Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Buncis dan Kedelai Bisa Turunkan Kolesterol

BAGI Anda yang ingin menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda, berikut lima jenis makanan yang akan efektif menurunkan kolesterol jika Anda menjadikan mereka sebagai bagian dari diet yang benar. Makanan tersebut tidak lebih dari 30 persen jumlah total kalori yang berasal dari lemak. Juga makanan tersebut sebaiknya kurang dari 7 persen jumlah asam lemak jenuh.
Gandum

Menurut Colleen Pierre RD, seorang ahli nutrisi dari Sports Medicine Center at Union Memorial Hospital di Baltomore, sumber makanan satu ini memang kaya akan serat dan mudah larut. Mengingat khasiatnya sebagai penurun kadar kolesterol dalam tubuh, bagaimana jika Anda mencoba sesering mungkin mengonsumsi panganan dengan bahan dasar gandum seperti roti misalnya.

Buncis
Sayuran yang kerap menjadi pelengkap sup juga merupakan salah satu sumber serat yang bisa larut.
Wortel
Kendati wortel bukanlah sumber serat larut yang baik, temuan paling akhir menunjukkan bahwa mengonsumsi sedikitnya sepotong wortel mentah setiap kali sarapan akan menurunkan kadar kolesterol hingga 11 persen. Menurut Tory Hudson ND, penulis The Women's Encyclopedia of Natural Medicine, sayuran berwarna merah oranye itu mengandung serat yang tidak larut. Tugas dari serat tidak larut tersebut adalah membantu melancarkan fungsi pencernaan serta mempercepat proses berkurangnya kolesterol dalam tubuh.

Minyak Zaitun
Minyak itu ternyata juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang ketika menjadi bagian dari sebuah lemak rendah akan berfungsi membantu mengatur kadar kolesterol. Namun begitu, menurut Bettye Nowlin MPH RD, ahli nutrisi dari Los Angeles, minyak zaitun tetap mengandung lemak, sehingga kalau bisa mengganti minyak yang satu ini dengan minyak yang lain ataupun margarin. Sayang Nowlin tidak menyebutkan kiranya minyak atau margarin apa yang bisa menjadi alternatif.

Kedelai
Selain bisa didapat dengan mengonsumsi kacang kedelai itu sendiri, bisa pula didapat dengan mengonsumsi panganan kedelai yang telah diolah menjadi tahu, tempe, susu kedelai, serta lainnya. Makin tinggi tingkat kolesterol yang dimiliki seseorang, sebaiknya makin banyak pula konsumsi terhadap kedelai atau pun olahannya. Sementara bagi Anda yang memiliki kolesterol rendah, mengonsumsi kedelai tetap bisa dilakukan karena memang sumber makanan yang satu ini tidak memberikan efek yang berbahaya
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buncis dan Kedelai Bisa Turunkan Kolesterol"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner