Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tertawa Satu Menit = 45 Menit Olahraga Keluar Keringat

BANYAK cara membuat hidup menjadi lebih sehat, salah satunya dengan tertawa. Tertawa merupakan bagian dari kehidupan dan bebas dilakukan oleh siapa pun, tua, muda, miskin, kaya, laki-laki atau perempuan dapat melakukannya.

Tahukah anda bahwa banyak manfaat yang diperoleh jika kita tertawa? Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh saat kita tertawa. Tawa mengurangi rasa ingin sendiri. Karena tawa membuat kita ingin bersosialisasi dengan orang lain dan meringankan rasa kesendirian.

Tawa itu meringankan rasa khawatir. Sebab, seseorang tidak dapat tertawa dan merasa takut secara bersamaan. Secara fisik itu tidak mungkin. Tawa juga mengecilkan sumber dan ukuran rasa takut seseorang. Tawa mengurangi agresi dan konflik. Orang yang tertawa tidak berbuat kasar pada orang lain.

Sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dengan tertawa, kadar hormon stres pun berkurang, jantung dan sistem peredaran darah lebih sehat, serta otot menjadi lebih rileks. Tertawa adalah sumber latihan jantung yang sehat, khususnya bagi orang yang telah berusia lanjut. Sehingga seseorang yang sering tertawa bahagia memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih rendah dibanding orang yang murung. Ada 17 otot wajah yang digunakan untuk tersenyum, sedangkan mengerutkan kening butuh 47 otot wajah Tertawa 17 menit per hari dipercaya memperpanjang waktu hidup selama satu hari.

Pernafasan

Tertawa akan membuat pola nafas khusus yang baik bagi kesehatan organ-organ pernafasan. Tawa bekerja seperti virus karena menyebar dengan cepat. Menyebarkannya ke seluruh dunia akan mengurangi kemarahan dan kekerasan. Menurut penelitian kesehatan mental seseorang menjadi lebih baik dengan tertawa. Stres berkurang, begitu pula rasa marah dan khawatir. Namun, rasa bahagia dan sikap positif meningkat.

Anda menjadi lebih kreatif dan mampu memecahkan masalah karena tertawa. Kepuasan kerja pun meningkat. Anda dapat bekerja lebih keras, tetapi merasa nyaman. Singkatnya, produktivitas meningkat. Semua orang bisa tertawa. Manusia dilahirkan dengan bakat untuk tertawa. Sense of humor tidak terlalu diperlukan untuk tertawa. Tertawa selama 10-15 menit bisa membakar banyak kalori.

Tertawa terbahak-bahak selama satu menit sama dengan 45 menit olahraga yang mengeluarkan keringat. Bahkan, tertawa selama 20 detik efeknya sama seperti tiga menit mendayung atau jogging pada kerja jantung.

Tertawa adalah proses alami yang mengurangi rasa sakit, baik secara fisik maupun emosional. Banyaklah tertawa dan Anda akan merasakan bahwa ternyata hanya butuh sedikit obat untuk menikmati hidup.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tertawa Satu Menit = 45 Menit Olahraga Keluar Keringat"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner