Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

APA SEBAB DAN CARA MENGHINDARI SENDAWA

DALAM dunia medis, bersendawa dikenal dengan istilah aerophagia. Meskipun bukan penyakit, bersedawa bisa membuat Anda tidak nyaman dan malu. Untuk itu perlu diketahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi gangguan ini, berikut beberapa cara sederhana yang bisa menjadi pilihan Anda.

Diet
Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain-lain. Karena itu, perhatikan diet Anda selama beberapa hari untuk mengenali tipe makanan yang membuat Anda bersendawa. Cara ini bisa membantu Anda mendisain diet yang mengurangi sendawa.

Asupan udara
Menelan terlalu banyak udara melalui mulut merupakan salah satu penyebab sendawa. Udara bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

Minum susu dingin saat perut kosong
Cara ini sangat berguna jika pembentukan gas diakibatkan oleh kelebihan atau konsumsi obat-obat keras. Di sisi lain, sendawa juga bisa disebabkan oleh intoleransi laktosa (gangguan pencernaan setelah minum susu atau produk susu). Karena itu, ada baiknya mengamati reaksi tubuh setelah minum susu dan menentukan penggunaan selanjutnya berdasarkan reaksi tubuh.

Namun jangan khawatir dengan sendawa, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

Hindari berbaring segera setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati berlutut selama 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya terlalu banyak udara.

Konsumsi biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.

Cobalah olahraga sederhana yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada Anda. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dinyatakan bisa membuat Anda merasa lebih baik dan memunkinkan udara keluar dari perut.

Duduk tegak setelah makan akan memaksa udara ke atas sehingga mudah dikeluarkan dengan bersendawa. Sedang posisi berbaring akan menahan udara di dalam, membuat Anda tidak nyaman
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APA SEBAB DAN CARA MENGHINDARI SENDAWA"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner