Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tips Menghilangkan Komedo Wajah


Komedo adalah nama ilmiah dari pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Bagian yang berwarna kehitaman itu bukanlah kotoran, melainkan penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara.

Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat. Karena itu terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Bila kulit wajah tidak dibersihkan secara berkala, sel-sel kulit mati akan menumpuk di kulit, begitu pula minyak di permukaan kulit yang kemudian dapat menutup sel-sel kulit lalu terjadilah penyumbatan.

Pencegahan komedo sebenarnya tidak sulit, yaitu dengan mencuci wajah setiap pagi dan malam dengan pembersih dan scrub kulit wajah minimal sepekan sekali. Penggunaan kertas minyak sesekali juga baik untuk menyerap kelebihan minyak di wajah (bagi yang minyaknya berlebih).

Bila sudah telanjur berkomedo jenis blackhead, penanganannya cukup dengan plester pore strips khusus untuk hidung. Untuk whitehead, pakai obat jerawat yang mengandung salicylic-acid. Tapi jika ingin menghilangkannya dengan cara alami, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Komedo bisa dhilangkan dengan bahan alami seperti putih telur, lemon, dan daun kemangi. Ambil putih telur, kocok hingga berbusa. Ambil selembar kapas, rendam dengan putih telur, tempelkan ke hidung dan biarkan sampai mengering, sekitar 30 menit. Setelah kering, lepas kapas secara perlahan lalu bersihkan wajah dengan sabun atau susu pembersih dan toner.

Selain bisa mengurangi produksi minyak dan menghancurkan minyak atau lemak yang sudah mengeras, lemon juga bisa menutup pori-pori sehingga mencegah timbulnya komedo. Caranya, olesi wajah dengan air perasan lemon atau usapkan irisan lemon ke wajah, diamkan selama 15 menit hingga kulit terasa kencang. Bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Daun kemangi rupanya tak hanya enak dijadikan lalapan yang dapat mencegah bau badan, tapi juga untuk menghilangkan komedo. Tumbuk daun kemangi hingga halus, oleskan sebagai masker di bagian wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15-20 menit. Bersihkan masker kemangi. Bilas dengan air dingin.

Perawatan dengan bahan alami ini sebaiknya dilakukan secara teratur agar komedo titak muncul lagi di wajah anda.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghilangkan Komedo Wajah"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner