Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Cara Pintar Membaca Label Makanan


Mungkin nama, desain atau embel-embel sehat bisa mengecoh kita dalam memilih makanan sehat yang tepat. Tapi tidak dengan label nutrisi yang tertera di kemasan. Tapi sayangnya, jarang ada orang yang peduli dengan label tersebut! Namun, jika kita adalah satu diantara 60% orang yang bergantung pada label untuk memutuskan pilihan sehat dan tidak tahu dengan apa yang kita cari, simak tip ini!

Kathy McManus, Rd., direktur departemen nutrisi di Brigham and Women’s Hospital di Boston, menawarkan 5 langkah pintar untuk membongkar kebenaran yang ada.


Apabila sajian satu kemasan tidak sama dengan satu sajian, maka kita harus mengkalikan informasi nutrisi dengan jumlah yang ingin kita makan, terutama kalori. Untuk makanan kemasan tidak boleh lebih dari 400, dan camilan tidak boleh dari 150. Cermati : Banyak minuman botol menyajikan 2-3 sajian, jika per sajian berisi 100 kalori makan kita akan mengasup 300 kalori. Jika ingin langsing, jangan minum kalori. Pilihlah air putih lebih sering, dan nikmati minuman berasa sesekali saja.


Pilihlah produk dengan angka lemak trans dan saturated nol. Pastikan selalu lihat label pada produk-produk tinggi lemak, seperti junk food, keju, atau daging. Cermati : Camilan seperti keripik kentang terkenal akan lemak jenuhnya yang tinggi. Oleh karena itu, lebih baik pilihlah keripik yang dipanggang atau keripik gandum utuh.


Kebanyakan orang yang mengonsumsi sodium secara berlebih, dan 75% asupan sodium berasal dari makanan olahan. Oleh karena itu, batasi asupan sodium dalam satu hari tidak boleh lebih dari 500 mg (1/2 – 1 sendok teh).


Lihat kandungan serat dalam makanan! Sebab makanan yang mengandung 3 gram atau lebih serat bisa menurunkan nafsu makan dan kolesterol. Dapatkan serat yang banyak salah satunya dengan mengonsumsi sereal di pagi hari.


Beberapa makanan sehat, seperti yogurt, sangat tinggi akan gula alami. Jika angka gram yang terpampang tinggi, pastikan di label tidak ada lagi penambahan sweetener (pemanis buatan) atau sirup jagung tinggi fruktosa. Cermati : Ketika mengonsumsi yogurt, pilihlah merek yang hanya memberikan 3 gram atau kurang gula.

Mau Tips Sehat dan Langsing Lainnya?,Silahkan Cek
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pintar Membaca Label Makanan"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner