Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYAKIT ASMA DAN PENYEBABNYA

Asma telah menjadi momok bagi dunia. Percayakah anda jika asma memiliki penderita sebanyak 300 juta orang di dunia? Percayakah anda asma dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik

Sebenarnya apa itu asma?
Asma adalah suatu keadaan di mana terjadi penyempitan pada aliran nafas akibat dari rangsangan tertentu(pemicu)sehingga menyebabkan peradangan dan menyebabkan sulitnya bernafas dan berbunyi "ngik" setiap bernafas. Hal ini biasanya mengurangi kualitas hidup seorang penderita karena bisa menyebabkan gampang lelah dan gampang sakit.

Pada saat seseorang penderita asma terkena faktor pemicunya, maka dinding saluran nafasnya akan menyempit dan membengkak sehingga menyebabkan sesak nafas. Kadang, dinding saluran nafas pun dilumuri oleh lendir yang lengket sehingga dapat menyebabkan sesak nafas yang lebih parah. Jika tidak ditangani dengan baik, asma bahkan dapat menyebabkan kematian.

Apa yang menyebabkan asma?
Asma disebabkan oleh banyak hal. Misalnya pada alergi debu, kelelahan, kedinginan, makan makanan beralergen (penyebab asma) seperti gorengan, cokelat dan makanan berlemak tinggi, emosi berlebih (marah, sedih), stress, merokok, bulu binatang (kucing, anjing) dan polusi udara. Jika anda penderita asma, maka lebih baik hindarilah hal-hal seperti yang disebut di atas agar asma anda tidak kambuh.

Bagaimana cara menghindari asma?
Hal yang paling mudah untuk menghindari asma adalah dengan menghindari pemicunya. Hindari makanan dan udara kotor yang menyebabkan asma kambuh. Sebagai tambahan, hisaplah obat penjaga(saya biasa menggunakan symbiocort) sehingga asma akan jarang menyerang sehingga kualitas hidup anda bisa meningkat. Jika anda memiliki asma akut seperti saya, lebih baik bawalah obat semprot yang mengandung salbutamol(saya biasa menggunakan ventolin) sehingga anda bisa berjaga-jaga kalau tiba-tiba terserang asma.

Perawatan terhadap asma
Asma sebenarnya bisa disembuhkan dengan berbagai cara. Anda bisa mencontoh apa yang saya lakukan. Hingga sekarang asma sudah hilang dari diri saya berkat beberapa perawatan. Berikut hal-hal tersebut:
  1. Lakukan olahraga renang. Mengapa renang? Karena berenang sangat dianjurkan untuk penderita asma. Dengan berenang maka paru-paru penderita bisa bekerja lebih baik. Nafas lebih panjang dan kesehatan bisa terjaga .Lakukan seminggu 2-3 kali. Usahakan sekitar 1-2 jam sekitar pukul 08-10 pagi.
  2. Hindari pemicu asma anda. Jika anda punya alergi segera jauhkan diri anda dari alergen seperti itu.
  3. JANGAN MEROKOK. Merokok hanya akan menambah parah asma anda.
  4. Buatlah lingkungan yang mendukung anda. Biasakan bersihkan lingkungan hidup anda dari debu dan pemicu asma lainnya.
  5. Gunakanlah symbiocort setiap hari. Hal ini akan mengurangi tingkat paparan asma pada diri anda.
  6. Selalulah berkonsultasi dengan dokter anda. Rutinlah ke dokter sehingga penyakit asma anda dapat terkontrol dengan baik.

Asma dapat disembuhkan, maka dari itu tidak ada kata menyerah dalam merawat orang asma. Semoga bermanfaat !

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENYAKIT ASMA DAN PENYEBABNYA"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner