urat karena memiliki hormon estrogen yang berfungsi membantu pembuangan asam lewat urine.'
  3. Iklan obat yang menawarkan penyembuhan terhadap sakit asam urat semakin mengacaukan pandangan umum terhadap kebenaran penyakit tersebut.
  4. Kristal-kristal asam (uric acid) dihasilkan oleh metabolisme purin, salah satu komponen asam nukleat ang terdapat pada inti sel-sel tubuh.
  5. Secara alamiah, purin sudah dihasilkan oleh tubuh sebesar 85%. Jadi hanya dibutuhkan 15% purin yang berasal dari asupan makanan.
  6. Makanan yang berasal dari hewan menghasilkan purin lebih besar dibandingkan makanan dari tumbuh-tumbuhan. Ini mengakibatkan orang yang suka makan daging lebih rentan untuk terjangkit penyakit asam urat.
  7. Suku Maori memiliki prevalensi menderita penyakit asam urat paling besar di dunia. Sedangkan di Indonesia, penyakit asam urat diderita oleh masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.


B. Penggolongan penyakit asam urat

1. Penyakit gout primer

Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Bisa merupakan gabungan dari faktor genetik dan hormonal yang mengakibatkan produksi uric acid berlebihan sehingga menganggu metabolisme tubuh.

2. Penyakit gout sekunder

Ini disebabkan oleh cara mengonsumsi makanan yang tidak tepat. Orang yang menderita penyakit gout sekunder cenderung teledor dalam memilih makanan, lebih menyukai menyantap hidangan daging yang berpotensi meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh

C. Penyebab penyakit Asam Urat

  1. Penyakit darah (penyakit sunsum tulang, polisitemia)
  2. Penggunaan obat terlarang dan minuman beralkohol
  3. Obesitas/Kegemukan
  4. Penderita diabetes mellitus juga berpotensi memiliki penyakit asam urat

D. Kadar Uric Acid di dalam Darah

Pencatatan kadar uric acid di dalam darah dari laboratorium satu ke laboratorium lain beragam. Tergantung kondisi tubuh si pasien saat melakukan tes darah. Hasil biasanya bisa diperoleh antara 1 sampai 2 hari.

1. Untuk laki-laki :

3,4 - 7,0 miligram per desi Liter (mg/dL)Atau 200 - 420 mikromol per Liter (mcmol/L)

2. Untuk perempuan :

2,4 - 6,0 mg/dLAtau 140 - 360 mcmol/L

3. Untuk anak-anak :

2,5 - 5,5 mg/dLAtau 120 - 330 mcmol/L

READ MORE - Selengkapnya

GEJALA DEMAM ATAU PANAS PADA ANAK-ANAK

Demam merupakan masalah yang sering menimpa anak-anak dan tidak sedikit membuat sebagai orang tua mudah panik sehingga langsung ke dokter anak dan berharap agar cepat sembuh.
Sebenarnya kalau kita tahu apa itu demam dan cara mengatasinya, tidak selalu kita harus ke dokter loh...
Lalu apa sih demam itu?
Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh anak mencapai lebih dari 38C dan prosesnya terdiri dari 3 fase, yaitu
(1) menggigil sampai suhu tubuh mencapai puncaknya
(2) suhu menetap dan
(3) suhu menurun.
Demam juga merupakan mekanisme tubuh untuk melawan penyakit, karena suhu tubuh yang tinggi dapat membunuh virus (yang bisa meningkat jumlahnya pada suhu tubuh rendah). So better not to treat low grade fever. Bagaimana bisa timbul demam? Peningkatan suhu tubuh ditimbulkan oleh beredarnya molekul kecil didalam tubuh kita yang disebut PIROGEN (zat pencetus panas). Zat ini juga berguna untuk mengerahkan sel darah putih ke lokasi infeksi dan terjadinya peningkatan pirogen ini bisa disebabkan karena;
  1. Infeksi atau
  2. Non Infeksi, seperti alergi, tumbuh gigi, keganasan, autoimun (adanya kesalahan "program" di dalam tubuh dimana organ tubuh kita disangka sebagai "musuh" dan diserang oleh sistem kekebalan tubuh kita sendiri) dan lain2.
Diantara kedua penyebab diatas, demam lebih sering disebabkan karena infeksi, bisa oleh bakteri atau virus, infeksi ini disebabkan oleh virus , terutama pada bayi dan anak . Jadi bisa disimpulkan bahwa demam bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu gejala....dan gejala tidak akan hilang apabila penyebabnya tidak ditangani.
Makanya ketika anak diberikan obat penurun panas (tempra, panadol), dalam beberapa jam panasnya naik lagi, ini terjadi karena obat penurun panas tidak menyembuhkan penyakitnya. Lalu apa dong gunanya minum obat penurun panas? gunanya adalah supaya menurunkan suhu tubuh, agar suhu tubuh tidak terus meningkat dan supaya anak merasa nyaman (pain killer), tetapi bukan untuk menormalkan suhu tubuh!
Sekali lagi mohon di ingat - demam bukan penyakit - demam adalah gejala & yang terpenting - cari penyebabnya. Kalau penyebabnya infeksi virus seperti pilek atau flu, obatnya hanya waktu dan beberapa pegangan di bawah ini. Jangan berikan antibiotik karena antibiotik tidak dapat membunuh virus
Cara mengatasi demam
  • Minum banyak, karena demam dapat menimbulkan dehidrasi (baca "kerugian yg dapat terjadi karena demam").
  • Kompres anak dengan air hangat. Kok bukan dengan air dingin? karena apabila diberi air dingin, otak kita akan menyangka bahwa suhu diluar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhunya dengan cara menggigil sehingga memproduksi panas. Akibatnya suhu tubuh anak bukannya turun, melainkan tambah panas. Cara melakukan kompres: taruh anak di bath tub mandi dengan air hangat (30-32C) atau usapkan air hangat disekujur tubuh anak. Kalau anak menolak, duduk di bath tub beri mainan & ajak bermain.
  • Beri obat penurun panas, acetaminophen atau paracetamol seperti tempra, panadol, atau paracetol, tylenol, sesuai dosis. Kapan obat penurun panas diberikan? Bila suhu di atas 38.5C, atau bila anak uncomfortable. Sebaiknya jangan berikan obat demam apabila panasnya tidak terlalu tinggi (dibawah 38.5C).
Kerugian yang dapat terjadi karena demam
  1. Dehidrasi Tanda2nya: ubun2 cekung, kencingnya sedikit dan apabila punggung tangannya dicubit, kulitnya lambat kembali. Yang harus dilakukan: beri minum yang banyak, jus buah, es batu atau es krim. Apabila anak muntah atau diare, berikan oralit, pedialite, atau kalau sudah di atas usia 1 tahun tetapi tidak menyukai pedialit atau oralit, dapat diberikan pocari sweat atau gatorade (yang penting minuman yg mengandung elektrolit).
  2. Kejang Demam(Febrile convulsion) Jarang terjadi, terutama pada anak usia antara 6 bulan - 3 tahun. Tanda2nya: hilang kesadaran, kedua tangan kakinya bergerak dalam waktu yang sebentar (istilah nya kejang yg menyeluruh atau generalized, tidak hanya satu sisi saja atau tangan saja atau kaki saja), biasanya berlangsung beberapa detik dan tidak lebih dari 5 menit. Berbeda dgn kejang yg disebabkan epilepsi (kejang nya lama, tidak harus seluruh anggota tubuh yang mengalami kejang, dan setelah kejang tidak sadar) or radang otak akibat herpes simplex yg tanda2nya: hanya sebelah tangan kakinya yg bergerak dan terjadi dlm waktu lama, lebih dr 10 menit, dan setelah kejang pasien tidak sadar.
Walau nampak menakutkan, kejang demam umumnya tidak berbahaya, namun begitu apabila anak mengalami kejang, sebaiknya dibawa ke dokter. Ada obat yang dapat mengurangi kejangnya, seperti diazepam atau valium yang berguna untuk merelaksasi otot. Tapi harus diberikan ketika terjadi kejang, tidak berguna apabila diberikan sebelum atau sesudah kejang.
Prinsip dalam menangani demam
Dibawah ini merupakan hal-hal yang harus kita lakukan apabila anak demam as recommended by Mayo Clinic USA dan AAP )American Academy of Pediatrics):
  • Cari tahu penyebab panasnya.
  • Don't panic! umumnya demam tidak membahayakan jiwa.
  • Amati perilaku anak. Bila pada suhu tidak terlalu tinggi anak masih riang, aktif dan mau main, maka kita tidak perlu panik.
  • Jangan memberikan obat penurun panas bila demam tidak tinggi. - Mengetahui kapan harus cemas dan menghubungi dokter (lihat dibawah).
Kapan harus menghubungi dokter?
Dibawah adalah panduan yang dibuat oleh American Academy of Pediatrics: - Bila bayi berusia kurang dr 3 bln dgn suhu tubuh mencapai 38C atau lebih.
  • Bila bayi berusia 3-6 bln dgn suhu tubuh mencapai 38.3C atau lebih. zBila bayi & anak berusia lebih 6 bln dgn suhu tubuh mencapai 40C atau lebih.
  • Tidak mau minum/ telah mengalami dehidrasi.
  • Menangis terus menerus.
  • Tidur terus menerus.
  • Kejang
  • Sesak nafas, gelisah, muntah or diare.

    TIPS ALAMI UNTUK ATASI DEMAM PADA ANAK


READ MORE - Selengkapnya

PENGOBATAN RADANG USUS BUNTU, DISENTRI, BERAK DARAH

Gendola merupakan tanaman obat yang berkhasiat dan bermanfaat sebagai obat tradisional yang mudah kita ramu sendiri. Berikut penjelasan singkat tentang tanaman dan pemakaiannya sebagai obat tradisional. Dan saya harap Anda paham dengan uraian berikut.

Penyakit Yang Dapat Diobati :
  • Radang usus buntu
  • Disentri
  • Berak darah
  • Influenza
  • Sembelit
  • Radang kandung kencing,
  • Borok
  • Bisul
  • Abses
  • Campak (measles)
  • Cacar air
  • Pegal linu
  • Reumatik
  • Radang selaput mata
Pemanfaatan :BAGIAN YANG DIPAKAI: Seluruh tanaman.

KEGUNAAN:
Seluruh tanaman:
  • Radang usus buntu (appendicitis), disentri, berak darah.
  • Radang kandung kencing, kencing sedikit dan sakit(anyang-anyangan).
  • Influenza.
  • Sembelit.
  • Borok, bisul dan abses.
Bunga:
  • Campak (measles),
  • cacar air (varicella).
  • Puting susu pecah-pecah.
Akar :
  • Pegal linu,
  • rematik.
Buah :
Radang selaput mata (conjungtivitis).
PEMAKAIAN:
Untuk minum: Seluruh tanaman sebanyak 15-30 g, atau30 g akar, direbus.
CARA PEMAKAIAN:
  1. Radang usus, buntu:Seluruh tanaman gendola sebanyak 60-70 gram dicuci bersih,potong-potong, Ialu direbus dengan air bersih secukupnya sampaibahan terendam seluruhnya. Setelah airnya sisa setengah, angkatdan dinginkan, Ialu diminum.
  2. Influenza:15 g daun segar dicuci Ialu direbus dengan 2 gelas air bersih sampaitersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan sedikit garamdan diaduk sampai larut. Minum.
  3. Sembelit: Daun segar dimasak, makan.
  4. Kencing sedikit :70 gram daun segar dicuci bersih, rebus dengan air secukupnya.Setelah dingin diminum seperti air teh.
  5. Berak darah:25 gram tanaman gendola, 35 gram kapulaga dan seekor ayambetina tua yang telah dibuang kepala, kaki dan jeroannya, dimasakdengan air secukupnya.
  6. Dada terasa panas dan sesak:70 gram gendola segar direbus dengan air secukupnya sampaikental. Campur dengan arak, minum.

Sekian semoga bermanfaat dan penyakit kerabat anda sembuh, dapatkanlah manfaat dan khasiat obat tradisional dari tanaman obat Gendola dengan mudah bila anda berinisiatif untuk menanam sendiri di rumah anda, bisa anda tanam di depan rumah atau di kebun belakang.

READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT BERAK DARAH DAN MELENA

Berak darah atau biasa disebut hematochezia ditandai dengan keluarnya darah berwarna merah terang dari anus, dapat berbentuk gumpalan atau telah bercampur dengan tinja. Sebagian besar berak darah berasal dari luka di usus besar, rektum, atau anus. Warna darah pada tinja tergantung dari lokasi perdarahan. Umumnya, semakin dekat sumber perdarahan dengan anus, semakin terang darah yang keluar. Oleh karena itu, perdarahan di anus, rektum dan kolon sigmoid cenderung berwarna merah terang dibandingkan dengan perdarahan di kolon transversa dan kolon kanan (lebih jauh dari anus) yang berwarna merah gelap atau merah tua.

Pada beberapa penderita, darah yang keluar berwarna hitam, lengket, dan berbau busuk. Tinja yang hitam lengket dan berbau tersebut disebut melena. Melena terjadi jika darah berada dalam usus besar dalam jangka waktu lama sehingga bakteri akan mengurainya menjadi senyawa kimia (hematin) yang berwarna hitam. Oleh karena itu, melena biasanya menandakan perdarahan dari saluran cerna bagian atas (misalnya, perdarahan dari ulkus lambung atau duodenum).

Kadang-kadang, perdarahan dari saluran perncernaan sangat sedikit atau berlangsung perlahan-lahan sehingga tidak menimbulkan berak darah atau melena. Keadaan ini dinamakan perdarahan samar (tidak bisa dilihat dengan mata telanjang). Darah hanya dapat diketahui dengan memeriksa tinja di laboratorium. Penyebab perdarahan samar biasanya sama dengan perdarahan rektal atau melena, bedanya hanya pada intensitasnya dan durasi yang berlangsung perlahan.

Semua jenis perdarahan di atas dapat menyebabkan anemia akibat hilangnya zat besi bersama darah (anemia defisiensi besi).
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT BERAK DARAH

Banyak orang takut kalau melihat darah. Belum lagi kalau darah itu berasal dari badannya sendiri. Apalagi terjadi secara mendadak terasa tanpa penyebab sebelumnya, darahnya darah segar, mengucurnya deras… banyaaak lagi! Jika itu anda alami untuk pertama kalinya ketika anda buang hajat di toilet, wah..wah… yakin deh, anda pasti kaget!

Tapi jangan panik dulu! Anda sebaiknya tahu apa yang terjadi pada diri anda. Dari mana darah itu berasal, sudah seberapa parahkah, apa yang perlu anda lakukan dan apa yang kira-kira dokter bisa lakukan untuk menolong anda serta yang paling penting bisakah itu dihilangkan atau disembuhkan. Berak darah bisa berasal dari hal yang sepele, cuma luka kecil di anus sampai hal yang berat seperti kanker yang membuat kesempatan anda untuk hidup sudah bisa diprediksi…

Dari warna darah dan kenceng kucurannya bisa ditentukan dari bagian mana darah itu berasal. Jika darah yang keluar merah segar, tidak bercampur dengan tinja apalagi kucurannya kencang dapat dipastikan asalnya tidak jauh dari permukaan anus yang penyebabnya karena pembuluh darah yang pecah dan kebanyakan itu bersumber dari hemoroid atau wasir. Secara logika dapat kita perkirakan kalau darah itu menetes dan menyusul setelah keluarnya satu faeces yang keras. Lain halnya perdarahan yang bermula dari usus besar di bagian pangkal, akan hanya tampak faeces yang kehitaman. Atau darah kehitaman dengan bau yang sangat amis bisa diduga akibat perdarahan yang terjadi di lambung atau usus halus.

Lalu, bagaimana tahu hal itu secara pasti. Di dunia kedokteran ada beberapa tool atau alat bantu untuk mendeteksi sumber perdarahan tersebut, letak, bentuk bahkan sekalian mengetahui kandungan sel-selnya melalui jalan biopsi. Pemeriksaan penunjang itu adalah endoscopy berupa sigmoidoscopy, colonoscopy atau ada juga yang kurang invasive seperti ct scan cyclical multislice.
Apa saja penyakit yang memungkinkan gejala berak darah ini? Tentu di samping keluhan pasien, seorang dokter mengarahkan perkiraan ini berdasarkan juga data yang lain, seperti pola buang air besar sebelumnya, ada tidaknya rasa nyeri, usia, turunan dan keadaan fisik lainnya. Jika belum yakin kelainannya apa, barulah dibutuhkan pemeriksaan penunjang seperti di atas. Tidak kurang dari 80% kasus berak darah yang berasal dari anus pada orang dewasa berasal dari hemoroid. Kemungkinan lain adalah infeksi, divertichel, polips, ulcus dan lain-lain. Jika kejadiannya pada orang tua harus dipertimbangkan kemungkinan suatu keganasan atau kanker usus.

Untuk lebih jelasnya, temui dokter bedah yang terdekat…
READ MORE - Selengkapnya

INFORMASI MENGENAI PENYAKIT TULANG


Permasalahan mengenai penyakit tulang adalah sangat kompleks, mengenai kategori, secara umum penyakit pada tulang seperti penyakit pada anggota tubuh lainnya dapat digolongkan sebagai berikut:


  1. Kelainan bawaan, misal:osteogenesis imperfecta, sindrom marfan, sindrom Aperts, dll

  2. Radang/inflamasi, baik yang spesifik seperti osteomielitis TBC, osteomielitis sypilis, maupun yang non spesifik.

  3. Trauma, berbagai macam patah tulang akibat kecelakaan dan sebagainya.

  4. Tumor, berbagai tumor jinak dan ganas, primer dan sekunder termasuk dalam dalam golongan ini.

  5. Degeneratif. Kelainan ini bisa primer akibat proses menua, atau sekunder akibat kelainan tulang yang lain. Contoh: low back pain, cervical pain, neck shoulder arm syndrom, dll

  6. Termasuk di sini penyakit yang tidak dapat digolongkan dalam kategori di atas, seperti avitaminosis, kelainan metabolik (seperti kelainan tulang pada hiperparatiroid, dll), kelainan tulang yang belum diketahui sebabnya (seperti paget̢۪s disease of the bone), dll.
Mengenai gejala dan penatalaksanaan, tentu berdasarkan penyakitnya, ada yang bisa dengan obat-obatan atau dengan bedah, penyinaran, dll. Ada yang dapat diobati berdasarkan penyebabnya, ada juga yang hanya berdasarkan gejala yang timbul (simtomatis).

Untuk lebih jelasnya kita dapat membaca literatur kedokteran tentang penyakit tulang ini. Kita dapat menemukannya pada buku-buku patologi, bedah, reumatologi, dan orthopedi.

Salah satu buku yang dapat kita baca adalah : Textbook of Disorder and Injuries of the Musculoskeletal System, karangan Salter Robert. B.

Demikian disampaikan, semoga bermanfaat.
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT ASAM URAT


Asam Urat yang sering kita dengar dengan istilah GOUT adalah penyakit di mana terjadi penumpukan asam urat dalam tubuh secara berlebihan, baik akibat produksi yang meningkat, pembuangannya melalui ginjal yang menurun, atau akibat peningkatan asupan makanan kaya purin. Gout terjadi ketika cairan tubuh sangat jenuh akan asam urat karena kadarnya yang tinggi. Gout ditandai dengan serangan berulang dari arthritis (peradangan sendi) yang akut, kadang-kadang disertai pembentukan kristal natrium urat besar yang dinamakan tophus, deformitas (kerusakan) sendi secara kronis, dan cedera pada ginjal.


Gout secara tradisional dibagi menjadi bentuk primer (90 persen) dan sekunder (10 persen). Gout primer adalah kasus gout di mana penyebabnya tidak diketahui atau akibat kelainan proses metabolisme dalam tubuh. Gout sekunder adalah kasus di mana penyebabnya dapat diketahui. Sekitar 90 persen pasien gout primer adalah laki-laki yang umumnya berusia lebih dari 30 tahun, sementara gout pada wanita umumnya terjadi setelah menopause. Diperkirakan bahwa gout terjadi pada 840 orang setiap 100.000 orang. Gout sangat terkait dengan obesitas, hipertensi, hiperlipidemia, dan diabetes mellitus.


Sejak dahulu masyarakat percaya bahwa konsumsi makanan tertentu dapat menimbulkan penyakit asam urat, misalnya jeroan, emping, dan bayam. Dengan demikian, banyak orang yang pernah menderita radang sendi, tanpa mengetahui penyebab radang sendinya, selalu berupaya menghindari makanan tersebut. Atau jika ingin mengonsumsi makanan tersebut, mereka meminum obat atau ramuan tradisional untuk menurunkan kadar asam uratnya.


Ada beberapa jenis makanan yang diketahui kaya purin, antara lain daging, baik daging sapi, babi, kambing, atau makanan dari laut (seafood), kacang-kacangan, bayam, jamur, dan kembang kol. Tenaga kesehatan umumnya selalu menyarankan untuk menghindari atau mengurangi konsumsi makanan tersebut. Akan tetapi, sampai beberapa tahun yang lalu belum ada bukti nyata yang mendukung hal itu.


Tubuh manusia adalah perwujudan mikro dari alam semesta. Ketika alam semesta rusak oleh keserakahan manusia, yang pada akhirnya menanggung segala akibatnya adalah manusia itu sendiri. Banjir bandang, longsor, kebakaran hutan, dan lain-lain hanyalah akibat dari keserakahan manusia. Tubuh dengan segala interaksinya juga mengajarkan kepada kita bahwa keserakahan/kerakusan pada akhirnya akan merusak diri kita sendiri


sumber : http://www.depkes.go.id
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails