Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENGENAL ENAM JENIS PHOBIA YANG SERING DIALAMI WANITA

Phobia berasal dari kata "Phobi" yang artinya ketakutan atau kecemasan berlebihan yang dialami seseorang, serta sifatnya tidak rasional. Penyebab phobia ini bermacam-macam, bisa karena trauma atau bahkan genetik. Nah, berikut phobia yang paling banyak dialami kaum wanita.



- Takut naik jembatan (gephyrophobia)



Wanita yang mengalami gephyrophobia, sering berpikiran kalau jembatan akan runtuh dan rusak dan menimbulkan kematian. Jika bisa ia akan cenderung menghindari naik jembatan atau jika naik ia akan banyak berkeringat dengan degup jantung yang keras.



"Takut berjalan di jembatan banyak terjadi pada kaum wanita. Bisa juga ketakutan tersebut muncul karena hal lain, dan bukan hanya karena jembatan," kata Patricia Farrell, psikolog yang menangani pasien phobia dan penulis buku "How to Be Your Own Therapist", seperti VIVAnews kutip dari Glamour, 5 November 2009.



- Takut laba-laba (Arachnophobia)



Banyak sekali wanita yang takut dengan laba-laba dan bisa berlari kencang atau bahkan pingsan saat melihatnya. Menurut penelitian oleh tim dari Carnegie Mellon University, wanita secara genetik lebih takut pada laba-laba dibandingkan dengan pria. Bahkan saat hanya diberi gambar laba-laba, wanita bisa bereaksi ekstrim.



- Takut muntah (emetophobia)



Wanita juga sering takut muntah atau disebut emetophobia. Rasa takut muntah biasanya dipicu karena pengalaman buruk yang menimbulkan trauma. Misalnya, saat berada dalam restauran dan muntah di depan banyak orang, tentu menimbulkan rasa malu. “Ketakutan hal yang memalukan terulang lagi yang membuat seseorang menjadi sangat takut muntah," jelas Farrell.



- Takut burung (ornithophobia)



Saat melihat burung beterbangan meskipun jauh bisa memicu rasa panik pada seseorang yang mengalami ornithophobia. Menurut Farrell, wanita memang cenderung lebih takut pada burung dibandingkan pria. Terutama jika pernah mengalami pengalaman buruk dengan buruk, misalnya dipatuk.



- Takut petir (astraphobia)



Banyak wanita yang jantungnya berdegup kencang serta kesulitan bernapas saat mendengar petir menggelegar dan hal itu disebut astraphobia. Masalah tersebut bisa diatasi sendiri tetapi ada juga yang tidak bisa mengatasinya. Jika tidak bisa sebaiknya berkonsultasi pada psikiater.



- Takut bakteri (germaphobia)



Banyak wanita yang sering sekali mencuci tangan, atau bahkan bisa panik ketika tidak ada air, tisu atau cairan pembersih. Jika Anda merasa demikan, bisa jadi mengalami germaphobia. "Bersih dan higienis itu sangat baik tetapi jika muncul rasa takut yang berlebihan pada bakteri, tandanya seseorang mengalami masalah," kata Farrel.



VIVAnews.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL ENAM JENIS PHOBIA YANG SERING DIALAMI WANITA"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner