Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Manfaat Musik bagi Bayi yang Masih dalam Kandungan


Manfaat Musik Untuk Bayi Bayi Untuk Anda yang tengah hamil, ayo ajak janin di dalam kandungan untuk mendengarkan musik. Kenapa? Musik ternyata memiliki banyak manfaat untuk perkembangan fisik dan otak bayi. Simak empat manfaat musik untuk bayi berikut ini.

Menurut penulis buku Learning Before Birth: Every Child Deserves Giftedness, Dr Brent Logan, mengajak bayi atau janin mendengarkan musik bisa membuat bayi mengenali dentuman dan pola musik di otak mereka. Musik juga membantu perkembangan detak jantung dan fisik bayi.

Berikut ini empat manfaat musik untuk bayi seperti dilansir She Knows:


1. Membantu Bayi Belajar Sejak Dini
Dr Logan menjelaskan irama dan nada yang diperdengarkan pada anak sejak sebelum dilahirkan dapat membuat bayi mengenal prinsip persepsi dan penalaran dasar seperti perbandingan, pengulangan dan pergantian. "Sebelum lahir, suara adalah format yang dominan untuk menstimulasi janin sedangkan setelah lahir, pola suara tersebut dilengkapi dari indra lainnya," jelasnya.

2. Membuat Bayi Menikmati Lagu dan Melodi
Saat berada di dalam rahim, bayi terbiasa mendengarkan (melodi) detak jantung ibu mereka. "Stimulasi itu adalah hal yang paling mendasar. Bayi yang belum dilahirkan bisa tidur tanpa terganggu, meskipun otaknya secara konstan mendengar bunyi yang berulang," ujar Dr Logan.

Dr Logan menambahkan karena terbiasa mendengarkan detak jantung bayi, begitu lahir, bayi akan tertarik meskipun hanya mendengarkan melodi yang sederhana. Lagu bayi klasik juga bisa mereka nikmati karena not-not dan irama di lagu tersebut sebenarnya adalah versi yang lebih lengkap dari suara detak jantung ibu.

3. Mengajarkan Bayi Berkomunikasi
"Sebelum lahir, suara yang terdengar menjadi dasar untuk meningkatkan informasi," ujar Dr Logan. Kalimat tersebut berarti musik bisa membantu perkembangan otak bayi untuk menerima informasi yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi. Sebuah penelitian yang dirilis National Academy of Science mengungkapkan prinsip musik dasar dipelajari di kandungan berguna untuk bayi saat mempelajari ucapan orang yang mengurus mereka dan bayi belajar bagaimana meresponnya.

4. Mendorong Bayi Untuk Bergerak
"Irama musik mirip dengan detak jantung ibu," ujar Dr Logan. Setelah lahir bayi pun akan senang bergerak setelah mendengarkan musik. Respon ini membantu perkembangan bayi dalam hal kekuatan, kordinasinya dan kontrol motoriknya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Musik bagi Bayi yang Masih dalam Kandungan"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner