Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Pria Muka Rata Berubah Jadi Ganteng Usai Ditransplantasi

img
Dallas Wiens menderita luka bakar mengerikan dalam sebuah kecelakaan kerja di AS pada 2 tahun lalu. Meski nyawanya selamat, pekerja konstruksi itu harus kehilangan mata, hidung dan bibir yang membuat mukanya rata.

Tapi setelah menjalani hidup dengan wajah rata yang terlihat sangat aneh dan menakutkan, kini Wiens yang berusia 26 tahun sudah bisa lega.

Sebuah operasi tranplantasi (cangkok) muka secara penuh berhasil mempermak wajah Wiens menjadi wajah manusia dengan indra lengkap seperti mata, hidung dan mulut.

Operasi cangkok wajah total Wiens dibiayai militer AS, yang ingin menggunakan teknik ini untuk mengobati tentara yang mengalami luka parah pada wajah.

Wiens yang berasal dari Fort Worth, Texas ini menjalani operasi 15 jam pada Maret 2011. Sebanyak 30 dokter bedah di Brigham and Women's Hospital, Boston dikerahkan untuk cangkok wajah penuh tersebut.

Operasi tersebut akhirnya berhasil, Wiens mendapatkan organ-organ seperti mata, hidung dan mulut asli yang berasal dari donor organ yang namanya tidak disebutkan.

Wajah baru Wiens dikenalkan ke publik pertama kali pada Mei 2011 ini. Suaranya yang semula hanya terdengar desahan, kini dengan mulut barunya sudah lebih jelas terdengar.

"Bagi saya wajah ini terasa alami seperti telah menjadi bagian dari wajah saya. Kemampuan bernapas melalui hidung lagi merupakan hadiah yang besar buat saya," kata Wiens seperti dilansir Telegraph,Selasa (10/5/2011).

Wiens mengaku putrinya yang berusia tiga tahun juga sangat menyukai wajah baru ayahnya. "Dia bilang, Ayah terlihat ganteng," ujar Wiens yang dalam jumpa pers tersebut mengenakan kaca mata hitam.

Pakar bedah plastik Bohdan Pomahac, yang bertindak sebagai ketua tim dokter mengatakan pasien kini telah benar-benar memiliki wajah sebenarnya dari semula pria tanpa wajah.

Transplantasi wajah penuh ini adalah yang pertama kali dilakukan di AS. Negara seperti Prancis dan Spanyol sudah lebih dulu berhasil melakukan cangkok wajah.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pria Muka Rata Berubah Jadi Ganteng Usai Ditransplantasi"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner