Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BAHAYAKAH JIKA DARAH HAID MENGUMPAL?




Seorang perempuan berusia 26 tahun dalam konsultasi dokter spesialis kandungan mengeluh punya masalah dengan menstruasi. Menurutnya, kadang darah haid yang keluar menggumpal (tidak cair) dan itu terasa nyeri saat keluar. Apakah itu normal?



Menjawab pertanyaan ini, oleh dr Nasrudin AM SpOG, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menjelaskan kondisi di mana darah haid sangat banyak dan bergumpal dalam istilah medis disebut "Hipermenorea" sedangkan nyeri saat haid disebut "dismenorea".

"Kedua keluhan tersebut merupakan gangguan haid yang perlu diperhatikan, terlebih jika keluhan itu telah berlangsung minimal tiga siklus haid atau lebih," jelas Nasrudin.

Gangguan ini bisa terjadi karena adanya masalah pada rahim/uterus seperti gangguan: hiperretrofleksi, hiperplasia endometrium /penebalan dinding rahim atau adanya massa/tumor pada rahim. 

Masalah lain bisa terjadi adalah ketidakseimbangan hormon reproduksi yang mengatur siklus haid.

Jika keluhan ini telah berlangsung lama atau minimal tiga siklus haid disarankan konsultasilah ke dokter agar jelas di mana letak permasalahannya.

Editor : suhendri
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAHAYAKAH JIKA DARAH HAID MENGUMPAL?"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner