Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Tips Meningkatkan Produksi ASI Untuk Ibu Menyusui


Gambar Ibu Menyusui
Hingga saat ini, ASI merupakan makanan bayi paling balk hingga bayi berusia 6 bulan. Kandungan kompleks pada ASI relatif mudah dicerna, tangos dibutuhkan bayi, dan tak tergantikan oleh susu formula mana pun.
Kualitas ASI bisa menurun bila status gizi ibu memburuk. Jika terus menerus berlanjut, kebutuhan gizi buah hati bisa tidak terpenuhi secara maksimal. Untuk meningkatkan kualitas dari produksi ASI, berikut tips yang bisa diterapkan:

1. Minum jus buah segar setiap hari.
2. Jangan banyak makan camilan yang tidak sehat dan tidak memberi asupan gizi. Lebih baik makan sereal, susu, dan buah.
3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Sayuran hijau akan meningkatkan asupan zat besi untuk menangkal anemia pada ibu dan bayi. Buah sebagai anti oksidan agar ibu tidak mudah sakit.
4. Makan saja jika merasa lapar. Biarpun jika dihitung-hitung dalam sehari kita bisa makan lebih dari lima kali.Tapi, its Ok.
5. Konsumsilah makanan yang mengandung kalsium dan zat besi, seperti ikan dan minum susu khusus ibu menyusui yang mengandung DHA, asam folat, kalsium, vitamin, zat besi, dan prebiotik FOS. Bila perlu, konsumsi pula suplemen yang mengandung kalsium.
6. Pilih makanan yang mengandung lemak esensial (karena ini penting untuk otak dan imunitas bayi) seperti minyak ikan, telur, biji bunga matahari,dll.
7. Pastikan banyak minum air putih.
8. Relaks dan percaya diri produksi ASI kita berlimpah.
9. Uapayakan istirahat cukup untuk menekan stres yang akan menghambat produksi ASI. Pada 4-8 minggu pertama, biasanya ibu perlu begadang untuk menyusui. Jadi, sesuaikan waktu ibu dengan waktu tidur buah hati dan istirahat 7-8 jam sehari.
10.Lakukan olahraga secara rutin. Ini bertujuan agar suasana hati jadi bahagia dan selanjutnya akan meningkatkan hormone untuk menunjang produksi ASI. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan sehat atau aerobik. Lakukan olahraga ringan ini secara berkala dengan durasi waktu secukupnya.

200 Tips Ibu Smart Anak Sehat
Oleh Nadia Indivara


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails