Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri


Setiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun tidak normal dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

http://www.sukmamerati.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner