Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Ginjal baru terasa sakit bila fungsinya tinggal 15 persen


Manusia memiliki 2 buah organ ginjal yang berfungsi secara 100 persen. Fungsi tersebut tidak semuanya digunakan, karena ginjal hanya perlu fungsi 25 persen untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Orang yang sakit ginjal baru terasa sakit bila fungsi ginjalnya hanya tinggal 15 persen atau kurang.

Manusia memiliki 2 ginjal yang fungsinya 100 persen, jadi plus minus fungsi masing-masing ginjal 50 persen. Sedangkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, orang hanya perlu 25 persen, yang 75 persen jadi cadangan.

Orang yang fungsi ginjalnya tinggal 25 persen pun sebenarnya tidak akan merasa sakit apa-apa. Biasanya orang baru merasa sakit ginjal bila fungsinya tinggal 15 persen atau kurang. Ini artinya, kalau orang jadi pendonor ginjal, maka fungsi ginjal yang ia sumbangkan hanya 50 persen. Ia masih bisa beraktivitas seperti biasa karena ginjal cuma butuh fungsi 25 persen.

Gagal ginjal biasanya berawal dari penyakit ginjal kronik, yaitu menurunkan fungsi ginjal. Pada kondisi ini orang biasanya tidak merasakan gejala yang terlalu berarti sampai akhirnya didiagnosis dengan gagal ginjal, yang artinya fungsi ginjalnya kurang dari 15 persen. Gagal ginjal terjadi karena organ ginjal mengalami penurunan hingga menyebabkan tidak mampu bekerja dalam menyaring elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh (sodium dan kalium) dalam darah atau produksi urine.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang mengalami kerusakan atau gagal ginjal:
-Diabetes melitus
-Hipertensi
-Kelainan ginjal (penyakit ginjal polikistik)
-Penyakit autoimun
-Penyumbatan saluran kemih
-Kanker
-Rusaknya sel penyaring pada ginjal.

Pengidap penyakit ini ditandai dengan lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat atau anemia.
Sumber : detikhealth.com
loading...

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. terima kasih , artikelnya saya kasih point 100...luar biasa!

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails