Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENGENAL DAN MENGETAHUI APA ITU ANTIBIOTIK

Antibiotik dibuat sebagai obat derivat yang berasal dari makhluk hidup atau mikroorganisme, yang dapat mencegah pertumbuhan atau membunuh mikroorganisme lain.
“Antibiotik diperoleh dari hasil isolasi senyawa kimia tertentu yang berasal dari mikroorganisme seperti jamur, actinomycetes, bakteri. Hasil isolasi tersebut dikembangkan secara sintetik kimia dalam skala industri,” kata Budi. Akan tetapi, tidak semua makhluk hidup dapat dijadikan antibiotik, karena antibiotik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Harus efektif pada konsentrasi rendah.
  2. Harus dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh satu atau lebih jenis mikroorganisme.
  3. Tidak boleh memiliki efek samping bersifat toksik yang signifikan.
  4. Harus efektif melawan patogen.
  5. Harus dapat disimpan dalam jangka waktu lama tanpa kehilangan aktivitasnya.
  6. Harus dapat dieliminasi dari tubuh secara sempurna setelah pemberian dihentikan.
  7. Harus bersifat sangat stabil agar dapat diisolasi dan diproses dalam dosis yang sesuai, sehingga segera dapat diserap tubuh.

Selain dapat merusak gigi dan tulang, pemberian antibiotika yang tidak rasional pada si kecil dapat menyebabkannya kebal pada bakteri ‘jahat’. Antibiotika sudah tak asing lagi di telinga. Bahkan, dengan ringannya kita mengkonsumsinya untuk mengobati penyakit, seperti flu atau radang tenggorokan.

Benarkah antibiotika itu seringan dugaan kita? Organisme yang dapat dibunuh antibiotika adalah jasad renik seperti bakteria, kuman, dan parasit. Tetapi virus tidak dapat dibunuh dengan antibiotika, karena bukan benda hidup.

“Virus membutuhkan sel hidup untuk berkembang biak, oleh karena itu virus tidak bisa dibunuh antibiotika,” ujar Dokter kesehatan anak, Dr Purnamawati Sujud Pujiarto, SpAK,MMPed.
Virus yang ada di lingkungan sekitar kita pada dasarnya tidak berkembang biak dan tidak berbahaya. Namun, ketika tersapu tangan kemudian memegang hidung atau mulut, virus akan terbawa masuk ke dalam tubuh lalu menggunakan perangkat hidup manusia untuk berkembang biak.

“Selama ini banyak anggapan bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus, misal flu atau pilek diobati dengan mengkonsumsi antibiotika. Padahal tidak seperti itu,” ujar lulusan FKUI ini.
Oleh karena itu, orang tua harus memiliki pengetahuan dasar kesehatan anak, misalnya batuk-pilek ringan yang disebabkan virus tidak memerlukan antibiotika. Penyakit yang disebabkan oleh virus itu tidak ada obatnya. Jadi kapankah saat yang tepat memberikan antibiotika pada anak?

Pemberian Antibiotika
Sebenarnya, tubuh kita sudah memilki sistem kekebalan (imun) alami untuk menangkal penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Sel-sel darah putih bertugas membunuh bakteri yang merugikan, tetapi ada kalanya sistem imun menurun. Ketika tubuh diserang oleh kuman ‘jahat’ lalu sistem imun melemah kemudian timbul infeksi, di saat inilah tubuh membutuhkan antibiotika.

“Karena daya tahan menurun, bisa terjadi sekunder infeksi karena bakteri jadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh,” kata farmakolog, Dr Yati Harwati Pujiarto, SPAK.
Penggunaan antibiotika harus disesuaikan dengan jenis bakteri atau kumannya. Karena antibiotika bersifat membunuh semua bakteri dalam tubuh, maka jika tak ada bakteri ‘jahat’ dalam tubuh sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Seorang peneliti dari Harvard University, menemukan bahwa banyak sekali kuman dan bakteri yang hidup di alam semesta ini, tapi hanya kurang dari dua persen saja bakteri yang merugikan.

Untuk mengenali penyebab infeksi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan yang akurat melalui beberapa tes, salah satunya tes kultur, dengan mengambil spesimen dari bakteri tersebut kemudian dibiakkan. Setelah pemeriksaan, akan diketahui jenis bakteri penyebab infeksi misalnya, kuman gram positif contoh methicillin Stphylococcus aureus, atau kuman gram negatif seperti E coli, Pseudomonas sp untuk memberikan antibiotik yang sesuai.

“Tidak ada antibiotik yang dapat membunuh semua kuman gram positif dan kuman gram negatif.
Ada beberapa antibiotik yang ‘kuat’ menghancurkan kuman gram positif namun agak ‘lemah’ pada kuman gram negatif,” ujar Yati. ‘

Supaya pemberian antibiotika tepat, lanjut Dr Yati, harus diketahui tempat infeksinya atau spektrum aktivitas bakteri. Jika sudah dideteksi asal penyebabnya, maka diperlukan antibiotik spektrum sempit (neuro spectrum), yaitu aktivitas anti bakteri berspektrum sempit, yang mengarah pada tempat penyebab infeksi. Jika infeksi terdapat di beberapa tempat atau sulit terdeteksi maka diberikan antibiotik spekrum luas (broad spectrum).

“Untuk pemberian dosis antibiotik pada anak umumnya disesuaikan dengan berat badan dengan rumus tertentu,” ujarnya.
Pemberian antibiotika spektrum luas tanpa indikasi yang tepat dapat mengganggu flora normal usus berupa bakteri gram positif, bakteri gram negatif, kuman anaerob, serta jamur yang digunakan pada proses pencernaan dan penyerapan makanan dalam tubuh.

Bakteri yang ada di dalam tubuh umumnya menguntungkan, misalnya bakteri pada usus yang membantu proses pencernaan dan pembentukan vitamin B dan K. Pada bayi yang kelebihan antibiotika, bisa mengalami kekurangan vitamin K yang berguna mencegah pendarahan.

Selain itu juga akan menyebabkan anak menderita penyakit diare karena sistem pencernaan terganggu dan iritasi di bagian usus akibat zat-zat kimia dari antibiotik. “Diare disebabkan karena terbunuhnya kuman yang diperlukan untuk pencernaan dan menjaga ketahanan usus, sehingga bakteri ‘jahat’ menguasai tempat tersebut dan merusak proses pencernaan,” jelas Purnamawati.

Akibat lain dari pemberian antibiotika yang tidak tepat adalah timbulnya kuman yang resisten. Setiap mahkluk ciptaan tuhan memiliki kemampuan untuk bertahan (survive) begitupun dengan bakteri atau kuman. Jika jasad renik ini diserang terus menerus maka akan menciptakan suatu sistem untuk bertahan dengan cara bermutasi (mengubah bentuk) sehingga sulit dibunuh antibiotika.

“Jadi semakin sering mengkonsumsi antibiotika, makin tinggi pula tingkat kesuburan kuman-kuman yang menjadi resisten,” ujarnya mengingatkan.

Menurut Purnamawati, Antibiotika sesuai tingkatannya dibagi menjadi lini pertama, membunuh jenis kuman tertentu (paling ringan), lini kedua dan lini ketiga, yaitu antibiotika tergolong berat.
“Sebaiknya penggunaan dimulai dengan pemberian antibiotika lini pertama, jika tidak responsive baru diberikan antibiotika lini kedua,” sarannya. Jika kuman sudah resisten maka anak membutuhkan antibiotika yang tergolong ‘berat’. “Perlu diwaspadai, antibiotika lini ketiga selain lebih mahal juga memiliki efek samping,misalnya alergi (gatal-gatal atau ruam) dan diare,” katanya.

Apa Itu Nosokomial?
Superbugs adalah kuman, virus atau bakteri yang memiliki tingkat kekebalan paling tinggi terhadap antibiotika atau resisten. Anda bisa menemukannya di rumah sakit, karena banyak menggunakan antibiotika maka sedikit banyak dapat mengubah profil kuman ‘biasa’ menjadi superbugs, yang dikenal sebagai penyebab penyakit nosokomial.

“Karena biasanya kuman-kuman di rumah sakit sudah mengenal banyak jenis antibiotik, sehingga menjadi kebal, “ujar Yati.
Nosokomial adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri-bakteri resisten di rumah sakit, dan umumnya diderita oleh pasien yang menginap di RS. Awalnya penderita nosokomial, hanya terinfeksi kuman ‘ringan’ namun setelah diperiksa ternyata penderita mengalami infeksi ‘berat’ yang hanya dapat diatasi antibiotika dosis tinggi.

Penularan kuman di rumah sakit (infeksi nosokomial) terjadi pada sesama pasien atau lewat petugas kesehatan. Namun jangan khawatir, umumnya setiap RS melakukan sistem pengendalian infeksi secara ketat. Perlu diingat antibiotik harus diminum habis sesuai aturan pakainya.

Karena jika kuman belum sempurna dibasmi maka akan resisten. “Kuman akan berkesempatan membentuk enzim khusus untuk melawan antibiotik atau mengubah sistem kerjanya agar tidak bisa dibunuh dengan antibiotika tertentu,” ujarnya.

Dr Yati berpesan, orang tua jangan terlalu berlebihan memberi obat, termasuk antibiotika, pada anak, karena akan menyebabkan keracunan atau terkena penyakit Iatrogenic. “Umumnya sistem sekresi pada anak belum sempurna, penumpukan obat atau antibiotika dapat dengan mudah mengganggu sistem metabolismenya,” terangnya.

Jangan gampang memberikan antibiotika pada anak
Dr Yati Harwati Istiarto, SpAK, MMPed memberikan langkah-langkah yang tepat:

  • Jika anak terkena demam atau flu, beri kompres pada anak untuk menurunkan suhu tubuhnya, konsumsi makanan empat sehat lima sempurna, minum obat antipanas yang biasa dikonsumsi dan perbanyak minum air putih.
  • Jika kondisi anak belum juga membaik selama tiga hari dan disetai kejang-kejang, hubungi dokter secepatnya. “Ada kemungkinan anak terkena infeksi di bagian tertentu, sehingga perlu penanganan lebih lanjut dan pemberian antibiotik,” ujarnya.
  • Jika anak terluka, cukup berikan salep atau obat antiseptik.
  • Jangan lupa membersihkan tangan sebelum makan agar bakteri yang melekat pada tangan tidak terbawa masuk melalui makanan.
  • Jika anak diharuskan mengkonsumsi antibiotika, biasanya dokter memberikan antibiotika kelas ringan yaitu golongan Betalactam seperti penicillin. “Umumnya diberikan jika infeksinya juga tergolong ringan, namun pemberian antibiotik juga disesuaikan dengan jenis bakterinya,” kata Yati.
  • Pada anak usia dibawah sepuluh tahun, hindari mengkonsumsi antibiotika jenis Tetracycllin karena dapat merusak gigi (gigi kuning) dan mengganggu pertumbuhan tulang.
  • Agar tak salah langkah memberikan antibiotika, saat ini informasi mengenai kesehatan bisa Anda dapatkan melalui buku, seminar atau internet yang terpercaya agar Anda lebih rasional dalam bertindak.

Apa Itu Antibiotika?
Antibiotika berasal dari kata anti dan bios dalam bahasa latin yang artinya kehidupan, jadi antibiotika adalah zat yang dapat membunuh atau melemahkan kehidupan jasad renik (jamur, kuman, bakteri, virus).

Menurut Dr Yati Harwati Istiantoro SpFK, Staf pengajar FKUI bagian Farmakologi, Antibiotik memiliki banyak klasifikasi antara lain berdasarkan bahan kimiawi yang dikandungnya seperti golongan penicillin, atau bisa dilihat dari mekanisme kerjanya, apakah antibiotik membunuh bakteri (cidal) atau menghambat perkembangan bakteri.

Sedangkan ditilik dari proses pembuatannya antibiotika dibagi menjadi 3 yaitu, dibuat secara alami, antibiotik berasal dari bagian dari kuman itu sendiri atau jamur jenis tertentu. Secara sintetis, mengambil zat-zat aktif dengan proses reaksi kimiawi. Sedangkan semi sintetis, mengambil bahan secara alami (jamur atau bakteri) lalu melalui proses fermentasi dan kimiawi.
Apa perbedaan antara obat biasa dengan antibiotik? Obat umumnya bekerja aktif pada sel-sel manusia sedangkan antibiotika bekerja membunuh bakteri dan sedapat mungkin tidak menyentuh sel-sel manusia.

“Antibiotik diserap kemudian diedarkan menuju tempat penyebab infeksi, hanya kuman yang dibunuh. Sehingga antibiotika tidak akan berguna jika tubuh tidak terinfeksi, justru malah membunuh bakteri baik dalam tubuh,” papar Yati.

Sumber: Majalah Inspiredkids

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL DAN MENGETAHUI APA ITU ANTIBIOTIK"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner