Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tips Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut


Menjadi Lanjut Usia (Lansia) merupakan salah satu fase hidup yang akan dialami oleh setiap manusia, meskipun usia bertambah dengan diiringi penurunan fungsi organ tubuh tetapi bukan tidak mungkin Lansia dapat merasakan hidup sehat. Salah satu hal yang paling penting adalah merubah kebiasaan. Tidak hanya meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan, tetapi beberapa pola hidup sehat seperti olah raga dan menjaga pola makan memang harus dilaksanakan. Bahkan lebih baik lagi apabila kebiasaan hidup sehat dapat dilakukan sejak dini tanpa harus menunggu usia lanjut.

Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar tetap sehat di usia lanjut antara lain :

1.Tidur 6 - 8 jam setiap hari
Manusia memerlukan istirahat antara 6-8 jam setiap harinya, tidak terkecuali Lansia. Meskipun usia telah senja, tetapi istirahat harus dilakukan secara teratur sehingga dapat mengembalikan kondisi tubuh. Dengan tidur yang cukup, maka tubuh dapat melakukan recovery terhadap sel-sel yang rusak. Tidur antara 6-8 jam bisa meningkatkan kualitas hidup Lansia, karena dengan tidur yang cukup dapat menghindarkan stres sehingga penyakit yang disebabkan oleh stres bisa diminimalisir.

2. Minum air putih 3 - 6 gelas setiap pagi hari
Setiap hari tubuh manusia mengeluarkan 1,5 liter cairan tubuh, oleh karena itu untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, Lansia harus minum minimal 3-6 gelas air di pagi hari. Memang khasiat minum air sangat baik untuk kesehatan ginjal dan bagian tubuh yang lainnya.

3. Jalan kaki 15 menit setiap pagi
Berolahraga memang sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Meskipun berusia lanjut, tetapi olahraga harus tetap dilaksanakan secara rutin sehingga tubuh Lansia tetap bugar dan sehat. Tentu saja Lansia akan merasa kesulitan apabila melakukan olah raga berat seperti sepak bola dan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena kondisi fisik Lansia yang semakin menurun bila dibandingkan pada saat usia muda dulu. Olahraga ringan yang dapat dilakukan Lansia antara lain berjalan kaki selama 15 menit. Selain mudah dilakukan, berjalan kaki juga tidak menghabiskan banyak biaya karena jalan kaki selama 15 menit dapat dilakukan di sekitar komplek rumah.

4.One day one apple (Satu hari satu apel)
Setiap hari Lansia diusahakan untuk dapat memakan satu buah apel, karena apel merupakan salah satu anti oksidan yang sangat baik. Selain itu terdapat berbagai manfaat yang dikandung apel, diantaranya memperlancar pencernaan, membersihkan paru-paru dan menurunkan kolesterol.

5. Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin dan Mineral
Mencegah berbagai penyakit harus diusahakan, terutama bagi Lansia. Maka dari itu alangkah baiknya para Lansia mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin atau mineral, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, daging, susu dan produk susu, telur, hati, dan sebagainya.

6. Memperbanyak Senyum dan Tertawa
Sebagai Lansia tentu saja banyak aktifitas yang berkurang bila dibandingkan pada saat muda dulu. Hal tersebut tentu saja menimbulkan stres bagi sebagian besar Lansia, karena stress, bisa menimbulkan LDL (Low-Density Lipoproteins / Lemak Jahat) bagi Lansia. Lansia harus memperbanyak senyum dan tertawa karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Apabila seseorang bahagia, maka hormon Endorin meningkat sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Tidak hanya itu banyak manfaat baik yang diperoleh dari tertawa dan tersenyum diantaranya meningkatkan HDL (High-Density Lipoproteins / kolesterol baik) dalam tubuh, apabila Lansia mempunyai wajah yang selalu tersenyum, maka akan mempunyai banyak teman sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.

Kesehatan itu mahal. Oleh karena itu harus dijaga sebaik mungkin. Bukankah menjaga lebih baik daripada mengobati??!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner