Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Terserang Flu


Akhir-akhir ini kondisi cuaca sering tak menentu, hal ini mengakibatkan tubuh cenderung rentan terhadap penyakit, apalagi terhadap penyakit langganan di musim hujan yaitu pilek atau flu.

Faktor yang menimbulkannya bisa karena kecapean karena terlalu banyak melakukan aktivitas padat, virus, dan stress merupakan factor yang paling sering menimbulkan infeksi pada tenggorokan dan hidung yang mengakibatkan munculnya gejala flu seperti hidung tersumbat, tenggorokan terasa serak dan kepala terasa berat atau pusing.

Kalau sudah timbul gejala tersebut, tentunya dapat mengganggu aktivitas Anda, apalagi untuk Anda yang mempunyai jadwal yang padat. Untuk itu, Anda perlu segera mengantisipasi untuk mengembalikan vitalitas tubuh dengan cara sederhana berikut ini :

* Apabila Anda terserang flu, manfaatkan waktu istirahat Anda dengan cara tidak berpergian kemana-mana agar dapat istirahat total, karena apabila Anda masih saja bekerja ketika sedang flu akan mengakibatkan menambah parah flu tersebut.

* Tidur secara maksimal, sehingga tubuh akan mendapat energi baru. Semacam penebusan atas kerja tubuh yang berlebih.

* Jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula, seperti es krim, kue atau lainnya, karena kandungan gula dalam darah akan menurunkan daya tahan tubuh Anda terhadap infeksi. Jadi lebih baik Anda perbanyak konsumsi buah-buahan,sari buah atau jus.

* Perbanyak konsumsi air putih. Jika dalam kondisi normal Anda mengkonsumsi 6 hingga 8 gelas sehari maka ketika pilek sebaiknya Anda meningkatkan konsumsi air hingga 10 gelas. Air dapat menghanyutkan virus dari tubuh Anda dalam berbagai bentuk seperti keringat dan air seni.

* Flu merupakan penyakit yang mempunyai tahapan yaitu bisa melalui tenggorokan, kepala dan dada, dan tahapan ini tidak berurutan. Jadi bisa saja Anda terkena melalui kepala atau tenggorokan. Jika flu pertama kali menyerang bagian tenggorokan Anda, berkumurlah dengan larutan garam panas untuk meringankan gejalanya. Dengan cara menyiapkan segelas air panas (80 derajat Celsius) dan setengah sendok teh garam. Lalu, larutkan garam tersebut pada air panas dan berkumurlah selama lima menit. Dan ingat, setelah itu Anda jangan minum air dingin. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari.

* Setelah berkumur dengan larutan garam, lalu siapkanlah sapu tangan yang dibasahi air dingin, kemudian taruh dalam kain flannel dan lilitkan di leher Anda, seperti saat mengkompres kepala.

* Untuk flu yang menyerang berawal pada bagian kepala, rendamlah kaki Anda dengan menggunakan air hangat, karena dengan cara ini aliran darah akan lancer ke kepala sehingga dapat menghilangkan rasa sesak. Atau dengan cara lain seperti menghirup uap panas. Dengan cara ini, hidung Anda yang tersumbat akan hilang.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Terserang Flu"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner