Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Kesehatan Seorang Manusia Dibentuk Sejak Dalam Kandungan


Kualitas kesehatan seseorang dalam hidupnya sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang diasup ibu sebelum dan selama kehamilan. Para ibu yang kekurangan gizi berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Jika gizi anak tidak diperbaiki, maka ia beresiko tinggi menderita penyakit kronis kala dewasa.

Mempersiapkan kehamilan dengan mempertimbangkan keseimbangan gizi pada fase awal kehidupan merupakan konsep Development Origins of Health and Disease (DOHaD) yang diperkenalkan dalam acara Early Life Nutrition Forum yang diadakan di Jakarta 15-16 Mei 2011. Forum ini dihadiri lebih dari 200 ahli kesehatan.

"Memahami konsep ini dapat membantu memperbaiki kualitas kehidupan anak, baik jangka pendek maupun jangka panjang," kata Dr. Jacques Bindels, Scientific Director Research & Development Danone Baby Nutrition dalam jumpa pers mengenai forum ini. Ia mengatakan konsep DOHaD didukung oleh sejumlah hasil penelitian.

Riset terbaru yang dipresentasikan dalam forum tersebut membuktikan, pola makan ibu pada masa kehamilan dapat mengubah fungsi DNA bayi di dalam rahim dan meningkatkan risiko bayi mengalami obesitas.

"Faktor genetik ternyata bukan faktor utama penyakit kronik dan gaya hidup juga tidak terlalu berpengaruh. Pola makan selama kehamilan dan faktor lingkungan pada tahap awal kehamilan sampai masa kanak-kanak sangat berpengaruh. Ini menjelaskan mengapa ada orang yang obesitas dan diabetes, namun ada orang yang tetap sehat," kata Prof.Mark Hanson pembicara dari University of Southampton, Inggris.

Ia menambahkan, gizi yang kurang serta faktor lingkungan pada tahap awal kehamilan akan berpengaruh pada struktur organ, mulai dari komposisi lemak, tulang, sistem kardivaskular, respon stres, mood dan perilaku, fungsi kognitif hingga masa pubertas anak.

Dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG, Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menegaskan bahwa sebuah kehamilan memang harus dipersiapkan.

"Kualitas sperma dan sel telur juga dipengaruhi oleh nutrisi yang diasup. Demikian pula saat bayi dikandungan sangat dipengaruhi oleh kecukupan gizi," katanya dalam kesempatan yang sama.

Kekurangan zat gizi mikro dan makro, bukan cuma berpengaruh pada kondisi fisiknya tapi juga perilaku. "Anak yang kekurangan zat besi kecerdasannya lebih rendah dan rentan mengalami gangguan perilaku, lebih agresif, mudah depresi bahkan bunuh diri," ungkapnya
http://health.kompas.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesehatan Seorang Manusia Dibentuk Sejak Dalam Kandungan"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner