Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENGOBATAN RABUN SENJA DENGAN WORTEL

Untuk mencegah penyakit rabun senja, sebaiknya kenali anak2 tentang manfaat dan kandungan vitamin yang terdapat pada setiap buah. Pengenalan itu seharusnya tidak hanya di sekolah, tapi juga diterapkan di rumah. Hal itu bisa menurunkan jumlah penderita rabun senja.

Untuk mendapatkan makanan sehat, memang terkadang membutuhkan biaya lebih mahal. Namun, dari beberapa jenis sayuran bisa dikonsumsi tanpa mengeluarkan biaya mahal seperti kangkung dan bayam. Ada pula sayuran merah yang murah dan bermanfaat seperti wortel.

"Rabun senja terjadi karena menurunnya fungsi penglihatan seseorang pada saat senja atau peralihan dari siang ke malam. Penyakit ini diderita orang yang kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. vitamin ini terkandung di sayuran hijau dan merah." kata spesialis mata RSCM, dr. Iwan Sitompul.

Untuk mencegah terjadinya rabun senja, Iwan mengatakan, bisa dilakukan sejak dini dan dari dalam rumah. Dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat, banyak sayur dan buah. "Bisa saja setiap lingkungan membuat program keluarga sadar gizi agar setiap keluarga memah ami kaidah yang baik dan benar serta mampu mengatasi masalah gizi. Dengan program itu, maka status gizi keluarga yang baik bisa dipertahankan dan diperbaiki," tuturnya.

Tidak berhenti disitu saja, Iwan menyarankan bahwa pengurus lingkungan bisa bekerja sama dengan konsultan gizi untuk mengadakan penyuluhan kepada masyarakat. "Selama ini, masyarakat mencari sendiri apa yang mereka ingin ketahui. Jadi tidak heran jika pengetahuan tentang rabun senja itu amat minim," sebutnya.

Cara lain untuk mengatasi rabun senja, Iwan menyebutkan dengan memeriksakan secepatnya ke dokter mata ketika ada kelainan.

Sebaiknya kita lebih banyak mengonsumsi wortel. Karena wortel memiliki mayoritas kandungan vitamin A. Unsur lainnya yang terdapat didalam wortel diantaranya kalori, protein 1,2 gram lemak 0,3 gram hidrat arang 9,3 gram kalsium 39 mg fosfor 37 mg besi 0,8 mg vitamin B1 0,06 mg dan vitamin C 6 mg.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGOBATAN RABUN SENJA DENGAN WORTEL"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner