Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Luka Bagian Luar Telinga

DEFINISI

Sejumlah luka berbeda bisa mempengaruhi bagian luar telinga. Pukulan tumpul pada bagian luar telinga bisa menyebabkan memar di antara tulang rawan dan lapisan pada jaringan penghubung di sekitarnya (perichondrium). Ketika penumpukan darah di daerah ini, bagian luar telinga menjadi bengkak dan ungu. Penumpukan darah (hematoma) bisa memotong suplai darah menuju tulang rawan, membiarkan bagian tulang rawan mati, bersamaan dengan waktu telinga berubah bentuk.

Perubahan bentuk ini, disebut telinga cauliflower, sering terjadi pada pegulat, petinju, dan pemain rugby. Pukulan keras ke rahang bisa mematahkan tulang di sekitar saluran telinga dan mengubah bentuk saluran, seringkali menjadikannya sempit. Bentuk tersebut bisa diperbaiki dengan cara operasi.


PENGOBATAN
Seorang dokter memotong membuka hematoma dan menyingkirkan darah dengan sedotan. Sesudah hematoma kosong, dokter memakai sehelai pembalut tekanan, yang ditinggalkan selama 3 sampai 7 hari menjaga hematoma kembali. Pembalut menjaga kulit dan perichondrium pada posisi normal, membolehkan darah mencapai tulang rawan lagi.

Jika potongan (luka gores) terjadi sepanjang telinga, daerah tersebut dibersihkan secara menyeluruh dan kulit dijahit dan salep dioleskan untuk melindungi daerah tersebut dan membiarkan tulang rawan untuk sembuh. Tulang rawan tersebut tidak dijahit.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Luka Bagian Luar Telinga"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner