Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Tanaman dataran rendah ini ditanam sebagai pohon buah. Tingginya bisa mencapai sekitar 15-25 m dan memiliki banyak cabang. Daunnya majemuk menyirip dengan letak yang berseling. Bunga yang berwarna hijau muda, tersusun pada tandan di ujung ranting dan berbau harum.

Bentuk buah bulat lonjong, dengan duri bengkok menempel. Kulit buah berwarna hijau, dan menjadi kuning atau merah jika buah sudah masak. Semenatra biji berbentuk elips, terbungkus daging buah berwarna putih transparan, banyak mengandung air dan dapat dimakan. Rasa buah pun bervariasi dari masam hingga manis.

Kandungan :

Buah pada tanaman tropis ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C. Kandungan tanin dan saponin terdapat pada bagian kulit buah dan daun. Sementara bijinya mengandung lemak dan polifenol.

Khasiat :

Rambutan yang memerlukan iklim lembab untuk tumbuh ini, memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kulit buah dari tanaman ini dapat digunakan sebagai penurun panas dan obat disentri. Daunnya dapat menyembuhkan diare dan menghitamkan rambut. Sedangkan biji buah berkhasiat menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik).

Pengobatan :

* Kencing manis
Sediakan 5 (lima) biji rambutan lalu gongseng dan giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus 1--2 kali sehari.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails