Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Manfaat dan Sumber Vitamin C



Vitamin C merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktifitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Daya tahan tubuh yang terganggu juga diakibatkan oleh serangan radikal bebas berupa polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Radikal bebas akan membuat sel-sel tubuh kita mudah rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik.

Vitamin C sebagai antioksidan selain dapat memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Dalam merawat kecantikan, vitamin C memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga akan merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Vitamin C memiliki sifat sebagai water holder (menyimpan air) sehingga mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tepat secara teratur, dapat menghambat proses penuaan dini, menghaluskan kulit, sekaligus menghambat kinerja enzim tirosinase; yaitu enzim yang bertugas membantu pembentukan pigmen di kulit. Jika proses pigmentasi terhambat, kulit pun terlihat lebih bersih dan cerah.

Sumber vitamin C yang paling umum adalah jeruk tetapi ada banyak makanan yang juga kaya vitamin C. Blackberri, buah kiwi dan brokoli sangat tinggi vitamin C, bahkan terkadang lebih tinggi dari jeruk. makanan lainnya meliputi kubis, buah tomat, strawberry dan nanas


Kekurangan vitamin C pada umumnya terjadi pada orang-orang yang tidak mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan penting. perokok juga rendah Vitamin C karena rokok dapat mengurangi tingkatan vitamin C.

Kekurangan Vitamin C pada periode yang cukup lama akan mendorong ke arah sariawan perut yang menyebabkan kelesuan, sakit pada otot, pembusukan gigi. Jika tidak diobati akan menyebabkan penyakit kuning, demam dan gangguan hebat. Dalam beberapa kasus dapat berakibat fatal.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Sumber Vitamin C"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner