Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Makin Lama Nonton Televisi Makin Tinggi Risiko Diabetes

img
Berapa lama waktu yang Anda luangkan untuk menonton televisi setiap hari? Jika lebih dari 2 jam sehari dan dilakukan sambil ngemil mungkin Anda perlu trik khusus agar tidak terkena efek negatifnya. Studi menemukan kebiasaan menonton televisi lama bisa membuat orang terkena diabetes atau jantung.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan televisi berisiko lebih besar untuk meninggal atau mengembangkan penyakit diabetes dan jantung.

Dr Frank Fu dari Harvard School of Public Health menjelaskan orang yang duduk di depan televisi tidak hanya membuatnya tidak berolahraga, tapi cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Kombinasi dari gaya hidup, gaya makan yang tidak sehat dan obsitas akan menjadi kolaborasi sempurna untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

"Karena itu mengurangi jam menonton televisi merupakan cara yang penting untuk mengurangi perilaku hidup tidak sehat dan penurunan risiko diabetes dan penyakit jantung," ujar Dr Fu seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/6/2011).

Hasil ini bukanlah studi pertama yang menghubungkan efek buruk terlalu lama menonton televisi. Beberapa studi sebelumnya telah menemukan kaitan antara menonton televisi terlalu lama dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan cenderung makan dalam porsi yang lebih banyak.

Dalam studi ini Hu dan tim menemukan setiap menonton televisi 2 jam sehari risiko diabetes meningkat sebesar 20 persen, penyakit jantung sebesar 15 persen dan risiko kematian meningkat sebesar 13 persen.

Berdasarkan hasil tersebut peneliti memperkirakan dengan mengurangi waktu menonton televisi selama 2 jam sehari bisa mencegah terjadinya 176 kasus diabetes baru, 38 kasus penyakit kardiovaskular yang fatal serta 104 kasus kematian dini setiap tahunnya.

"Diet yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas merupakan konsekuensi dari terlalu lama menonton televisi, sehingga menimbulkan bberapa efek yang buruk bagi kesehatan," ungkap Hu.

Hu mengungkapkan mungkin semua orang pernah tidak sengaja menonton televisi hingga larut malam di sofa sambil mengemil keripik atau minuman manis, meskipun tidak sengaja tapi kegiatan tersebut bisa menjadi kebiasaan atau rutinitas dan kondisi itu yang harus diubah.

Seseorang membutuhkan aktivitas fisik 30 menit setidaknya 5 kali dalam seminggu. Jadi berjalan atau jogging setelah bekerja, bergabung dengan tim olahraga atau berkebun di malam hari akan jauh lebih berharga dibanding hanya menonton televisi.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makin Lama Nonton Televisi Makin Tinggi Risiko Diabetes"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner