Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Laringokel atau Penonjolan Selaput Lendir laring

Laringokel adalah penonjolan selaput lendir laring (kotak suara).




PENYEBAB
Laringokel diduga berhubungan dengan meningkatnya tekanan intralaringeal. Laringokel cenderung banyak ditemukan pada musisi yang memainkan alat musik tiup. Laringokel paling banyak ditemukan pada pria setengah baya dan biasanya bersifat unilaterla (hanya pada satu sisi).


GEJALA
Laringokel yang menonjol ke arah dalam (laringokel interna) menyebabkan suara serak dan penyumbatan saluran udara. Penderita juga bisa mengalami disfagia (gangguan menelan), batuk atau merasakan adanya sesuatu di tenggorokannya. Laringokel yang menonjol ke arah luar (laringokel eksterna) menyebabkan benjolan di leher.

Laringokel berisi udara dan bisa mengembang jika penderita menghembuskan nafasnya kuat-kuat dalam keadaan mulut dan kedua lubang hidung tertutup. Laringokel bisa terinfeksi atau terisi oleh cairan yang menyerupai lendir.


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Pada CT scan, laringokel tampak licin dan berbentuk seperti telur.


PENGOBATAN
Biasanya dilakukan pembedahan untuk mengangkat laringokel.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laringokel atau Penonjolan Selaput Lendir laring"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner